Brilio.net - Bulan Suci Ramadhan memiliki makna yang sangat besar bagi umat Islam, terutama dengan kemuliaan dan keberkahan yang ada di bulan ini. Kedatangan bulan selalu disambut dengan antusias dan bahagia. Banyak sekali amalan-amalan yang dapat dilakukan seorang muslim di bulan Ramadhan ini.

Pada Ramadhan biasanya seluruh umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya. Itu karena di bulan ini kita sebagai umat muslim bisa mengerjakan ibadah yang pahalanya berlipat-lipat dari biasanya.

Selain itu, umat muslim mengerjakan ibadah dan kebaikan untuk meraih kemenangan di Idul Fitri yang akan datang. Seperti ibadah puasa, sholat tarawih, sedekah dan banyak lainnya. Nah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan memenuhi syarat.

Ibadah puasa di bulan Ramadhan dapat melatih seseorang untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Selain itu, masih banyak lagi hikmah puasa yang akan didapat apabila dijalankan dengan serius dan sepenuh hati.

Banyak peristiwa penting bagi umat Islam yang terjadi di bulan ini. Jadi tidak mengherankan jika bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia.

Berikut 9 keutamaan bulan Ramadhan, bulan pengampunan dosa, brilio.net himpun dari berbagai sumber pada, Senin (27/4).

1. Bulan dikabulkannya doa.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Seperti kita ketahui, dikabulkannya doa merupakan salah satu keutamaan bulan Ramadhan. Dalam hal ini setiap muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan, segala doa dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

"Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do'a orang yang dizholimi". (HR At Tirmidzi no. 3598. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini hasan)

2. Bulan penuh berkah.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Banyak keberkahan di bulan Ramadhan. Keutamaan bulan Ramadhan juga ditinjau dari aspek ekonomi, di mana Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya.

Sedangkan bagi fakir miskin, Ramadhan membawa keberkahan tersendiri. Pada bulan Ramadhan, seorang muslim digalakkan dan disunahkan untuk berinfaq dan bersedekah. Bahkan, diwajibkan untuk membayar zakat fitrah.

3. Bulan diturunkannya Alquran.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Keutamaan bulan Ramadhan salah satunya adalah bulan Alquran atau syahrul Quran. Diturunkannya Alquran pada bulan Ramadhan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)". (QS Al-Baqarah: 185).

4. Bulan pengampunan dosa.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Keutamaan bulan Ramadhan juga sebagai kesempatan yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa yang selama ini pernah kita perbuat. Bulan Ramadhan adalah waktu yang baik untuk mengambil kesempatan bertaubat.

Nabi SAW bersabda yang artinya: "Sholat lima waktu, Jumat ke Jumat dan Ramadhan ke Ramadhan menghapuskan dosa-dosa di antara masa-masa itu selama dosa-dosa besar dijauhi." (HR Muslim)

5. Pintu surga dibuka dan ditutupnya pintu neraka.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat. Dengan demikian, Allah SWT telah memberi kesempatan kepada hamba-Nya untuk masuk surga dengan ibadah dan amal shalih yang telah diperbuat pada bulan Ramadhan.

6. Amal dilipatgandakan.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Pada bulan ini setiap amalan yang dilakukan pasti akan mendapatkan pahala besar. Ibadah yang kita jalankan nilai dan pahalanya akan dilipatgandakan.

Banyak ibadah yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan ini, seperti solat tarawih, hingga memberi makan berbuka pada orang berpuasa. Oleh karena itu manfaatkan bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak amal kebaikan.

7. Malam seribu bulan.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Malam seribu bulan atau Laitatul Qadar adalah suatu malam yang terjadi di bulan Ramadhan. Dalam Alquran, malam lailatul qadar digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari malam seribu bulan.

Kita bisa mendapatkan keberkahan yang nilainya sama dengan malam seribu bulan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, terlebih pada 10 hari terakhir bulan puasa.

Allah berfirman yang artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (QS AlQadr:1-3).

8. Diwajibkan berpuasa Ramadhan.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Bulan Ramadhan disebut juga syahrush shiyam atau bulan puasa. Puasa ini menjadikan bulan ini lebih istimewa. Apalagi puasa ini adalah rukun Islam yang tidak ditemukan di bulan-bulan lainnya.

Hal ini dijelaskan dalam Alquran surah Al-Baqarah ayat 183, Allah berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian menjadi orang yang bertaqwa."

Firman Allah ini didukung dalam hadits diriwayatkan HR Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

"Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa."

9. Setan dibelenggu.

Keutamaan bulan Ramadhan © 2020 freepik.com

foto: freepik.com

Keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya adalah keberadaan setan yang dibelenggu. Sehingga ibadah umat muslim selama bulan Ramadhan dapat berjalan dengan lancar. Sebab, setan tidak dapat menyesatkan umat muslim selama bulan Ramadhan.

Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Umatku diberikan lima perkara di bulan Ramadhan yang belum pernah diberikan kepada umat sebelumnya: mulut orang yang puasa lebih wangi di sisi Allah SWT dari pada minyak kesturi, malaikat memintakan ampunan untuk mereka hingga berbuka, setiap hari Allah SWT menghiasi surga-Nya dan berfirman: sudah dekat hamba-hamba-Ku yang shaleh meninggalkan beban dan berpulang kepada-Ku, setan-setan dibelenggu maka mereka tidak bisa mencapai apa yang bisa mereka capai di bulan yang lain, dan Allah SWT mengampuni mereka di akhir malam. Ada yang bertanya: ya Rasulullah, apakah itu di saat lailatul qadar? Beliau menjawab: tidak, akan tetapi orang yang beramal hanya disempurnakan pahalanya apabila menyelesaikan amalnya".