Brilio.net - Coba hitung, ada berapa YouTuber yang kamu kenal? Tentunya banyak sekali bukan? Sekarang ini orang berlomba-lomba untuk bisa menjadi YouTuber. YouTuber sendiri merupakan sebutan bagi seseorang yang membuat konten video pada website YouTube.

Kehadiran YouTube beserta isinya yang beragam dan kreatif, sedikit banyak menggeser peran TV yang selama ini menyuguhkan konten hiburan. Meskipun belum sepenuhnya bisa menggantikan peran TV, bukan mustahil hal ini bisa terjadi di masa yang akan datang. Apalagi sekarang ini kebanyakan anak muda beralih sering menonton acara di YouTube ketimbang TV.

Ada banyak alasan orang ingin menjadi YouTuber, misalnya dapat membuat konten-konten yang mereka suka. Misalnya saja, kamu yang suka traveling atau kulineran, bisa membagikan pengalamanmu kepada orang lain melalui YouTube.

Alasan lain yang tidak bisa dipungkiri adalah mendapatkan penghasilan. Tak tanggung-tanggung, mereka yang sudah memiliki nama besar di YouTube, telah mengantongi uang dalam jumlah besar setiap bulannya. Hal tersebut disebabkan YouTube menggunakan Adsenses media pencairan dana dari jumlah video yang telah ditonton oleh banyak orang.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjadi YouTuber, namun bingung harus bagaimana, berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pemula. Bahkan hanya bermodal HP, bisa lho. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/8).

Loading...

1. Membuat channel YouTube.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Jika ingin menjadi YouTuber, kamu harus memiliki channel sendiri terlebih dahulu. Sebelum membuat channel Youtube, kamu juga harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Caranya dengan membuka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah mendaftarnya. Setelah itu, kamu bisa memilih nama sesuai yang kamu sukai, baik nama pribadi maupun nama yang mewakili konten.

2. Temukan konten.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Menemukan konten menarik memang tidak mudah, karena ide kamu bisa saja sudah kalah saing dengan YouTuber-YouTuber yang sudah memiliki nama besar. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa membuat konten berdasarkan hobi kamu. Misalnya otomotif, koleksi barang-barang antik, traveling, kulineran. Buat konten itu menjadi yang tidak biasa. Jika kamu sudah menemukan hal menarik, maka bisa dipastikan channel YouTube kamu akan ramai dikunjungi orang.

3. Siapkan peralatan.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah menemukan konsep, maka saatnya untuk memikirkan peralatan apa yang kira-kira kamu butuhkan untuk membuat konten tersebut. Misalnya, jika kamu memilih traveling atau kuliner, maka kamu harus siap dengan kamera atau smartphone.

Yup, kamu bisa mengandalkan kamera smartphone untuk mengambil video bakal kontenmu. Sekarang ini kemampuan penangkapan gambar kamera smartphone nggak kalah bagus dengan kamera profesional, lho. Hanya bermodal HP, kamu bisa menjadi YouTuber yang menghasilkan video ciamik.

Sebenarnya, di tahap awal ini yang paling penting adalah memiliki rasa percaya diri ketika berbicara di depan kamera. Setelah itu kamu akan siap memberikan video terbaikmu kepada banyak orang.

4. Konsisten.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Membangun konsistensi memang tidak mudah. Ada saja yang membuat kamu nantinya menjadi malas dan enggan mengunggah video-video baru lain, terlebih yang menyaksikan tidak terlalu banyak.

Meski mengalami hal tersebut, kamu harus tetap konsisten karena beberapa orang yang sudah menyaksikan video-video kamu mereka menantikan lagi apa selanjutnya yang akan kamu suguhkan.

5. Editing video.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Meski kamu pemula, tetap kamu harus memberikan yang terbaik. Agar menjadi lebih menarik, kamu harus mengedit video yang sudah kamu ambil. Sekarang ini banyak aplikasi edit video yang bisa kamu install di smartphone atau HP kamu. Tanpa repot-repot buka laptop, kamu bisa "menjahit" potongan-potongan video yang sudah diambil menggunakan aplikasi tersebut. Kamu bisa belajar mengenai editing dengan baik seiring berjalannya waktu. Lama kelamaan, pekerjaan ini akan menjadi hal yang menyenangkan untuk kamu.

6. Memanfaatkan SEO.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sekarang ini sudah sangat dimudahkan bagi siapa pun yang ingin mendapatkan viewer tinggi. Kamu harus bisa memastikan kira-kira apa yang dibutuhkan orang sekarang ini. Caranya adalah dengan menggunakan tag dan kata kunci yang relevan di deskripsi video sesuai search engine optimization (SEO).

7. Share konten lewat media sosial.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebagai pemula tentunya konten kamu belum banyak yang menyaksikan. Maka yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi dengan cara mengunggahnya ke media sosial. Misalnya share ke Facebook, Twitter, ataupun Instagram kamu, sehingga orang-orang tahu bahwa kamu telah membuat konten. Dengan membagikan konten di media sosial, maka teman-temanmu tentunya akan langsung menonton konten yang kamu buat.

8. Menanggapi respons dari para subscriber.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah konten kamu unggah, maka akan disaksikan orang. Terkadang akan muncul beberapa pertanyaan dari subscriber mengenai video yang kamu unggah. Salah satu cara menjadi YouTuber yang menyenangkan adalah dengan merespons berbagai komentar dari subscriber. Kamu bisa membalas komentar ataupun menyukai komentar tersebut.

Respons yang diberikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara YouTuber dengan penonton. Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel YouTube kamu bisa lebih disukai, jumlah subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

9. Berteman dengan creator lain.

Cara jadi YouTuber sukses bagi pemula © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sebagai pemula, ada banyak informasi yang perlu kamu ketahui. Caranya kamu bisa gabung bersama creator lain untuk mendapatkan banyak informasi baru. Sesekali kamu juga bisa kolaborasi bareng mereka. Lewat video kolaborasi, penonton setia dari rekan YouTuber ini akan menonton aksi kalian juga. Jadi ini akan sangat menguntungkan kamu.

RECOMMENDED BY EDITOR