Brilio.net - Pembawa acara atau biasa yang dikenal dengan master of ceremony (MC) merupakan seseorang yang mengatur jalannya acara dari awal hingga akhir. Dalam sebuah acara baik itu formal maupun nonformal pasti akan adanya pembawa acara.

Menjadi seorang pembawa acara nggak mudah, terkadang rasa gugup menyelimuti saat akan memandu acara. Sebelum acara dimulai, pastinya seorang pembawa acara akan menyiapkan beberapa hal. Salah satunya teks pembawa acara. Teks ini sangat penting karena di dalamnya terdapat rundown acara dari mulai hingga berakhir.

Tentunya teks pembawa acara disesuaikan dengan kegiatan yang akan dilakukan, misalnya dalam acara formal atau acara nonformal. Tidak hanya itu, seorang pembawa acara juga harus dituntut untuk fleksibel dan menguasai seluruh agenda atau kegiatan yang akan dilakukan.

Memang menjadi seorang pembawa acara perlu banyak belajar, seperti halnya belajar berbicara di depan publik, mampu mengatur rasa gugup, nggak pemalu dan tentunya memiliki sikap yang menyenangkan supaya para tamu nggak merasa bosan. Hal ini tentunya juga membutuhkan waktu dan jam terbang yang tinggi.

Nah, sebagai bahan belajar dan latihan kamu dalam menyusun teks pembawa acara, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/2), 9 contoh teks pembawa acara formal dan nonformal.

1. Contoh teks pembawa acara formal "Memperingati Hari Merdeka 17 Agustus"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Om swastiastu.

Yang terhormat, Bapak lurah... beserta jajaran.

Yang kami hormati, Bapak Ketua Karang taruna...

Bapak/Ibu, hadirin sekalian yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas perkenan-Nya kita dapat hadir pada acara perayaan HUT Kemerdekaan RI, di tanggal 17 Agustus ini.

Kami ucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah menghadiri undangan dari kami.

Hadirin yang kami hormati, izinkanlah saya... yang memandu acara ini, membacakan susunan acara sebagai berikut:

1. Pembukaan
2. Pembacaan doa
3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
4. Sambutan Ketua Panitia dan Sambutan Bapak Lurah
5. Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah
6. Penutupan

Acara pertama, yaitu pembukaan, marilah kita bersama-sama membuka acara ini dengan bacaan basmalah, bismillahirrohmanirrohim.

Hadirin yang berbahagia, sebelum kita lanjut ke sesi selanjutnya, marilah kita memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang akan dipimpin oleh ...

Selanjutnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya, hadirin kami mohon berdiri.

Terima kasih, hadirin kami persilakan duduk kembali.

Acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan.

Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. Kami persilakan ... untuk memberikan sambutan.

Terima kasih, kami sampaikan kepada panitia. Sambutan

Selanjutnya dari Bapak Lurah. Kami persilakan kepada Bapak Lurah.

Demikian sambutan Bapak. Lurah ...., semoga kita mampu melaksanakan pesan dan arahan yang disampaikan Bapak Lurah dalam sambutan tadi.

Hadirin yang berbahagia, tibalah kita memasuki acara inti yakni, pemotongan tumpeng oleh Bapak Lurah..... Untuk itu, kepada Bapak Lurah kami persilakan.

Hadirin yang kami hormati, tibalah saatnya acara hiburan yang akan ditampilan oleh adik-adik kita, di bawah bimbingan Karang Taruna ......

Untuk itu acara sepenuhnya kami serahkan pada pemandu acara lomba...... Beri tepuk tangan yang meriah untuk saudara/i....

Bapak/Ibu yang kami hormati, akhirnya sampailah kita ke penghujung acara HUT RI di kelurahan.... Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Bapak/Ibu.

Mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada hal-hal dari kami yang kurang berkenan. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh teks pembawa acara formal "Seminar tentang narkoba"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita yang telah hadir pada pagi hari ini.

Alhamdulillah saya ucapkan rasa syukur atas rahmat Allah yang telah diberikan kepada kita, hingga membuat kita sehat wal'afiat pada pagi hari ini. Sehingga kita dapat menghadiri seminar tentang "Perangi Narkoba". Sholawat serta salam kami curahkan kepada Nabi Muhammad SAW karena telah membawa kita semua ke zaman penerangan seperti saat ini.

