Brilio.net - Kata-kata bijak Islami tentang kematian ini sebagai pengingat untuk kita agar selalu mengingat kematian. Hidup dan mati selalu dalam genggaman Allah, tidak ada satu orang pun bisa menghindari dari kematian.

Kematian selalu dengan dengan kita, menyertai setiap langkah makhluk hidup. Kematian bisa datang kepada siapa saja tanpa memandang usia, status, jabatan, paras, harta, waktu, dan lain sebagainya.

Bahkan tidak ada yang memprediksi kapan kematian akan datang. kematian selalu datang secara tiba-tiba. Oleh karena itu, kita dianjurkan selalu mengingat kematian.

Mengingat kematian bukan berarti menjadi orang yang putus asa. Tetapi dengan mengingat kematian kita akan lebih mawas diri dan bertawakalah kepada Allah. Tugas kita di dunia hanya menunggu waktu kapan akan dipanggil menghadap Allah SWT.

Ibnu Umar RA berkata, "Aku datang menemui Nabi Muhammad SAW bersama 10 orang, lalu salah seorang Anshar bertanya, siapakah orang yang paling cerdas dan paling mulia wahai Rasulullah? Nabi menjawab, orang yang paling banyak mengingat kematian dan paling siap menghadapinya, mereka itulah orang-orang yang cerdas, mereka pergi dengan membawa kemuliaan dunia dan kehormatan." (HR Ibnu Majah). Kata bijak kematian bisa membantu kita untuk selalu mengingat tentang kematian.

Kata-kata bijak Islami tentang kematian ini senantiasa sebagai bentuk pengingat untuk kembali mengingat kematian. Supaya kamu bisa mempersiapkan bekal di akhirat nanti.

Amalan baik ini bisa menjadi bekalmu kelak ketika telah meninggal dan berada di akhirat. Selain amalan baik, kamu juga bisa membaca kata-kata bijak yang bisa semakin mengingatkanmu pada kematian dan menambah semangat untuk berbuat baik.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (16/8), kata-kata bijak Islami tentang kematian yang dapat menguatkan iman.

1. "Jangan mati-matian mengejar sesuatu yang tak dibawa mati." - Gus Dur

2. "Dan kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang menipu." - QA Ali Imran (3): 185

3. "Karena kematian tak menunggu baikmu, tak menunggu salihmu, tak menunggu beribu janji sujudmu."

4. "Setelah kematian tiba, hancurlah segala yang kita miliki di dunia ini. Hanyalah amal kebaikan yang dapat dibanggakan nanti."

5. "Jika kita mengejar dunia, akhirat akan meninggalkan kita. Tapi jika kita kejar akhirat, dunia akan bersama kita." - Habib Ali Zainal Abidin Al Hamid

6. "Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu, maka apabila telah datang waktunya mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak dapat (pula) memajukannya."

7. "Tak mengenal usia, tak mengenal waktu, tak mengenal tempat. Sungguh kematian itu sangatlah dekat."

8. "Datangnya kematian tidak menunggu hingga kamu akan menjadi lebih baik. Jadilah orang baik dan tunggulah kematian." - Habib Ali Zainal Abidin

9. "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." - QS Ali Imran: 183

10. "Kematian terdengar seperti hal biasa. Namun ketika direnungi, kita tak akan bisa tertawa. Dunia ini bukan tempat kita tinggal, tapi tempat kita meninggal."

11. "Dimana saja kamu berada, kematian pasti akan menghampirimu meskipun kamu berlindung di dalam sebuah benteng yang sangat tinggi dan kokoh." - QS An-Nisa 78

12. "Sombong dengan kehidupan yang sementara? Sedangkan setiap harinya umut kita semakin berkurang dan semakin kematian semakin mengejar didepan mata kita."

13. "Dunia hanya sebagai tempat persinggahan maupun penginapan untuk menunggu hari akhirat. Tak seorang pun mengetahui datangnya kematian, termasuk Rasulullah SAW juga tidak mengetahuinya."

14. "Kematian akan menjadi pemutus segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan di dunia. Kehidupan di akhirat adalah abadi. Sementara, tidak ada yang abadi di dunia ini."

15. "Wahai jiwa berletih-letihlah sedikit (beramal sholeh), maka engkau akan beristirahat yang banyak di surga Firdaus."

16. "Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang."

17. "Sebagian besar orang menganggap kematian masih jauh, jauh sekali. Namun ketahuilah.. saat hari itu tiba, maka sudah terlambat untuk melakukan apa yang bisa kita lakukan hari ini."

18. "Saat kamu berjalan dimuka bumi dengan penuh kesombongan, ingatlah 'hari ini tanah berada dibawahmu, besok bisa jadi tanah yang berada diatasmu.'" - Dr. Bilal Philips

19. "Kenapa orang yang terpuji dipanggil lebih awal oleh Allah? Karena dimata Allah bekalnya sudah lebih dari cukup untuk menetap di surga."

