Brilio.net - Rasa kantuk pada umumnya muncul karena seseorang kurang tidur, ini merupakan hal yang wajar. Namun bagaimana jika rasa kantuk datang ketika seseorang sedang belajar atau membutuhkan konsentrasi penuh? Tentu ini akan menjadi masalah bukan?

Meski terlihat sederhana, kantuk bisa memicu berbagai masalah. Misalnya mengganggu prestasi di sekolah, atau produktivitas di kantor, memengaruhi emosi, dan menyebabkan kecelakaan, baik di jalan raya maupun di lingkungan kerja.

Rasa kantuk muncul saat belajar, hal ini memang sangat sulit dihindari. Terlebih ketika menghadapi pelajaran yang sama sekali tidak disukai. Penyebab rasa kantuk sendiri beragam, bisa karena kurang tidur, terlalu lelah beraktivitas, dan rasa malas lebih besar dibanding niat untuk belajar.

Jika masalah ini tidak segera diatasi, maka ke depannya akan menimbulkan banyak masalah. Nah buat kamu yang kerap mengalami hal ini, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (26/9).

1. Cuci muka dengan air dingin.

Loading...

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: wellandgood.com

Ketika belajar di malam hari atau belajar di kelas dan tiba-tiba saja kantuk menghampiri, ada baiknya kamu mencuci muka dengan air dingin. Banyak yang sudah melakukannya, dengan membasuh wajah dengan air dingin, maka mata lebih segar dan terbuka.

2. Tidur yang cukup di malam hari.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: healthandfitnesstravel.com.au

Salah satu yang membuat seseorang tidak bersemangat di pagi hari adalah kurang tidur. Hal ini merupakan kebiasaan yang buruk, terlebih jika kamu adalah seorang pelajar.

Untuk ukuran remaja direkomendasikan tidur sekitar 7 jam. Hindari begadang supaya saat sekolah kamu tidak mengantuk.

3. Sarapan pagi yang sehat.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Sarapan sangat dianjurkan sebagai pelajar, kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan protein. Kamu bisa mengonsumsi sayuran dan karbohidrat seimbang. Konsumsi makanan tersebut bisa memberikan energi untuk tetap 'on' alias nggak loyo di kelas.

Jika kamu tidak percaya, kamu bisa mencobanya sehari saja tidak sarapan dan berangkat ke sekolah dengan perut kosong, secara otomatis kamu tidak bisa berkonsentrasi penuh di sekolah dan berkali-kali menguap.

4. Konsumsi minuman berkafein.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Jika kamu merakan kantuk di siang hari, maka minum kopi akan menjadi solusi yang bagus. Namun pastikan untuk tidak sering melakukannya. Ada acara lain yang bisa kamu pilih untuk menghilangkan rasa kantuk saat belajar.

5. Mengunyah permen karet.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: discovermagazine.com

Bagi kamu yang kerap mengalami rasa kantuk di sekolah atau ketika belajar di sekolah, permen karet bisa jadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Saat mengunyah permen karet, otot-otot rahang akan bergerak sehingga otak akan berkonsentrasi mengunyah dan mengurangi rasa kantuk. Hal ini lantaran rahangmu memiliki aktivitas sehingga otak tidak berfokus pada rasa kantuk.

6. Lakukan banyak interaksi dan rileks di kelas.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Kelas merupakan tempat yang menyenangkan, baik untuk belajar maupun bersosialisasi serta berdiskusi dengan teman. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa mengantuk, kamu dapat melakukan berbagai interaksi, sahabat, teman dikelas dan guru.

Tak perlu terlalu tegang dalam menghadapi berbagai mata pelajaran, rileks saja akan membuat kamu jauh lebih berkonsentrasi. Tegakkan badan lalu sandarkan ke kursi dengan posisi yang tetap tegak sambil melemaskan bahu, lengan dan kaki.

7. Putar musik yang bersemangat.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Musik merupakan salah satu yang bisa membuat seseorang bersemangat. Dengan mendengarkan musik, mood akan kembali lebih baik. Aktivitas belajar lebih menyenangkan setelah mendengarkan musik. Aktivitas seperti ini baik dilakukan ketika kamu sedang di rumah ya.

Pilih track lagu yang kamu sukai agar kamu bisa ikut bernyanyi dengan senangnya. Setelah menyanyi kamu akan merasa lebih segar dan segala rasa kantuk maupun penat jadi menghilang.

8. Ganti suasana sejenak.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Terkadang rasa bosan menjadikan seseorang merasa ngantuk dan tak bersemangat. Jika kamu mengalami hal ini, cobalah untuk mengganti suasana sejenak, baik itu dengan berjalan-jalan sejenak, izin ke toilet untuk mencuci muka.

Jika kamu sedang belajar di rumah, tinggalkan sejenak aktivitas belajarmu dan bersantailah di teras rumah sejenak.

9. Ajak teman belajar bersama.

9 Cara mengatasi kantuk saat belajar istimewa

foto: pixabay.com

Belajar sendiri terkadang cukup membosankan. Jika kamu merasakan hal itu, coba ajak teman untuk belajar bersama di rumah. Setidaknya jika ada teman yang menemanimu tentu rasa kantuk jadi berkurang.

Jika rasa bosan datang dan merasakan ngantuk, teman bisa jadi bantuan dalam belajar. Ajak teman untuk belajar bersama dan cari topik menarik untuk dibahas. Namun pastikan untuk mengimbangi waktu belajar dan waktu ngobrol ya. Jangan kelamaan ngobrol, kemudian kamu jadi tidak belajar.

RECOMMENDED BY EDITOR