Brilio.net - Abrasi adalah proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang laut dan arus laut yang bersifat merusak. Abrasi juga biasanya disebut dengan erosi pantai.

Kerusakan garis pantai akibat abrasi ini dipicu oleh terganggunya keseimbangan alam daerah pantai tersebut. Meskipun abrasi bisa disebabkan oleh gejala alami, namun tak jarang manusia sebagai objek yang dapat menyebabkan gejala abrasi.

Secara sederhana pengertian abrasi adalah pengikisan di daerah pantai akibat gelombang dan arus laut yang sifatnya destruktif atau merusak. Akibat adanya pengikisan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya daerah pantai. Biasanya wilayah yang paling dekat dengan air laut menjadi sasaran pengikisan.

Maka dari itu, jika abrasi dibiarkan terus menerus akan lebih mengikis bagian pantai dan air laut yang bisa membuat banjir daerah di sekitar pantai tersebut. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mencegah terjadinya abrasi adalah dengan menanam hutan mangrove.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai dampak dan penyebab dari terjadinya abrasi, dirangkum brilio.net dari berabagi sumber pada Sabtu (18/6).