20. "Terlalu sibuk membenahi diri untuk pujaan hati dan menunda mempersiapkan diri untuk mati."

21. "Tak ada yang dapat memprediksi. Tanamkan iman dalam hat dan bermanfaatlah untuk sesama."

22. "Kita terlahir dengan satu cara, namun kematian menjemput dengan berbagai cara."

23. "Sebaik-baiknya manusia adalah yang tetap hidup jasanya walau jasadnya telah tiada."

24. "Yang dekat dengan diri kita bukan keluarga ataupun kerabat, tapi yang dekat dengan diri kita adalah kematian."

25. "Jadikan kematian itu hanya pada badan karena tempat tinggalmu ialah liang kubur dan penghuni kubur senantiasa menanti kedatanganmu setiap masa." - Imam Al Ghazali

26. "Cukuplah kematian sebagai nasehat." - Umar bin Khatab

27. "Tidak ada yang namanya benar-benar berakhir. Bahkan ketika mati, itu adalah awal hidup di akhirat."

28. "Suatu hari nanti namamu hanyalah tinggal kenangan, maka tinggalkanlah yang baik-baik sebagaimana engkau ingin dikenang."

29. "Dari kematian kita ingat kesalahan, dan dari kenikmatan biasanya kita lupa kesalahan."

30. "Semewah apapun gaya hidup kita, kelak tanahlah tempat kembali kita."

31. "Jika kematian di depan mata belum mampu memberikan dorongan untuk bertaubat. Lalu nasihat seperti apa yang bisa mendatangkan taat kepada sang ilahi?"

32. "Hidup hanya sekali, maka jangan sia-siakan mencari bekal pulang terbaik."

33. "Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barangsiapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan dengan baik." - HR Bukhari

34. "Bila engkau ingin menuntut sesuatu, maka tuntutlah akhirat. Karena engkau tidak akan memperolehnya kecuali dengan mencarinya." - Umar bin Khattab

35. "Darinya (tanah) itulah Kami menciptakan kamu dan kepadanyalah Kami akan mengembalikan kamu dan dari sanalah Kami akan mengeluarkan kamu pada waktu yang lain." - QS Thaha 55

36. "Kepada Allah-lah kamu kembali." - QS Hud 4

37. "Barangsiapa yang banyak mengingat kematian maka ia akan mendapat tiga kemuliaan, yakni bersegera bertaubat, artinya akan Qona'ah (merasa cukup), dan bersemangat dalam beribadah"

38. "Setiap kali hatimu lalai dan terlarut dalam kehidupan dunia, keluarlah engkau menuju kuburan."

39. "Bagaimana aku senang dikatakan masih muda, sedangkan syarat mati kan tidak harus tua."

40. "Jangan ceritakan deritamu, jangan keluhkan musibah yang kau alami, dan jangan anggap dirimu suci."

41. "Jangan pernah meremehkan dosa-dosa kecil, sebab bisa jadi perihal seperti itu lebih berat timbangannya dibanding amalan yang menurut kita besar namun nol adanya."

42. "Banyak yang meyakini bahwa dia akan mati.

Tapi banyak yang melupakan bahwa kematian bisa datang kapan saja dan begitu cepat."

43. "Bertakwalah kepada Allah dan ingatlah selalu akhirat dalam hatimu. Jadikan kematian selalu di matamu dan jangan lupa keadaanmu kelak dihadapan Allah." - Imam Syafii

44. "Ditanyakan kepada Imam Malik, 'bagaimana kabarmu pagi ini?' Maka beliau pun menjawab, 'Umur semakin berkurang, dan dosa semakin bertambah.'"

45. "Ingatlah setinggi apapun pangkat yang engkau miliki, pada akhirnya engkau akan dipanggil 'mayit.'"

46."Dan sebanyak apapun teman, sebanyak apapun harta benda yang kau punya, sejatinya hanya amalan Shalih yang akan menemanimu sampai tiba hari kiamat."

47. "Bukan kapan yang aku khawatirkan dari kematian, tapi disaat apa aku mati nanti."

48. "Dunia berlari meninggalkanmu, sedangkan akhirat berlari mendekatimu."

49. "Wahai manusia kalian semua sudah dijamin pasti masuk surga, kecuali satu orang saja. Sungguh aku khawatir satu orang itu adalah aku." - Umar bin Khattab

50. "Perbanyaklah mengingat pemutus kenikmatan, yaitu kematian. Karena kematian itu jika diingat oleh orang yang sedang dalam kesusahan hidup, maka akan bisa meringankan kesusahannya." - HR Thabrani dan Al-Hakim

51. "Apabila orang lain tidak peduli kepada dirimu ketika dalam kesusahan, maka ketahuilah bahwa Allah Ta'ala hendak menangani urusanmu, dan cukup Allah sebagai penolong."

52. "Janganlah engkau menunda-nunda taubat karena sesungguhnya kematian itu datang tiba-tiba."

53. "Mau sekuat apapun kamu mengejar dunia, garis finishnya tetaplah kematian."

