Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari tangan dan kaki. Kuku sendiri memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut dan dipenuhi dengan banyak syaraf. Selain melindungi ujung jari, kuku juga memiliki fungsi lain.

Apabila kamu memiliki masalah kesehatan tertentu, kondisi kuku pada jarimu pun bisa berubah. Misalnya kukumu yang semula berwarna merah muda lama-kelamaan berubah menjadi ungu atau kekuningan.

Tak hanya berkaitan dengan kesehatan, kuku juga bisa berfungsi untuk menunjang penampilan, terutama bagi para perempuan. Biasanya kaum hawa akan menghias kuku dengan memberikan kuteks atau nail arts supaya terlihat lebih estetik.

Supaya kuku bisa berfungsi sebagaimana mestinya, kamu pun harus menjaga kukumu agar tetap bersih. Salah satu caranya adalah rutin membersihkan kotoran pada sela-sela kuku dan memotongnya. Aktivitas memotong kuku tentu menjadi hal yang wajar dalam dunia nyata. Lalu bagaimana jika kamu justru memotong kuku dalam mimpi? Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (14/1), inilah arti mimpi memotong kuku menurut primbon Jawa yang memiliki banyak arti.

1. Potong kuku sendiri

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Memotong kuku sendiri tentu akan terasa lebih cepat dan kamu bisa memastikan sendiri apakah kamu memotong kuku terlalu pendek atau tidak. Jika kamu memotong kuku sendri dalam mimpi, kamu patut bersyukur. Mimpi tersebut bisa menandakan bahwa kamu akan terhindar dari segala macam masalah atau musibah yang sengaja dibuat oleh orang lain. Selain itu, mimpi memotong kuku sendiri juga bisa dimaknai bahwa kamu akan mendapat kenyamanan hidup.

2. Dipotong kuku oleh orang lain

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Biasanya dipotong kuku oleh orang lain terjadi ketika kamu benar-benar merasa kesulitan untuk memotong kuku sendiri. Misalnya kamu dalam kondisi sakit atau kesulitan menjangkau kuku-kukumu sendiri. Namun, bagaimana jika kukumu dipotong oleh orang lain dalam mimpi? Ternyata mimpi tersebut bisa menjadi pertanda kurang baik. Menurut primbon Jawa, mimpi tersebut bisa menandakan bahwa kamu akan mengalami pengkhianatan dari orang-orang terdekat.

3. Memotong kuku orang lain

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Jika kamu mengalami mimpi memotong kuku orang lain, tandanya kamu harus lebih peka. Mimpi tersebut bisa menyimbolkan bahwa ada salah satu temanmu yang tengah mengalami masalah. Ketika kamu mengetahui hal tersebut sebaiknya kamu menawarkan bantuan pada temanmu supaya masalahnya dapat segera terselesaikan.

4. Memotong kuku anak

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Anak-anak biasanya memang belum bisa memotong kuku sendiri karena bisa menyebabkan luka. Oleh karena itu sudah sewajarnya jika ada orang dewasa yang membantunya untuk memotong kuku anak tersebut. Jika kamu memotong kuku anak dalam mimpi, hal ini bisa menjadi pertanda baik. Mimpi tersebut bisa menunjukkan bahwa kamu akan mendapatkan kebahagiaan yang tak terduga. Bisa saja kamu akan naik jabatan atau mendapat keuntungan besar dari bisnismu.

5. Memotong kuku hingga berdarah

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Dalam dunia nyata, terkadang kurang hati-hati atau fokus ketika memotong kuku bisa menyebabkan berdarah. Bisa saja kamu terlalu pendek memotong kuku hingga alat potong kukumu mengenai bagian ujung jari. Lalu bagaimana jika kamu mengalaminya dalam mimpi? Ketika kamu mengalami mimpi tersebut, kamu harus lebih berhati-hati lagi terhadap perbuatanmu. Bisa saja perbuatan maupun ucapanmu menyakiti hati orang lain, sehingga akan ada orang-orang yang menjauhimu karena hatinya terluka.

6. Memotong kuku yang mengelupas

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Terkadang kuku bisa mengelupas karena terkena benda lain atau jenis kuku yang rapuh. Jika kamu mengalami mimpi memotong kuku yang mengelupas, hal ini bisa menjadi pertanda buruk bagimu. Dalam waktu dekat kamu bisa menjumpai situasi yang sulit dan masalah bisa datang silih berganti. Meskipun demikian, kamu jangan sampai merasa terpuruk dan putus asa karena masalah apapun akan bisa dilalui dengan baik.

7. Makna memotong kuku tiap jari tangan

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Ternyata mimpi memotong kuku tiap jari memiliki makna yang berbeda-beda. Jika kamu memotong kuku jempol, artinya kamu akan mendapatkan banyak rezeki dalam waktu yang tak diduga-duga. Apabila kamu mimpi memotong kuku jari telunjuk, maka kamu memiliki kewibawaan, sehingga akan dihormati oleh orang sekitar. Untuk jari tengah, mimpi memotong kuku jari tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan mendapatkan kebaikan dan terlepas dari masalah hidup yang selama ini membelenggumu.

Apabila kamu bermimpi memotong kuku jari manis, tandanya kamu akan mengalami kebahagiaan hidup dan apa yang kamu cita-citakan selama ini bisa terwujud. Untuk jari kelingking, tandanya kamu akan mendapatkan kasih sayang dari orang sekitarmu.

8. Memotong kuku jari kaki

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Sama seperti memotong kuku jari tangan, mimpi memotong kuku jari kaki juga memiliki pertanda baik. Mimpi tersebut bisa dimaknai bahwa kamu akan mencapai segala impian yang kamu inginkan. Bahkan, kesuksesanmu sudah ada di depan mata dan kamu tidak boleh melewatkan kesempatan yang ada.

9. Dipotongkan kuku oleh pasangan

Arti mimpi potong kuku © 2022 brilio.net

foto: pexels.com

Pasangan bisa menjadi salah satu orang yang kerap memotongkan kuku. Hal ini bisa menjadi salah satu bentuk rasa sayang atau kepedulian kepadamu. Ketika kamu mengalaminya dalam mimpi, hal ini bisa menjadi pertanda baik. Apabila didalam mimpi kukumu dipotongkan oleh orang yang kamu sukai, bisa jadi hal tersebut menjadi pertanda bahwa ia juga menyukaimu. Bahkan mimpi ini juga bisa dimaknai bahwa kamu akan segera bertunangan atau menikah dalam waktu dekat.