Sebelumnya memasuki acara inti, saya ucapkan selamat datang kepada Ibu Yana beserta rombongan Karang Taruna Desa Sarimanis.

Selamat datang saya ucapkan kepada Bapak Andi selaku Kapolda Sarimanis.

Selamat datang saya ucapkan juga kepada Ibu Lana selaku Dokter RSUD Sarimanis.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pada hadirin yang telah hadir.

Hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan doa sesuai agama dan keyakinan masing- masing, agar cara seminar tentang narkoba ini bisa berjalan dengan kondusif dan lancar.

Berdoa mulai. Berdoa selesai.

Hadirin yang saya hormati, saya selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara seminar pada hari ini meliputi sebagai berikut.

1. Pembukaan.
2. Sambutan dari Ketua Pelaksana Seminar.
3. Seminar tentang Narkoba yang dijelaskan oleh Ibu Yana selaku Pemimpin Seminar.
4. Seminar tentang Dampak dari Narkoba yang dijelaskan oleh Bapak Andi selaku Kapolda Sarimanis.
5. Sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar.
6. Berbagi pengalaman dari mantan pemakai narkoba.
7. Ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba.
8. Doa.
9. Penutup.

Itulah susunan acara seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Untuk mengefisienkan waktu langsung masuk dalam acara selanjutnya. Selanjutnya saya persilahkan Bapak Lukas selaku Ketua Pelaksana Seminar untuk menyampaikan sepatah dua patah. Untuk Bapak Lukas, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Bapak Lukas selaku Ketua Pelaksana Seminar.

Selanjutnya ada Ibu Yana selaku Pemimpin Seminar, yang akan menjelaskan tentang narkoba. Untuk Ibu Yana, saya persilahkan tempat dan waktunya.

Itulah sambutan dari Ibu Yana selaku Pemimpin Seminar. Selanjutnya ada Bapak Andi selaku Kapolda Sarimanis, yang akan menjelaskan tentang Dampak dari Narkoba.

Untuk Bapak Andi, saya persilakan.

Itulah sambutan dari Bapak Andi selaku Kapolda Sarimanis.

Selanjutnya akan dilakukan sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar. Silahkan mungkin ada pertanyaan dari hadirin. Saya beri kesempatan untuk 5 penanya.

Itulah sesi tanya jawab antara pemberi materi dengan peserta seminar, selanjutnya akan ada berbagi pengalaman dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba. Bapak Jamil dipersilakan.

Itulah sambutan dari Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, selanjutnya akan dilanjutkan dengan pengucapan ikrar dalam mencegah penggunaan Narkoba. Pengucapan ikrar akan dipimpin oleh Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar. Ibu Susi dipersilakan.

Pengucapan ikrar dari Ibu Susi selaku Pemimpin Seminar

menjadikannya sebagai penutup seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga. Acara dilakukan dengan pembacaan doa yang akan dilakukan oleh Bapak Subhan. Bapak Subhan dipersilakan.

Sekian seminar tentang Perangi Narkoba Sekarang Juga, mohon maaf apabila saya memiliki kesalahan selama menjadi pembawa acara. Terima kasih saya ucapkan kepada Ibu Yana beserta rombongan Karang Taruna Desa Sarimanis, Bapak Andi selaku Kapolda Sarimanis, Ibu Lana selaku Dokter RSUD Sarimanis, Bapak Jamil selaku mantan pemakai narkoba, dan hadirin semua.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

3. Contoh teks pembawa acara formal "Perpisahan sekolah"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bismillahirrohmairrohim….

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah...
Yth. Bapak ibu wali kelas 7, 8, dan 9
Dewan Guru dan Bapak/Ibu wali murid

Pada kesempatan yang bahagia ini, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat allah Swt, yang telah memberikan rahmat dan berkahnya sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi SMP...

Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad Saw. Kepada keluarga beliau, para sahabat serta kaum muslmin yang senantiasa beristiqomah dalam menjalankan syariat Islam hingga akhir zaman nanti.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, izinkan saya selaku pembawa acara membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

1. Pembukaan
2. Sambutan
3. Prosesi pelepasan
4. Hiburan
5. Penutupan

Hadirin sekalian, untuk memulai acara marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmallah bersama-sama.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah, acara selanjutnya adalah sambutan.

Sambutan pertama akan disampaikan oleh... selaku ketua panitia. Kepadanya dipersilakan.

Selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan wisudawan... kepadanya dipersilakan.

Terimakasih saya sampaikan. Sambutan selanjutnya akan disampaikan oleh kepala Sekolah SMP... kepadanya, dipersilakan.

Terimakasih saya sampaikan. Hadirin sekalian. Kini kita memasuki acara inti, yakni prosesi wisuda siswa-siswi kelas 9 SMP.... yang akan dipandu oleh wali kelas 9. kepadanya dipersilakan.

Hadirin sekalian, inilah acara yang kita tunggu-tunggu, yakni acara hiburan yang akan menghibur anda semua dengan penampilan-penampilan dari siswa-siswi SMP...

Hadirin sekalian, tibalah kita dipenghujung acara yakni penutupan, mari kita tutup acara perpisahan siswa-siswi SMP... ini dengan bacaan hamdalah.

Hadirin yang saya hormati, acara demi acara telah kita lalui bersama. Semoga apa yang telah kita lalui diterima oleh Allah swt. Saya selaku pembawa acara mengucapkan terimakasih atas perhatiannya. Dan mohon maaf apabila terdapat hal atau kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian.

Terimakasih, wabillahi taufiq wal hidayah,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Contoh teks pembawa acara formal "Wisuda Universitas"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamu’alaikum, wr wb.

Alhamdulillah, alhamdulillahirabbil’alamin. Wabihinasta’in. Wa’ala umuri dunya waddin. Wassholatu wassalamu ‘ala asrofil anbiyai wamursalin. Wa’ala ‘alihi wasohbihi ajma’in ammaa ba’du.

Yth. Rektor Universitas....
Yth. Wakil Rektor Universitas...
Yth.. Bapak dan Ibu dosen Program Universitas...
Serta kepada wisudawan/wisudawati periode II, 2 Januari 2022 yang berbahagia.

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat kesehatan, keselamatan, dan karunia kepada kita. Sehingga kita dapat hadir di acara ini dengan selamat/sehat wal’afiat. Amin.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW yang selalu kita tunggu syafaatnya hingga hari akhir nanti.

Selanjutnya saya... dan saya... selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini:

1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat Suci Alquran dan sari tilawah
3. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
4. Sambutan-sambutan
5. Pembekalan Wisudawan/wisudawati periode II, 2 September 2014
6. Penyerahan penghargaan Mahasiswa terbaik dan prakata
7. Pemberian kenang-kenangan
8. Hiburan
9. Istirahat
10. Penutup

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama.

Acara ke dua yaitu pembacaan ayat suci Alquran... dan sari tilawah yang akan dibacakan oleh Saudara... dan Saudari.... Kepada Saudara dan Saudari kami persilahkan.

Terimakasih kepada saudara... dan saudari... Semoga dengan pembacaan ayat suci Alquran dan sari tilawah tadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Aamiin.

Dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipimpin oleh sauda/ri.... Kepada saudari..., kami persilahkan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadirin dimohon untuk berdiri.

Hadirin diperkenankan untuk duduk kembali.
Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan:

1. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Rektor Universitas.... Kepada Bapak.... kami persilahkan.

Demikian sambutan dari Ketua Rektor Universitas ..., kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

2. Sambutan kedua dari Wakil Rektor Universitas...

Demikian sambutan dari Bapak... kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Acara selanjutnya pembekalan kepada wisudawan/wisudawati...

Acara selanjutnya penyerahan penghargaan mahasiswa terbaik dan prakata.

Dan Penyerahan Mahasiswa Terbaik Diberikan kepada... dan kepada saudari .... kami persilahkan untuk maju dan menyampaikan prakata.

