Brilio.net - Siapa yang tak kenal dengan Jack Ma? Ia merupakan pebisnis sukses yang berhasil mendirikan salah satu e-commerce terbesar di dunia, Alibaba. Meskipun saat ini sukses besar, Jack Ma tak semata-mata meraih kesuksesan tersebut dengan mudah.

Pria asal Tiongkok ini telah melewati berbagai kegagalan dalam hidupnya. Beragam kegagalan yang dilaluinya mulai dari ditolak masuk universitas, gagal diterima sebagai karyawan restoran cepat saji hingga seleksi polisi.

Meskipun banyak mengalami kegagalan, ia tak pantang menyerah dan berusaha melihat peluang yang ada. Kisah kesuksesan Jack Ma hingga saat ini tentu menginspirasi banyak orang di seluruh dunia.

Kamu pun bisa terinspirasi dan termotivasi oleh tindakan maupaun pemikiran Jack Ma melalui kata-kata motto hidup yang disampaikannya. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/12), inilah kata-kata motto hidup Jack Ma yang bikin semangat dan penuh inspirasi.

Kata-kata motto hidup Jack Ma yang menginspirasi.

motto hidup Jack Ma © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bukubook_id

1. "Pekerjaan baik bukan sesuatu yang Anda cari ketika Anda keluar rumah, itu justru Anda temukan ketika Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan."

2. "Lebih mudah untuk menang jika Anda melihat orang-orang dari sudut pandang yang berbeda."

3. "Orang yang cerdas membutuhkan orang bodoh untuk memimpin mereka."

4. "Berubahlah selagi kamu dalam kondisi terbaikmu, sebelum muncul hal-hal buruk. Akan terlalu lambat untuk membetulkan atap saat musim hujan terlanjur datang. Pinjamlah payung selagi matahari masih bersinar."

5. "Hari ini berat. Esok lebih berat lagi. Akan tetapi esok lusanya, akan ada hari yang indah."

6. "Daripada belajar dari kesuksesan orang lain, belajarlah dari kesalahan mereka."

7. "Sebagian besar orang yang gagal berbagi alasan kegagalan yang sama, sedangkan keberhasilan dapat dikaitkan dengan berbagai macam alasan."

8. "Jika kita adalah satu tim yang baik dan tahu apa yang ingin kita lakukan, hanya satu orang saja dari kita bisa mengalahkan sepuluh kompetitor kita."

9. "Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya menyampaikan konsep itu kepada orang lain. Bahkan jika saya tidak berhasil, seseorang akan berhasil."

10. "Anda harus belajar dari pesaing Anda, tetapi jangan pernah hanya meniru. Menirulah dan Anda tamat."

11. "Anda membutuhkan orang yang tepat dengan Anda, bukan orang-orang terbaik."

12. "Bantulah kaum muda. Bantulah orang-orang kecil. Karena orang kecil akan menjadi besar. Kaum muda akan memiliki benih yang Anda kubur dalam pikiran mereka, dan ketika mereka tumbuh besar, mereka akan mengubah dunia."

13. "Hal yang paling penting adalah terus melakukan apa yang kamu lakukan sekarang dengan passion."

14. "Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, maka fokuslah pada satu saja."

15. "Saat orang-orang menolakmu, belajarlah untuk menghangatkan tangan kananmu dengan tangan kirimu."

16. "Sekali dalam hidupmu, cobalah bekerja keras dalam sesuatu hal. Cobalah berubah. Tak ada hal buruk yang bisa terjadi."

17. "Anda tidak pernah tahu bahwa hal-hal yang Anda lakukan sangat berarti bagi masyarakat."

18. "Hal terpenting yang harus Anda miliki adalah kesabaran."

19. "Hari ini, menghasilkan uang sangatlah sederhana. Tetapi membuat uang yang berkelanjutan sambil bertanggung jawab kepada masyarakat dan memperbaiki dunia, sangatlah sulit."

20. "Hidup ini sangat singkat, sangat indah. Jangan terlalu serius tentang pekerjaan. Nikmatilah hidup."

21. "Jangan pernah berbisnis dengan pemerintah. Jatuh cintalah dengan mereka, tapi jangan pernah menikahi mereka."

22. "Jangan pernah bersaing dalam harga, sebagai gantinya bersainglah dalam layanan dan inovasi."

23. "Jika Anda belum pernah mencobanya, bagaimana Anda akan tahu jika ada kesempatan?"

24. "Jika Anda tidak menyerah, Anda masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar."

25. "Jika kamu ingin menang di abad ke-21 ini, kamu harus memberi wewenang kepada orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan sukses."

26. "Jika kamu ingin tumbuh, temukanlah kesempatan yang baik. Saat ini, jika kamu ingin menjadi perusahaan yang baik, pikirkanlah permasalahan sosial yang bisa kamu beri solusi."

