Brilio.net - Abstrak merupakan penulisan sederhana dan tidak terlalu panjang serta dengan kata dan jumlah yang terbatas. Abstrak juga diartikan sebagai rangkuman dari sebuah karya tulis dan mencakup keseluruhan yang dilakukan sebagai bahan untuk tinjauan umum bagi pembacanya.

Dalam pengertian lain, abstrak adalah ringkasan dari suatu karya ilmiah dengan penulisan yang singkat agar pembaca dapat mengetahui hal-hal penting yang perlu diketahui dari karya ilmiah tersebut. Biasanya posisi abstrak berada pada awal karya tulis atau ilmiah dan hanya memiliki beberapa paragraf saja.

Tak jarang juga penulisan abstrak menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Internasional. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para pembaca apabila dari luar negeri atau internasional. Selain itu juga, adanya abstrak dapat menjadikan suatu karya ilmiah atau karya tulis sebagai contoh atau rujukan pada penelitian selanjutnya.

Namun, dalam menulis abstrak tentunya memiliki aturan tertentu, supaya sesuai dengan karya yang kamu buat. Untuk itu, kamu juga perlu memahami unsur dan jenis dari abstrak. Seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (22/5).

Unsur Abstrak.

Abstrak adalah ringkasan isi karya tulis © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam pembuatan abstrak maka diperlukan untuk memperhatikan unsur-unsurnya. Adapun unsur-unsur abstrak yang terbagi menjadi empat bagian.

1. Abstrak harus memiliki unsur argumentasi yang logis dan diikuti dengan observasi untuk memecahkan sebuah masalah.

2. Unsur metode atau pendekatan, unsur ini digunakan dalam memecahkan sebuah masalah.

3. Abstrak memiliki unsur hasil yang dicapai, supaya para pembaca dapat mengetahui kesimpulan dari suatu karya ilmiah yang dilakukan.

4. Abstrak dibuat secara sederhana, dengan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas sesuai dengan isi dari karya.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR