Brilio.net - Kekayaan rempah dan macam rasa kuliner Nusantara menjadi alasan paling umum masakan Indonesia selalu jadi buruan. Saking populernya, makanan kaya rempah seperti rendang ditasbihkan sebagai makanan terenak nomor wahid di dunia oleh media luar negeri. Tak terelakkan lagi, kuliner Indonesia selalu menggoda siapa pun dari berbagai penjuru dunia. Tak terkecuali food enthusiast Erwan Heussaff.

Erwan Heussaff terkenal karena keahliannya mengubah aneka bahan masakan menjadi satu hidangan lezat. Masakan yang diunggahnya di media sosial selalu trending. Pria keturunan Filipina ini bahkan sudah mempunyai lebih dari 4 juta follower di Instagram dan 2,5 juta subscriber di YouTube.

Kisah cinta Erwan dengan masakan Indonesia bermula ketika dia berkunjung ke Jakarta setahun lalu. Erwan mencicipi aneka street food terkenal di Indonesia seperti martabak manis, sate, dan gudeg. Dalam satu malam, dirinya mengaku terpesona dengan keanekaragaman kuliner yang ada di Jakarta.

"Kota ini sangat indah dan jarang dilirik dari kota-kota lain di Asia. Pengalamanku di sini sangat menyenangkan. Jika misalnya kamu jalan-jalan ke Bali, tak salah untuk main ke Jakarta untuk menikmati kulinernya," papar pria 33 tahun itu dalam videonya menikmati street food di Jakarta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

My trip to Jakarta last year opened my eyes to all the wonderful flavours that Indonesian cuisine has to offer. I got addicted to all their different Sambals (here I thought there were just a handful). Today, i made a Sambal Matah (almost raw) to pair with bakso goreng, a really delicious chicken and shrimp meatball. I also had a little fun with the other ingredients sent to me by @sasamelezatkan and made my own udon noodles with a coconut rendang broth. For other indonesian recipes, check out @kreasisasa and Sasa Melezatkan's Youtube channel.

A post shared by Erwan Heussaff (@erwan) on

 

"Aku berjanji dengan diriku sendiri bahwa tahun ini akan mengeksplor dan mencoba masakan Indonesia dengan lebih mendalam," ujarnya dalam pembukaan video di atas.

Sekembalinya ke rumah, Erwan masih penasaran dengan masakan Indonesia. Kali ini Erwan mencoba memasak bakso goreng sambal matah dan coconut rendang ramen menggunakan bumbu masak SASA. Hasilnya tampak wah, masakannya jadi terasa menu fine dining berkelas.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining berbagai sumber

foto: Instagram/@erwan

Erwan mendapatkan bumbu masak SASA langsung dari Indonesia. Suami dari aktris Filipina Anne Curtis ini memasak bakso goreng sambal matah menggunakan Tepung Bakso Goreng Renyah dari SASA. Sambal matah yang belum pernah dicobanya juga menggelitik rasa penasarannya.

"Sambal matah itu rasanya seperti cabai mentah. Kamu pasti terkejut saat melihat banyaknya cabai dalam sambal matah," ungkapnya.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining berbagai sumber

foto: Instagram/@erwan

Pria yang kini tinggal di Australia itu menggunakan udang, telur, dan ayam cincang. Begitu semuanya tercampur sempurna, dia menambahkan telur, minyak, dan air. Terakhir, Erwan menambahkan Tepung Bakso Goreng Renyah dari SASA. Usai itu, adonan dibentuk bulat dan langsung digoreng hingga matang kecokelatan.

"Bakso gorengnya terasa empuk dan kenyal. Yang bikin heran, sambal matah tak terasa terlalu pedas, mengingat banyaknya cabai yang dipakai," jelas Erwan usai mencicipi hasil masakannya.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining © 2020 brilio.net

foto: Istimewa

Setelah itu, Erwan mencoba membuat fusion masakan Jepang dengan Indonesia yang dinamai coconut rendang ramen. Untuk masakan kali ini, dia menggunakan SASA Bumbu Rendang Coconut Seasoning Mix. Erwan sangat antusias dengan masakan ini karena gampang dibuat tapi rasanya tetap lezat.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining berbagai sumber

foto: Instagram/@erwan

"Ini adalah masakan mi yang cepat dengan kuah rendang kelapa, dengan aneka sayur segar yang menambah cita rasanya," ucapnya.

Pertama, dia menyiapkan berbagai bahan makanan seperti memotong tipis daun bawang, bawang merah, dan aneka bumbu lain. Kemudian, dia menumis bumbunya dengan jamur shitake. Selanjutnya, dia menambahkan kaldu dan SASA Bumbu Rendang Coconut Seasoning Mix dan dibiarkan mendidih hingga masak.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining berbagai sumber

foto: Instagram/@erwan

Tak lupa mi-nya dia masak di panci terpisah. Usai semuanya matang, dia mencampur mi dengan kuah rendang kelapa dan menambahkan topping seperti potongan cabai, daun bawang, dan bawang goreng.

"Masakan ini cuma butuh 10 menit untuk dibuat dan sangat praktis. Rasanya sangat creamy dari kelapa dan sangat seimbang dengan gurihnya rendang. Semua bahan menjadi satu masakan mi yang lezat," jelasnya saat pertama kali mencicipi hasil karyanya tersebut.

"Dua masakan tadi sangat terinspirasi dari kuliner Indonesia. Sangat cepat dan mudah, masakan ini sangat lezat," ujarnya menutup video di atas.

Aksi Erwan Heussaff masak sajian Indonesia ala menu fine dining berbagai sumber

foto: Istimewa

Tak hanya Erwan, kamu juga bisa mengeksplor kuliner fusion Indonesia bersama SASA. Untuk menu-menu kreatif lain, kamu bisa cek di akun Instagram @kreasisasa atau di sini.

 

Bikin bangga, masakan Indonesia memang tiada dua. Yuk, ekspresikan kreativitasmu mengolah masakan Indonesia jadi menu fusion rasa fine dining dengan cita rasa yang nikmat!

 

RECOMMENDED BY EDITOR