27. "Jika kita ingin mengubah dunia, kita mengubah diri kita dulu."

28. "Kami menghargai hari kemarin, tetapi kami mencari esok yang lebih baik."

29. "Ketika Anda kecil, Anda harus sangat fokus dan mengandalkan otak Anda, bukan kekuatan Anda."

30. "Ketika kita punya uang, kita mulai membuat kesalahan."

31. "Kita akan berhasil karena kita masih muda dan kita tidak akan, tidak akan menyerah."

32. "Kita seharusnya tidak pernah menyelesaikan program 20 tahun, dalam dua tahun."

33. "Kita tidak pernah kekurangan uang. Kita kekurangan orang dengan mimpi, yang bisa mati untuk mimpi-mimpi itu."

34. "Pekerjaan saya adalah membantu lebih banyak orang memiliki pekerjaan."

35. "Peluang terletak di tempat keluhan berada."

36. "Jika saya mengenal diri saya lebih baik, saya akan memgubah diri saya menyesuaikan diri dengan dunia luar."

37. "Mereka mencintai dan menghormati Anda karena Anda menjadikan hidup mereka penting."

38. "Saya mencoba untuk membuat diri saya bahagia, karena saya tahu bahwa jika saya tidak bahagia, rekan-rekan saya tidak bahagia dan pemegang saham saya tidak bahagia dan pelanggan saya tidak bahagia."

39. "Saya tidak ingin orang memiliki kantong yang dalam tetapi pikiran yang dangkal."

40. "Seorang pemimpin harus memiliki keberanian dan keuletan yang lebih tinggi, dan mampu menanggung apa yang tidak dapat dilakukan oleh karyawannya."

41. "Tidak peduli betapa sulit mengejarnya, Anda harus selalu memiliki mimpi yang Anda lihat pada hari pertama. Itu akan membuat Anda termotivasi dan menyelamatkan Anda dari pikiran yang lemah."

42. "Dengan mentalitas orang kaya baru, kekayaan tidak akan awet."

43. "Ketika ada kesempatan, tak ada yang melihat. Ketika ada yang mengambil kesempatan, kamu memandang rendah orang itu. Ketika orang lain menghasilkan uang, kamu tidak paham. Ketika kamu mengerti, kamu sudah terlambat."

44. "Kesuksesan adalah sesuatu yang hanya bisa diraih dan dijalani tanpa banyak berkeluh kesah."

45. "Sukses sering kali datang kepada mereka yang berani bertindak, tapi jarang menghampiri penakut yang tidak berani mengambil konsekuensi."

Kata-kata motto hidup Jack Ma yang ajarkan kerja keras.

motto hidup Jack Ma © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@thruindonesia

46. "Nikmati masa mudamu dengan kesalahan-kesalahan."

47. "Bila kita mau sukses, walau kita melihat beberapa kesempatan sekaligus, tetaplah fokus ke satu tujuan. Bila kita serakah dan ingin semuanya, bisa jadi malah tak ada yang kita dapat."

48. "Hidup itu cari bahagia, bukan cari duit. Cari bidangmu sendiri, apa yang kamu sukai, tekuni sampai jadi ahli. Nanti uang yang akan kejar-kejar kamu."

49. "Penakut tak pernah memulai, pecundang tak pernah menyelesaikan, pemenang tak pernah berhenti."

50. "Atasan yang baik akan lebih baik dari perusahaan bagus."

51. "Tidak masalah hasil dari usaha yang kamu lakukan. Entah itu berhasil atau gagal, pengalaman yang kamu dapatkan sudah merupakan bentuk dari sebuah kesuksesan."

52. "Sepintar apa pun Anda jika tak tahu bagaimana caranya bekerja dengan orang lain, mimpi itu akan tetap menjadi mimpi."

53. "Tak ada yang bisa mengetahui masa depan, yang bisa Anda lakukan hanya menciptakan masa depan."

54. "Bagaimana kamu di masa depan tergantung bagaimana kamu hari ini."

55. "Jangan pernah berhenti belajar dan lakukan apa yang kau yakini."

56. "Ketika kamu gagal, coba lagi. Gagal lagi, maka kamu harus mencobanya lagi. Karena dengan kamu terbiasa mengalami kegagalan, kamu akan tumbuh menjadi orang hebat."

57. "Anda tidak pernah tahu berapa banyak yang bisa Anda lakukan dalam hidup."

58. "Seberapa pun sulitnya hidup, kamu harus tetap memelihara mimpi. Hal itu akan membantumu termotivasi dan menjagamu dari pikiran lemah."

59. "Saya melakukan sesuatu ketika Anda hanya melihat atau mengamati."

60. "Saat miskin, perbanyak waktumu di luar rumah, kurangi di rumah. Namun saat kamu kaya raya, perbanyaklah waktumu di rumah. Ini adalah seni dalam kehidupan."

