Brilio.net - Kekeringan menjadi salah satu kendala bagi beberapa wilayah di Indonesia. Kondisi ini pun dapat menghambat sejumlah aktivitas masyarakat, mulai dari urusan dapur, kebersihan, hingga pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Salah satu daerah yang dikenal mengalami permasalahan ini adalah kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun kini ada angin segar bagi masyarakat di sana. Sebab tim TNI Angkatan Laut (AL) tengah melakukan survei untuk mengatasi hal tersebut.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @tni_angkatan_laut pada Kamis (12/8), Tim Penyelam TNI Angkatan Laut dari Dinas Penyelaman dan Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II, telah diterjunkan ke lokasi untuk melaksanakan survei dan mengumpulkan data terkini kondisi Bendungan Sungai Bawah Tanah Bribin II.

Aksi heroik penyelam TNI AL © Istimewa

foto: Instagram/@tni_angkatan_laut

 

Bendungan tersebut memiliki peran penting dalam membantu masyarakat setempat untuk mengatasi kekeringan. Namun setelah dihantam Badai Cempaka pada 2017 silam, sempat sulit untuk berfungsi. Sehingga kini Bendungan Sungai Bawah Tanah Bribin II akan segera direhabilitasi agar bisa memudahkan aktivitas masyarakat.

Dalam unggahan tersebut, tampak tim penyelam TNI AL mulai melakukan pemantauan di bendungan yang berada 104 meter di bawah permukaan tanah itu. Dengan perlengkapan lengkap, tim penyelam menyusuri sungai bawah tanah yang terlihat sangat gelap.

Dengan usaha tersebut, diharapkan dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan kekeringan yang dirasakan masyarakat Gunung Kidul. Sehingga, masyarakat pun dapat kembali menikmati air bersih dengan mudah.

Aksi heroik penyelam TNI AL © Istimewa

foto: Twitter/@Jatosint

 

Aksi heroik yang terlihat dari berapa dokumentasi pun menarik perhatian banyak orang. Banyak di antara mereka memberikan apresiasi untuk para penyelam. Sebab tentu bukan hal yang mudah untuk melakukan pekerjaan itu. Di sisi lain, masyarakat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim penyelam TNI AL.

 

"semoga diberikan kelancaran, Sehingga sangat membantu kami, masyarakat gunung kidul...," komentar @marcelina_isna_widyawati.

"Mantap 104 m," ucap @yosiase_.

"Sehat selalu pak,,berkah pak," tambah @oktaviandk.