Acara selanjutnya penyerahan kenang-kenangan

Pemberian kenang-kenangan dari wisudawati

Acara selanjutnya adalah hiburan, kepada Esteh Band kami persilahkan untuk mempersiapkan diri.

Acara yang ke sembilan, istirahat.

Acara yang terakhir yaitu penutup.

Atas nama pembawa acara, saya... dan saya ... mengucapkan terima kasih, mohon maaf sebesar-besarnya jika sekiranya ada ulah kata yang kurang berkenan di hati para hadirin. Dan marilah kita tutup acara Pembekalan Wisudawan dan wisudawati Periode II, 2 Januari 2022 dengan bersama-sama mengucapkan Hamdalah.

Billahi taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum wr. wb.

5. Contoh teks pembawa acara formal "Workshop"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Yang Terhormat... Selaku Pemateri

Yang kami hormati segenap peserta workshop...

Hadirin yang berbahagia

Assalaamu alaikum Warahtulaahi wabaraktuh

Salam sejahtera untuk kita semua

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah swt, bahwa kita bisa bertemu pada pagi hari ini Sabtu, 17 Januari 2022 dalam acara workshop... dengan tema...

Bapak/Ibu yang kami hormati, izinkan saya selaku pembawa acara membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

1. Pembukaan
2. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars LPDP
3. Sambutan
4. Acara inti
5. Penutup

Mengawali acara pada pagi hari ini, marilah kita berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing. Berdoa mulai.

Acara selanjutnya adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (Hadirin dimohon berdiri)

Hadirin disilakan duduk kembali.

Acara selanjutnya adalah sambutan.
Sambutan akan disampaikan oleh.... kami silakan.

Hadirin yang kami hormati,

Acara yang selanjutnya adalah yang ditunggu-tunggu yakni workshop... dengan tema... yang akan disampaikan oleh pemateri...

Acara yang terakhir adalah penutup...

Demikianlah acara pada pagi hari ini.
Saya sebagai pembawa acara mohon undur diri.

Wassalaamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

6. Contoh teks pembawa acara nonformal "pesta ulang tahun"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr.Wb

Kepada sahabat dan teman-teman yang saya cintai, marilah kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya maka kita bisa berkumpul bersama di sini pada acara memperingati ulang tahun... yang ke... tanpa suatu halangan apapun. Malam ini merupakan malam yang istimewa bagi sahabat kita...

Di mana pada usianya yang ke... ini diharapkan teman kita menjadi sosok pribadi yang disayangi oleh orang-orang di sekitarnya. Semoga Ia menjadi anak yang taat beragama dan berpretasi dalam bidang akademiknya.

Sebagai pembawa acara, saya akan membacakan susunan acara ulang tahun sahabat kita pada malam hari ini yaitu sebagai berikut:

1. Pembukaan. Sebelum acara dimulai, marilah kita membacakan surat Al-Fatihah bersama-sama agar acaranya bisa berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Terimakasih atas ketersediaan teman-teman semoga acara ini menjadi bermanfaat dan teman-teman bisa menikmatinya hingga acara selesai.

2. Sambutan dari... yang berulang tahun
3. Tausiyah yang akan dibawakan oleh Ustadzah...
4. Menyanyikan lagu ulang tahun dan dilanjutkan meniup lilin dan memotong kue.
5. Acara hiburan dan makan-makan
6. Penutup

Akhirnya acara demi acara sudah kita lewati bersama, saya mewakili atas nama keluarga... mengucapkan banyak terimakasih dan bersyukur karena semua acara pada malam hari ini bisa berjalan dengan lancar.

Sebagai penutup acara pada malam hari ini marilah kita bersama-sama membaca Alhamdulillah. Apabila ada kata-kata dan sikap yang kurang berkenan di hati teman-teman semua, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wassalamualaikum Wr.Wb.

7. Contoh teks pembawa acara nonformal "pentas band"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Wr. Wb

Kepada yang terhormat kepala sekolah Bapak...

Yang terhormat ketua panitia acara festival band antar pelajar, Bapak...

Yang terhormat pembimbing seni, Bapak...