54. "Dia jarang pergi sholat jamaah di masjid, suatu hari dia ke masjid. Diapun mendapatkan shaf terdepan bahkan lebih depan daripada imam karena ia datang bukan untuk sholat, tapi untuk disholatkan."

55. "Penyesalan terbesarku adalah ketika matahari tenggelam. Semakin dekat ajalku, namun tak bertambah amalku." - Ibnu Mas'ud

56. "Ketahuilah bahwa dunia pergi semakin jauh, sedangkan akhirat semakin mendekat." - Ali bin Abi Thalib

57. "Dia berjanji akan bertaubat besok pagi, lalu ia pun tidur dan tidak bangun lagi."

58. "Persiapkanlah kematianmu sebagaimana kamu merancang pernikahan impianmu."

59. "Akhirat yang akan didatangi, kita abaikan. Sementara dunia yang akan ditinggalkan malah sibuk dipikirkan." - Abuya Uci Turtusi

60. "Ketika engkau tak mampu mengurus jenazah sendiri, maka jangan pernah kau katakan 'urus saja dirimu sendiri' ketika dinasehati."

61. "Sebelum ini kita mendengar cerita tentang kematian orang lain. Sampai suatu masa nanti cerita tentang kematian kita yang akan diceritakan oleh orang lain."

62. "Hidup dan mati ada dalam genggaman Illahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalaupun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan." - Diponegoro

63. "Lebih banyak orang menghadapi kematian di atas tempat tidur daripada orang yang mati di atas pesawat. Tetapi kenapa lebih banyak orang yang takut mati ketika menaiki pesawat daripada orang yang takut menaiki tempat tidur." - Buya Hamka

64. "Kematian adalah jembatan yang menghubungkan orang yang mencintai dengan yang dicintainya." - Jalaluddin Rumi

65. "Mati tanpa cinta adalah kematian terburuk dari segala kematian." - Jalaluddin Rumi

66. "Kebanyakan manusia berjuang mengada-adakan dirinya. Menonjol-menonjolkan dirinya, bahkan untuk itu mereka meniadakan makhluk lainnya. Sampai tega meniadakan Tuhannya, itulah kematian." - Emha Ainun Nadjib

67. "Perhatikanlah hidup kita dan Tuhan akan memperhatikan kematian kita." - Sri Sultan Hamengkubuwono VIII

68. "Kesombongan sebesar apa pun akan luluh ketika mengingat kematian." - Habiburrahman El Shirazy

69. "Kematian adalah puncak. Tuntasnya kerinduan seorang hamba kepada Rabb-nya." - Asma Nadia

70. "Keberanian tidak mempercepat kematian, dan ketakutan tak dapat mengelakkan dari kematian. Kita pasti mati, tapi mati dalam keadaan apa? Pilihan ada di tangan kita." - Abdul Somad

71. "Sesungguhnya sedekah itu memadamkan amarah Tuhan dan menolak kematian yang buruk." - Muhammad Khalil Itani

72. "Kematian adalah jodoh yang pasti datang untuk mendampingi kita untuk melangkah di kehidupan yang baru."

73. "Jangan terlalu memikirkan hidup enak hingga lupa memikirkan mati enak."

74. "Allah Ta'ala sudah menentukan ajal sebelum kita lahir. Dan ajal tidak bisa dihindari, dimajukan, dimundurkan, karena hanya dengan izin Allah lah kita bisa bertemu dengan ajal."

75. "Masing-masing kita telah mengantongi tiket menuju mati tanpa keterangan tanggal, jam, dan hari."

76. "Wahai anak adam, injaklah bumi dengan kakimu karena sebentar lagi ia akan menjadi kuburanmu. Demi Allah engkau itu senantiasa mengurangi umurmu semenjak engkau dilahirkan dari perut ibumu." - Abu Hatim

77. "Jalanilah hidup setiap hari seakan-akan hari terakhir dalam hidupmu. Kelak hari (terakhir) itu akan benar terjadi dalam hidupmu." - Ibnul Qayyim

78. "Wahai diri, hidupmu adalah modalmu, dunia adalah ladangmu, amalmu adalah hasilmu, dan akhirat adalah tempat tinggalmu."

79. "Bila kita tidak ingin wafat diatas syirik, maka jangan merasa aman dari syirik dan jangan pernah merasa tauhid kita telah hebat."

80. "Bila saatnya tiba, semoga kita dipermudahkan sakaratul maut dan mendapat khusnul khotimah."

81. "Betapa banyak dari kita yang pagi dan malam selalu tertawa lepas, tapi kita lupa kain kafan kita sedang ditenun."

82. "Sebaik-baik diantara kalian ialah orang yang panjang umurnya dan baik pula amalannya." - HR At Tirmizi

83. "Segera bertaubat, perbanyak amal sholeh, manfaatkan waktumu untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan mudah beralasan sibuk dengan pekerjaan karena ajal datang tanpa notifikasi."