Brilio.net - Masjid merupakan tempat suci bagi umat muslim untuk menjalankan ibadah. Baik itu ibadah lima waktu maupun kegiatan-kegiatan lainnya dalam memperdalam ilmu serta ibadah kepada Allah SWT. Mengingat masjid merupakan tempat yang suci, maka sudah seharunya umat muslim menjaganya dengan baik.

Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

Artinya: "Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang. (QS. An Nisa: 36)."

Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kamu hendak masuk masjid, jika kamu melihat kotoran atau najis pada kedua sandalmu, bersihkanlah terlebih dahulu." (HR. Abu Dawud).

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: freepik.com

Dalam hadits lain disebutkan, "Rasulullah memerintahkan untuk membangun masjid di kampung-kampung, membersihkan dan diharumkannya." (HR. Ahmad).

Allah mengistimewakan bagi golongannya yang rajin beribadah ke masjid. Namun perlu kamu ketahui, datang ke masjid juga memiliki aturan tertentu, salah satunya dalam keadaan bersih. Hal ini agar ibdah menjadi lebih khusyuk dan orang sekitar juga tidak terganggu.

Adab masuk masjid

1. Membaca doa kelur rumah.

Penting bagi umat muslim ketika melangkahkan kakinya keluar rumah membaca doa. Hal ini agar mendapat perlindungan Allah selama dalam perjalanan.

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

Bismillahi tawakkaltu'alallahi laa hawla wa laa quwwata illa billahi.

Artinya: "Dengan nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali Allah."

2. Membaca doa menuju masjid.

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

Alloohummaj-'al fii qolbhii nuuroon wa fii lisaanii nuuroon wa fii bashorii nuuroon wa fii sam 'ii nuuroon wa 'an yamiinii nuuroon wa'an yasaarii nuuroon wa fauqii nuuroo wa tahtii nuuroo wa amaamii nuuroon wa kholfii nuuroon waj-'al lii nuuroon."

"Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dalam pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya."

3. Berjalan ke masjid dengan sanatai, tanpa harus tergesa-gesa.

4. Memastikan diri sebelum berangkat ke masjid sudah dalam keadaan suci.

5. Mengenakan pakaian yang bersih dan sopan.

6. Setibanya di masjid, lepaslan alas kaki dengan dimulai dari kaki kiri terlebih dahulu kemudian baru kanan.

7. Masuk ke masjid dengan mendahulukan kaki kanan.

8. Membaca doa masuk masjid.

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

Alloohummmaf tahlii abwaaba rohamtika.

Artinya: "Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

9. Melaksanakan sholat sunnah atau sholat tahiyatul masjid dua rakaat. Rasulullah memerintahkan umatnya untuk mengerjakannya.

Sabda Nabi:

"Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan sholat sunnah dua rakaat (sholat sunnah tahiyatul masjid)." (HR. Bukhari Muslim).

Adab keluar masjid.

1. Keluar dengan mendahulukan kaki kiri serta membaca doa.

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

Allahumma innii as-aluka min fadhlika.

Aetinya: Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu."

Selain doa tersebut, kamu bisa membaca doa berikut:

Adab masuk dan keluar masjid sesuai sunah freepik.com

foto: istimewa

A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."