Brilio.net - Iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diketahui sebagai cara untuk mendorong, membujuk khalayak agar tertarik dengan barang ataupun jasa yang ditawarkan.

Cara tersebut bisa dilakukan melalui berbagai media dari yang berbentuk fisik seperti koran brosur, spanduk hingga media elektronik. Dari media-media tersebut tentunya juga membutuhkan kalimat-kalimat iklan yang menarik.

Maka, sebuah iklan harus bersifat persuasif. Sebuah teks iklan harus dibuat secara singkat akan tetapi dapat mudah untuk diingat oleh para audiensnya. Diharapkan audiens dapat tertarik untuk membeli produk dan mengikuti anjuran yang terdapat dalam iklan tersebut.

Berikut ini 15 contoh kalimat iklan yang menarik dan singkat beserta tips membuatnya yang brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (13/10).

Struktur dan Unsur dalam Iklan.

Iklan © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Sebelum kita mengetahui berbagai jenis kalimat-kalimat iklan yang menarik, kita harus tahu terlebih dahulu struktur dan unsur yang terdapat dalam sebuah iklan.

1. Unsur dalam Iklan.

Secara umum, berikut adalah beberapa unsur yang ada didalam iklan.
- Attention (perhatian): setiap iklan harus menarik perhatian dari audiens
- Interest (minat): tidak hanya menarik perhatian audiens, iklan juga harus menimbulkan rasa minat atau keingintahuan audiensnya
- Hasrat: iklan juga harus menimbulkan hasrat audiens
- Kepercayaan: iklan juga harus meyakinkan audiens bahwa kampanye kita dapat dipercaya
- Action (aksi): aksi merupakan bagian akhir dari sebuah iklan yang berhasil, di mana audiens membeli produk atau mengikuti anjuran yang sesuai dengan iklan.

2. Struktur Iklan.

Dalam sebuah iklan tentunya memiliki teks yang sudah terstruktur didalamnya, supaya pesan yang disampaikan dalan iklan tersebut dapat diterima audiens.

- Judul: Berada diawal teks yang berfungsi memperkenalkan produk atau kampanye kepada audiens.
- Isi Iklan: pada bagian isi ini kita akan mempersembahkan konten utama dari iklan kita, misalnya saja benefit yang akan didapatkan oleh audiens jika membeli produk.
- Penutup: pada bagian ini berisi tentang informasi yang lebih lanjut terkait dengan alamat kantor, situs internet dan lain sebagainya.