61. "Jangan mencoba menjadi yang terbaik, jadilah yang pertama. Jadilah yang pertama membuat perubahan. Jadilah yang pertama mengambil tantangan. Jadilah yang pertama menemukan solusi."

62. "Tersenyumlah pada orang yang menghinamu ketika kamu sedang berjuang membangun bisnismu karena mereka akan bekerja untukmu suatu hari nanti."

63. "Kebanyakan orang akan pilih kerja karena orang tidak tahu bahwa bisnis bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada upah kerja."

64. "Keuntungan dan kerugian adalah dua sisi dari satu koin yang sama. Terlalu takut rugi sama dengan menjauhi keuntungan."

65. "Apabila kamu sudah memutuskan untuk menekuni suatu bidang, jadilah orang yang konsisten. Itu adalah kunci keberhasilan yang sebenarnya."

66. "Pekerjaan baik bukan sesuatu yang Anda cari ketika Anda keluar rumah, itu justru Anda temukan ketika Anda sedang mengerjakan suatu pekerjaan."

67. "Ketika uang untuk kehidupanmu sudah cukup, kebahagiaan terbesar adalah dengan menggunakan uang hasil kerja kerasmu sendiri untuk menggapai impianmu yang belum terwujud."

68. "Bentangkanlah sayapmu, kejar mimpimu, dan biarkan hidupmu melewati perjalanan yang berbeda."

69. "Attitudemu lebih penting daripada kepabilitasmu."

70. "Jangan melakukan semuanya sendirian, karena Anda tidak akan bisa menyelesaikannya."

71. "Sebenarnya bukan tentang seberapa banyak yang kita capai, tapi seberapa banyak kita menjalani hari-hari yang berat dan kesalahan."

72. "Saat orang lain berpikir terlalu tinggi tentangmu, kamu sebenarnya memiliki tanggung jawab untuk tenang dan menjadi diri sendiri."

73. "Tetaplah lapar, dan terus ikuti impianmu."

74. "Hanya orang bodoh yang menggunakan mulutnya untuk berbicara. Orang pintar menggunakan otaknya, dan orang bijak menggunakan hatinya."

75. "Lihatlah setiap tantangan yang ada, sebagai sebuah peluang."

76. "Ketika kamu miskin, belum sukses, semua kata-kata bijakmu terdengar seperti kentut. Tapi ketika kamu kaya dan sukses, kentutmu terdengar sangat bijak dan menginspirasi."

77. "Caramu memerlakukan orang lain, tidak berati akan sama dengan cara orang lain memerlakukanmu. Jika kamu tak memahami ini, maka kamu akan menambah beban yang tak perlu dalam hidupmu."

78. "Jika Anda memiliki pola pikir yang berbeda, maka Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda pula."

79. "Tidak ada yang mudah, tidak ada yang mudah. Jika kamu ingin kesuksesan, kamu harus membayar harganya."

80. "Kami bekerja lebih keras dari kebanyakan orang. Kami tidak pernah tidur nyeyak dan pulas ketika malam hari."

81. "Kamu harus bekerja sangat keras, setiap hari yang sulit, setiap situasi yang sulit, dan setiap masalah yang kamu temui, itu adalah latihan untuk dirimu sendiri."

82. "Hanya Anda yang memiliki kepercayaan diri ini, Anda akan mampu mengadapi tantangan di masa depan."

83. "Saya tidak pernah berpikir bahwa saya pintar. Tetapi saya berpikit, bahwa saya bekerja dengan banyak orang pintar."

84. "Tidak mudah untuk bisa sukses dengan cepat. Jika kita ingin sukses, kita harus menang 10 tahun kemudian dari orang lain."

85. "Jika kita ingin sukses, kita harus berani melakukan banyak kesalahan dan pantang menyerah."

86. "Karena begitu banyak kesalahan, terlalu banyak kegagalan yang saya lewati. Itu membuatku tidak pernah mengeluh."

87. "Kami gagal, kami belajar dan melakukannya lagi, kami gagal kami belajar dan kembali melakukannya lagi. Begitulah caranya, itulah sikap hidup."

88. "Banyak orang membuat kesalahannya, kemudian mereka mendapatkan masalah, dan akhirnya mereka menyerah. Anda tidak boleh menyerah, Anda harus belajar dari setiap kesalahan-kesalahan itu."

89. "Ingatlah bahwa kesuksesan masa lalu bisa menyebabkan kegagalan masa depan untuk Anda. Namun, jika Anda memetik setiap pelajar dari kegagalan itu, pada akhirnya Anda mungkin akan berhasil."

90. "Sikap Anda lebih penting daripada kemampuan yang Anda miliki. Demikian pula, seperti keputusan Anda yang lebih penting daripada kemampuan Anda."

91. "Di jalan sukses nanti, Anda akan melihat bahwa banyak orang-orang yang sudah sukses bukanlah seorang yang sering mengeluh."

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)