Brilio.net - Istilah pidato bukan menjadi hal baru di telinga para pelajar atau mahasiswa, bahkan sudah cukup familiar dan pastinya sudah pernah melakukan pidato. Dari mulai duduk di sekolah dasar hingga perguruan tinggi pastinya sudah paham apa itu pidato.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata yang ditujukan orang banyak atau wawancara yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya. Pidato bisa digunakan untuk acara sambuan atau pembukaan pada suatu acara dan bisa juga digunakan sebagai sarana menyampaikan aspirasi atau pendapat yang ingin disampaikan oleh seseorang untuk di dengar oleh masyarakat luas.

Tujuan pidato

Pidato bahasa Indonesia memiliki tujuan menyampaikan informasi yang baik bagi para pendengar, menyampaikan sebuah ide tertentu atau saran yang membangun dan berarah kepada hal yang positif. Pidato juga berisikan suatu ajakan dan imbauan utuk melakukan sesuatu.

Isi Pidato

1. Bagian pendahuluan

Bagian pendahuluan berisi tentang ucapan salam, pembukaan, titik tolak dan penghantar ke dalam topik yang dibicarakan. Bagian ini didasari oleh pertanyaan apa dan mengapa.

2. Bagian isi pidato

Hal-hal yang hendak pembicara sampaikan dalam pidato. Isi pidato biasanya berupa penjelasan suatu hal, alasan, bukti suatu permasalahan, contoh atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam menyampaikan isi pidato, pembicara harus menggunakan kalimat yang jelas dan suara yang cukup lantang agar pendengar memahami dan menerima maksud pidato.

3. Bagian penutup

Bagian pidato yang mengisyaratkan bahwasanya pidato akan berakhir. Penutup pidato biasanya berupa kesimpulan, permintaan agar pendengar melakukan sesuatu, ucapan terima kasih, pujian kepada pendengar, permohonan maaf, ungkapan terkenal, atau bahkan pantun. Tentunya semua hal tersebut haruslah sesuai dengan isi, tujuan, serta situasi yang dihadapi dalam berpidato

Bagi kamu yang sedang mencari contoh pidato bahasa Indonesia, berikut contoh pidato bahasa Indonesia dalam berbagai tema, dikutip dari berbagai sumber, Kamis (22/9).

(brl/pep)

RECOMMENDED BY EDITOR