Brilio.net - Semenjak adanya masa pandemi, semakin banyak hobi baru yang dilakukan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk melepas rasa penat selama berada di rumah. Mulai dari bersepeda, bercocok tanam, sampai mengoleksi berbagai jenis barang-barang antik. Sebagian orang bahkan berhasil berkreasi dengan hobi ini dan menjadikannya sebagai lahan bisnis. Tentu hal ini bisa jadi inspirasimu dalam menambah penghasilan selama ada di rumah.

Dan yang baru-baru ini juga nggak kalah hits adalah hobi merawat aquascape. Yaps, mungkin kamu sudah nggak asing lagi dengan yang satu ini. Aquascape menjadi seni dalam mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca ataupun akrilik. Hobi ini dilakukan beberapa orang untuk membuat pikiran menjadi lebih segar. Selain itu dengan adanya aquascape juga akan membuat tampilan rumahmu menjadi lebih indah.

Aquascape cocok untuk kamu yang ingin menimbulkan kesan sejuk dari pemandangan aquarium. Untuk membuatnya, kamu bisa memanfaatkan air laut maupun air tawar. Namun jika kamu pemula, disarankan untuk mencoba dengan air tawar agar lebih praktis dan juga hemat. Selain memperhatikan cara perawatannya, kamu juga harus memahami tanaman apa saja yang bisa dijadikan aquascape. Salah satu jenis yang kerap diburu adalah tanaman aquascape tanpa CO2.

Selain lebih praktis, tanaman aquascape tanpa CO2 ini juga akan semakin memperindah tampilan koleksimu. Nah apa saja sih tanaman aquascape tanpa CO2? Yuk simak penjelasannya dalam brilio.net pada Selasa (27/10) dari berbagai sumber.

1. Anubias.

Jenis tanaman aquascape untuk pemula  © freepik.com

Loading...

ilustrasi foto: freepik.com

Anubias bisa menjadi salah satu tanaman CO2 yang bisa kamu coba untuk mempercantik aquascape. Tanaman mungil berwarna hijau ini dapat beradaptasi di berbagai kondisi air. Perlu diketahui, jenis tanaman anubias dapat bertahan dengan suhu 22-28 derajat Celcius, sehingga praktis dan antirepot. Tanaman anubias bisa kamu temukan dengan mudah, seperti sawah dan kebun. Selain bisa mengeluarkan bunga di dalam air, anubias juga membutuhkan sedikit sinar sehingga harus ditempatkan di area yang terlindung.

2. Amazon sword.

Amazon sword juga nggak kalah menarik untuk dilirik. Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki bentuk unik seperti pedang. Biasanya, orang akan memanfaatkan amazon sword untuk mempercantik background akuarium. Dengan menggunakan tanaman ini, kamu bisa sekaligus menyediakan tempat bermain bagi anak-anak ikan. Untuk perawatanya juga nggak ribet kok. Karena amazon sword dapat tumbuh ideal pada suhu 22-28 Celcius dengan sumber pencahayaan sedang.

3. Christmas Moss.

Kalau kamu menginginkan tumbuhan yang cepat berkembang, christmas moss bisa jadi salah satu jawabannya. Namun kamu harus memperhatikan dalam perawatannya. Semakin tinggi pencahayaannya, semakin cepat pertumbuhannya. Tanaman christmas moss memiliki penampilan yang mirip dengan tanaman peacook moss, hanya saja daun christmas lebih kecil dan tumbuhnya tidak teratur.

4. Eleocharis parvula.

Jenis tanaman aquascape untuk pemula  © freepik.com

ilustrasi foto: freepik.com

Eleocharis parvula juga dikenal dengan pertumbuhannya yang cepat. Efeknya kamu perlu rajin untuk melakukan pemangkasan. Tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman aquascape tanpa CO2. Dalam merawat eleocharis parvula membutuhkan pencahayaan sedang hingga tinggi dengan suhu 22-25 derajat Celcius.

5. Java Moss.

Java moss cukup mudah untuk dikenali. Tanaman ini memiliki penampakan yang mirip dengan rumput laut, hanya saja dari segi warna hijaunya lebih terang. Selain tanpa CO2, java moss juga mudah ditemukan lho. Pasalnya, java moss dapat tumbuh pada kayu apung ataupun bebatuan. Java moss juga bisa kamu lirik sebagai pemula. Pasalnya untuk perawatan juga nggak akan bikin kamu ribet. Dengan suhu sekitar 21-24 derajat Celcius, java moss dapat hidup dengan berbagai macam pencahayaan.

6. Java fern.

Kalau untuk tanaman yang satu ini cukup praktis untuk digunakan para pemula. Lantaran java fern bisa tumbuh hampir di segala bagian pada akuarium. Sama halnya dengan java moss, java fern juga termasuk dalam jenis tanaman yang nggak sulit untuk dirawat. Selain itu tanaman ini juga bisa dijadikan andalan dalam mempercantik aquascapemu lho. Tanaman yang biasanya menempel di batu-batuan ini dapat tenggelam secara keseluruhan di air maupun sebagian saja.

7. Lilaeopsis.

Jenis tanaman aquascape untuk pemula  © freepik.com

ilustrasi foto: freepik.com

Lilaeopsis juga nggak kalah unik untuk kamu manfaatkan dalam aquascape. Tanaman ini memiliki wujud seperti rumput biasa. Namun, ia dapat tumbuh lebih cepat di akuarium lho. Bahkan ia bisa menyebar hingga dengan 5 cm. Agar tidak mengganggu pemandangan, kamu perlu rajin dalam memangkasnya agar tampilan aquascape tetap indah dan segar.

8. Peacock moss.

Kalau kamu tertarik dengan tanaman berdaun lebar, coba masukkan peacook moss dalam daftarmu. Dari segi penampilan, peacook moss memiliki daun berwarna hijau lumut dengan ukuran lebar dan rantingnya bercabang-cabang seperti ekor merak. Keunikan lain dari tanaman ini mudah menyebar sehingga cocok dijadikan substrat/alas aquascape.

9. Singapore moss.

Masih ada lagi referensi yang bisa kamu pilih yakni, Singapore moss. Ciri-ciri yang terlihat pada tanaman ini memiliki daun panjang dan longgar, lalu bercabang tegak mirip dengan tanaman pada umumnya. Tanaman ini cocok bagi para pemula karena mampu tumbuh dengan pencahayaan yang sedikit. Tetapi, jika kamu memberikan pencahayaan yang cukup maka tanaman ini akan tumbuh lebih menarik. Bagaimana, kamu tertarik?

RECOMMENDED BY EDITOR