Brilio.net - Saat ini banyak anak muda maupun orangtua yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha sukses. Tak sedikit yang memilih menjadi wirausaha dibandingkan bekerja di kantor. Karena memiliki usaha sendiri bisa menjadi cara lain untuk menambah pendapatan dan penghasilan.

Untuk sukses mengembangkan usaha tidak lah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi jika modal yang dimiliki kecil dan pas-pasan, tentunya akan semakin berat. Namum pada kenyataannya banyak usaha dengan modal pas-pasan bisa sukses dan memberikan omset yang besar.

Kini banyak anak muda mulai menekuni bisnis. Rejeki datang dari arah mana saja, yang utama yaitu memiliki keberanian dan ide kreatif serta unik. Jadi jangan heran kalau banyak anak muda milenial menekuni pekerjaan yang berbeda jauh dari backgraund pendidikan.

Pada dasarnya setiap orang memiliki kesempatan untuk bisa membuka usaha. Namun yang sering muncul adalah bagaimana jika hanya memiliki modal pas-pasan tapi ingin memulai usaha? Bagi yang masih merasa ragu dan takut gagal, simak 9 cara agar bisnis sukses dengan modal pas-pasan, yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/9).

1. Kreatif dan inovatif.

Loading...

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Pada umumnya karakter pengusaha adalah cepat bosan dengan rutinitas dan berani ambil risiko. Selain itu mereka juga berjiwa pemimpin, kreatif, inovatif, memiliki pertemanan yang luas serta memiliki insting yang bagus. Seorang yang memiliki bakat pebisnis  biasanya tidak takut dalam mengambil risiko dan berani mencoba hal baru demi inovasi bisnisnya.

Biasanya mereka juga akan mengubah segala kekurangan menjadi sebuah peluang yang menguntungkan. Seorang pengusahan harus mampu memberikan ide-ide kreatif serta gampang mencari solusi sendiri untuk berbagai urusan. Ingat kreatif serta memiliki keberanian untuk tampil beda dan inovasi produk dibutuhkan dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha.

2. Pilih usaha yang ditekuni.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Selain ide kreatif dan inovatif kamu juga harus menentukan usaha yang pas dan cocok dengan kamu. Cobalah pilih bisnis yang sesuai dengan hobi dan passion kamu. Dengan begitu kamu mengetahui tentang bisnis itu serta tidak merasa berat dan terbebani ketika menjalankannya.

Jenis usaha yang dipilih juga akan menentukan modal yang harus dikeluarkan. Kamu harus selektif dalam memilih jenis usaha yang akan ditekuni. Misalnya saja kamu hobi masak, maka kamu bisa usaha mendirikan katering, atau hobi jalan-jalan bisa buka jasa tour guide, fotografer dan banyak lainnya.

3. Melakukan riset pasar.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Banyak pengusaha bisa cepat sukses usahanya karena mereka mampu melihat peluang yang ada. Sebelum melakukan usaha baiknya melakukan riset pasar secara mendalam seperti usaha kuliner pinggir jalan. Salah satu contonya menghidangkan menu-menu makanan olahan tertentu yang kekinian dan hits.

Riset pasar akan menentukan pesaing yang memiliki usaha yang sama. Dari hasil riset tersebut kamu bisa mendapatkan refermnsi apa yang sedang diminati orang-orang, jenis usahanya, cara mengelolanya dan bertahan di tengah banyaknya pesaing.

4. Manfaatkan sosial media.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi secara gratis dan menghemat modal yang akan dikeluarkan. Dengan kecanggihan teknologi ini kamu juga bisa menjangkau kalangan yang ingin ditarget semakin luas.

Saat ini media sosial merupakan salah satu sarana yang paling efektif dalam melakukan promosi, apa lagi di era digital ini. Cobalah menggunggah dengan gambar-gambar yang menarik secara visual dan berikan promo-promo setiap harinya, dijamin akan banyak orang-orang yang datang karena penasaran ingin mencoba.

5. Menentukan lokasi bisnis.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Lokasi merupakan aspek penting dalam melakukan usaha. Dengan memilih lokasi yang ramai dapat membuat usaha lebih cepat berkembang. Namun semakin strategis lokasi semakin tinggi tarif sewanya, hal ini yang menjadi kendala bagi orang yang memiliki modal pas-pasan.

Kamu bisa memilih alternatif lain untuk usaha yang dirintis dengan memanfaatkan ruangan di sekitar rumah seperti garasi. Bahkan dengan memeberikan layanan delivery. Sehingga bisa bisa mengurangi modal yang harus dikeluarkan, cukup menambah pengeluaran untuk BBM yang tentunya tidak akan sebesar modal sewa toko.

6. Gunakan peralatan yang dimiliki untuk meminimalisasi pengeluaran.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: pixabay

Ketika merintis bisnis tidak semuanya melulu membutuhkan barang atau peralatan yang baru. Kamu bisa memamfaatkan peralatan yang dimiliki untuk meminimalisasi pengeluaran. Bisa juga menggunakan barang second yang masih layak pakai. Tentunya biaya yang dikeluarkan tidak sebesar jika kamu membeli barang baru.

7. Pandai mengelola keuangan.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Dengan modal pas-pasan tentunya harus pandai dalam mengelola keuangan. Kamu harus memiliki perhitungan modal yang harus dikeluarkan untuk usaha. Lakukan perhitungan seteliti dan sehemat mungkin.

Sebaiknya buatlah daftar rencana belanja secara lengkap dan terperinci, agar nantinya tidak salah langkah membelanjakan modal usaha. Hindari jangan sampai membeli barang yang tidak begitu penting dalam usaha.

8. Tak perlu merekrut pegawai.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Kamu bisa melakukan usaha dengan cukup mengandalkan kemampuan yang kamu miliki. Misalnya kamu memiliki kemampuan memasak, kamu bisa bisnis masakan rumahan sendiri tanpa harus merekrut pegawai.

Pada saat awal memulai usaha kamu bisa melibatkan orang-orang disekitarmu seperti suami, anak, adik atupun kakak untuk membantu usaha itu. Karena dengan mengajak orang-orang yang terdekat, mereka tidak akan banyak menuntut kepada kamu.

9. Pandai membagi waktu.

9 Cara untuk sukses berbisnis dengan modal pas-pasan pixabay

foto: Unsplash

Pengeloalaan waktu sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis, apa lagi setiap harinya para kompetitor selalu memiliki target dan inovasi-inovasi yang baru. Menggunakan waktu secara efisien dan efektif akan menguntungkan bagi seorang pengusaha.

Diperlukan juga untuk membuat rencana atau timeline selama satu bulan ke depan mengenai apa saja yang harus dilakukan dan ditargetkan agar tidak ada waktu yang terbuang begitu saja.

RECOMMENDED BY EDITOR