Dan tak lupa juga yang saya cintai semua peserta festival band pelajar

Sebelum kita memulai acara yang sudah kita nanti-nantikan pada siang hari ini. Marilah bersama-sama kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT, karena kita telah diberikan banyak sekali kenikmatan. Sehingga kita bisa hadir dan ikut berpartisipasi dalam acara festival band pelajar ini dalam keadaan sehat tanpa suatu kekurangan apapun.

Hadirin yang saya hormati, saya sebagai pembawa acara yang diadakan pada siang hari ini akan membacakan susunan acaranya terlebih dahulu, mulai dari acara pembukaan sampai dengan doa bersama dan penutupan.

Semoga acara yang akan diadakan pada hari ini bisa berjalan dengan lancar, berikut ini susunan acaranya:

1. Pembukaan
2. Sambutan dari ketua panitia penyelenggara acara festival band pelajar
3. Acara inti, pentas seni
4. penutup

Demikian acara demi acara sudah kita lewati bersama, kami atas nama panitia mohon maaf yang sebesar besarnya jika terdapat kekurangan dalam memandu acara pada siang hari ini. Terimakasih banyak kepada para hadirin karena sudah menyempatkan hadir dengan segala antusiasnya. Semoga kita dapat bertemu di kesempatan yang lain.
Wassalamualaikum Wr.Wb

8. Contoh teks pembawa acara "pengajian"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: pixabay.com

Alhamdulillahi Robbil ‘alamin, wabihi nasta’in, wa’ala umuriddunya wad din. Wa shollallahu ala Sayyidinaa Muhammadin, wa’ala aalihi washahbihi ajma’in.

Puji Syukur senantiasa kita ucapkan kehadirat Allah Subhanahuwata’ala, yang mana pada hari ini kita masih diberikan limpahkan karunianya, berupa kesehatan, kecukupan harta, kesenggangan waktu, sehingga kita dapat berkumpul bersama-sama di masjid/Musholla yang sangat kita Cintai.

Tak lupa juga, Sholawat beserta salam, kita haturkan kepada Nabi dan Rasul kita, Muhammad Sallallahu alaihi wa sallam

Yang kita hormati, Al ustadz dan qori yang telah hadir.
Yang kita hormati, Ibu lurah...
Ynag kita hormati Ibu.... selaku ketua pengajian.

Terima kasih saya ucapkan kepada ibu–ibu, serta bapak bapak yang berkenan hadir di tempat ini.

Sebelum kita memulai acara ini, marilah kita bersama sama mengucapkan Basmalah.

Sebelum menginjak acara berikutnya, saya akan membacakan susunan acaranya. Adapun susunan acara yang akan kita lewati bersama adalah sebagai berikut ini:

1. Pembukaan
2. Pembacaan Ayat suci Alquran oleh...
3. Kata sambutan oleh Ibu... selaku lurah
4. Sepatah dua kata oleh Ibu... selaku ketua pengajian
5. Ceramah oleh Ustadz... yang langsung ditutup oleh doa
6. Penutup

9. Contoh teks pemabawa acara "Maulid Nabi"

Contoh teks pembawa acara  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim,

Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, wassolaatu wassalaamu’alaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina muhammadin, wa’ala alihi wa’ashabihi ajma’in,

Robbi srohli sodri wahsirli amri wahlul ukdatammi lisaani yafkohul kauli amma ba’du.

Yang kami hormati Bapak... selaku lurah...
Yang kami hormati Ketua Takmir dan segenap Pengurus Mushola...
Yang kami hormati Panitia Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Serta Bapak-bapak serta Ibu-ibu yang berbahagia.

Syukur Al-hamdulillah, senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah, dan Inayyah-Nya kepada Kita semua, sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul di Majelis ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita nabi Agung Muhammad SAW yang sudah membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang dan yang kita harapkan syafaatnya besok di yaumil qiyamah (Amiin).

Selanjutnya, saya sebagai pembawa acara akan membacakan susunan acara pada hari ini. Adapun susunan acaranya adalah sebagai berikut:

1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat-ayat suci Alquran
3. Pembacaan Rawi/Sholawat Nabi
4. Sambutan-sambutan
5. Mau’idoh hasanah serta do’a
6. penutup