Brilio.net - Ketika mendengar kata bawah tanah yang terlintas dipikiran kebanyakan orang seringkali adalah pengap, bau dan kotor. Pikiran kamu itu mengasosiasikan dengan kondisi gua-gua tempat tinggal orang purba. Tapi bagaimana jika ada orang yang justru lebih memilih membangun rumah di bawah tanah ya? Di Australia ada orang-orang yang memilih tinggal di bawah tanah, lho.

Penasaran dengan tempat bawah tanah yang lainnya? Berikut brilio.net lansir dari oddee.com, 9 tempat di bawah tanah yang keren, Kamis (30/6):

1. Kota bawah tanah di Cappadocia, Turki

Kota ini pertama kali dibuat pada zaman perunggu. Dulunya digunakan para penduduk yang beragama Kristen untuk bersembunyi ketika Arab dan Persia menginvasi daerah tersebut. Kota bawah tanah ini bahkan mempunyai delapan tingkat.

2. Gua misterius di Toledo, Spanyol

Banyak cerita berkembang mengenai keberadaan gua misterius ini, mulai dari tentang Gereja San Ginés yang menempati lokasi tersebut sampai tahun 1841, hingga sebuah cerita tentang Hercules. Beberapa ahli berpendapat situs ini adalah kuil yang didedikasikan untuk Hercules.

3. The Path di Toronto, Kanada

Path adalah jalan bawah tanah di pusat kota Toronto, terdiri dari tempat-tempat belanja, aneka layanan jasa serta hiburan. Tempat ini disebut-sebut sebagai kompleks perbelanjaan bawah tanah terbesar. Lebih dari 50 gedung atau menara perkantoran terhubung melalui path. Dua puluh garasi parkir, enam stasiun kereta bawah tanah, dua department store besar, delapan hotel-hotel besar, dan terminal kereta api juga dapat diakses di sini.

4. Kota bawah tanah Kish, Iran

Kish adalah sebuah pulau resort yang terletak di lepas pantai Iran. Meskipun terkenal sebagai tujuan wisata, tempat ini juga menjadi saksi penting dalam sejarah. Salah satu fitur yang paling megah di pulau ini adalah kota bawah tanah besar seluas 10.000 meter persegi, dibangun dari saluran air bawah tanah kuno. Dikatakan tempat ini telah dibangun sekitar 2500 tahun yang lalu oleh penduduk kota Harireh. Berdasarkan strukturnya menurut ahli sejarah tempat ini digunakan untuk mengumpulkan, memurnikan, dan menyimpan air untuk penduduk pulau.

Pada tahun 1999, pejabat setempat memulai sebuah proyek untuk membangun sebuah kompleks perbelanjaan bawah tanah. Alih-alih menghancurkannya, para pengembang memutuskan untuk menggabungkan kedua konsep yang berbeda tersebut. Terowongan diperkuat dengan mortar modern dan batu. Kombinasi ini disajikan untuk menciptakan dunia bawah tanah yang unik. Struktur kuno ini kini terlihat lebih modern dengan kehadiran toko-toko dan restoran, kedai-kedai teh tradisional, amfiteater, pusat konferensi, dan galeri seni.

5. Matmata di Tunisia

Matmata adalah tempat tinggal bangsa Berber. Struktur khas di desa ini diciptakan dengan menggali sebuah lubang terbuka di tanah. Di sekeliling lubang ini, gua-gua buatan yang digunakan sebagai kamar, dengan beberapa rumah yang terdiri dari beberapa lubang dihubungkan oleh lorong seperti parit. Keberadaan tempat ini tidak diketahui sampai tahun 1967. Saat ini, Matmata merupakan objek wisata populer.

Keren ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

6. Kota bawah tanah di Beijing, China

The Underground City adalah tempat perlindungan dari bom pada Perang Dingin yang terdiri dari jaringan terowongan yang terletak di Beijing, China. Kompleks ini dibangun pada tahun 1969-1979 dalam mengantisipasi perang nuklir dengan Uni Soviet. Pada tahun 2000 tempat ini resmi dibuka untuk umum.

7. Coober Pedy, Australia

Coober Pedy adalah sebuah kota kecil di bagian utara Australia Selatan, 850 kilometer sebelah utara dari Adelaide. Di permukaan, tempat ini terlihat cukup sepi. Sebuah lahan gersang tanpa pohon, dengan beberapa rumah yang jaraknya berjauhan, beberapa penginapan dan restoran, kantor polisi, sekolah dan rumah sakit di bagian utaranya. Tapi itu hanya setengah dari kota, setengah lainnya tinggal di bawah tanah di gua-gua yang luas dan terowongan. Di mana penduduk kota ini telah membangun rumah, hotel, restoran, bar, gereja, dan banyak lagi.

8. Gilmerton Cove di Edinburgh, Skotlandia

Di pinggiran kota Edinburgh terletak hunian bawah tanah rahasia yang dipahat dari batu pasir. Gilmerton Cove ini tetap tidak berubah selama berabad-abad. Namun sampai hari ini, tidak ada yang tahu siapa yang membangunnya atau apa alasan pembangunannya.

9. Forum des Halles Shopping Center di Paris, Prancis

Terletak di pusat kota Paris, di distrik Les Halles atau Beaubourg, Forum des Halles adalah pusat perbelanjaan bawah tanah yang luas yang menyediakan puluhan toko, restoran, dua bioskop, pusat olahraga dan rekreasi.