Brilio.net - Menjalani kehidupan tak bisa berjalan mulus begitu saja. Seperti roda yang berputar, ada kalanya kita berada di puncak, dan terkadang kita juga bisa berada di titik terendah. Kondisi itu biasanya sering membuat kita menjadi kehilangan semangat.

Wajar saja mengingat segudang masalah terkadang datang di saat yang tidak terduga. Apa pun yang terjadi, yakinlah bahwa Tuhan tidak menguji umat-Nya melebihi batas kemampuan yang ia punya. Tetaplah berdoa dan senantiasa dalam penyertaan-Nya agar mendapat berkat dari Tuhan.

Sebagai umat Kristiani, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotivasi diri dalam menjalani kehidupan. Salah satunya dengan membaca dan memahami kata-kata bijak rohani Kristen. Kalimat bijak tersebut pun bisa dijadikan sebagai motto hidup untuk senantiasa mengingat-Nya dalam keadaan senang maupun susah.

Motto hidup rohani Kristen juga bisa menginspirasi dan menenangkan hati. Ada banyak motto hidup rohani Kristen yang bisa dijadikan pedoman. Mulai dari tentang kesabaran, rasa syukur dan lain sebagainya. Seperti yang brilio.net rangkum berikut ini, 81 motto hidup rohani Kristen dihimpun dari berbagai sumber pada Jumat (19/11).

Motto hidup rohani Kristen, inspiratif.

Motto hidup rohani Kristen © berbagai sumber

foto: Instagram/@shinequote

1. "Anugerah-Ku cukup bagimu 'Apabila engkau lemah, kuasa-Ku menjadi sempurna di dalam engkau." (Korintus 12:9a)

2. "Alih-alih menghakimi orang, mengapa Anda tidak meluangkan waktu yang sama untuk berdoa bagi mereka, untuk menjangkau mereka, untuk memberi tahu mereka bahwa Anda percaya pada mereka." (Joel Osteen)

3. "Hendaklah kamu berakar dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diakarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur." (Kolose 2:7)

4. "Apa pun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23)

5. "Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan." (Amsal 22:4)

6. "Hari kemarin sudah hilang. Hari esok belum datang. Kita hanya memiliki hari ini. Mari kita mulai." (Bunda Teresa)

7. "Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan pembantahan." (Amsal 15:18)

8. "Tanpa Tuhan, kehidupan tidak memiliki tujuan. Tanpa tujuan, hidup tidak memiliki makna. Tanpa makna, kehidupan tidak memiliki harapan."

9. "Ada hal-hal yang jauh lebih baik di depan daripada yang kita tinggalkan." (C.S. Lewis)

10. "Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih. Dan yang paling besar di antaranya ialah kasih." (Korintus 13:13)

11. "Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakini dan lidah lembut mematahkan tulang." (Amsal 25:25)

12. "Di akhir kehidupan kita tidak akan dihakimi oleh berapa banyak akta yang telah kita terima, berapa banyak uang yang kita hasilkan, berapa banyak hal besar yang telah kita lakukan." (Bunda Teresa)

13. "Di saat kita dilukai oleh orang lain dengan rasa sakit hati yang kita alami, di saat itu kita harus sadar bahwa Tuhan Yesus mau kita belajar apa arti dari mengampuni."

14. "Akal budi membuat orang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran." (Amsal 19:11)

15. "Akhir suatu hal, lebih baik daripada awalnya, panjang sabar lebih baik daripada tinggi hati." (Pengkhotbah 7:8)

16. "Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah di hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah." (Kolose 3:15)

17. "Apa pun yang saya miliki, di mana pun saya berada, saya dapat melewati apa pun di dalam Dia yang menjadikan saya siapa saya." (Filipi 4:13)

18. "Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa yang cepat marah membesarkan kebodohannya." (Amsal 15:18)

19. "Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota." (Amsal 16:32)

20. "Pada waktu dicobai ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya."(Korintus 10:13)

Motto hidup rohani Kristen tentang bersyukur, penuh makna.

Motto hidup rohani Kristen © berbagai sumber

foto: Instagram/@katakataiman

21. "Tegarkanlah selalu hatimu, hai orang-orang yang menaruh seluruh harapan kepada Tuhan!"

22. "Percayalah, Tuhan akan selalu setia kepadamu. Ia akan memeliharamu dari segala kondisi yang jahat dan membawamu menuju terang."

23. "Setelah terluka, sebuah pohon berdiri tak akan pernah menunggu permintaan maaf dari parang yang menebasnya."

24. "Kita sering sibuk untuk mencoba menghadapi pencobaan yang ada, sedangkan di sisi lain kita melupakan berkat-berkat dari Tuhan yang nyata."

25. "Menyadari bahwa Tuhan sungguh rela mengasihiku tak tanpa batas, aku pun terdorong untuk makin rajin mengasihi."

26. "Saat kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain, di situlah kamu meyakini bahwa dirimu lebih rendah dibanding orang tersebut."

27. "Jangan berdoa hanya karena butuh sesuatu, tetapi karena kamu punya banyak hal yang bisa kamu syukuri."

28. "Ketika kamu menerima apa yang kamu doakan, itu adalah kasih Tuhan. Ketika kamu tidak menerima apa yang kamu doakan, itu adalah perlindungan Tuhan."

29. "Saat Tuhan yang pegang kendali, langkahmu tidak akan pernah salah dan hidupmu akan selalu diberkati."

30. "Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri."

31. "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."

32. "Jika ingin hidupmu dimuliakan Tuhan, hiduplah dengan penuh syukur."

33. "Dalam setiap keadaan kita harus percaya kepada Tuhan dan menjadikan-Nya sebagai tempat perlindungan kita."

34. "Segala pekerjaan yang baik dan benar adalah berkat dari Tuhan, karenanya lakukanlah dengan sepenuh hati."

35. "Terima kasih Yesus-ku, engkau begitu baik padaku."

36. "Berterimakasihlah kepada Tuhan. Sebab tanpa-Nya kau tidak akan pernah bertemu dengan orang-orang yang mencintaimu."

37. "Jangan pernah berhenti ketika gagal, teruslah mengucap syukur dengan apa yang kau miliki sebab orang lain mungkin tak memiliki apa yang kau punya."

38. "Sungguh besar apa yang Engkau miliki di alam semesta ini ya Tuhan. Dan kami sangat bersyukur telah kembali diizinkan menghirup udara segar, serta dapat tinggal di dunia yang amat indah ini. Termasuk menikmati apa-apa saja yang ada di dalamnya."

39. "Kuatkanlah hatimu, lewati setiap persoalan. Tuhan Yesus akan selalu menopangmu. Jangan berhenti berharap pada-Nya."

40. "Tuhan tak pernah berjanji langit selalu biru, tetapi dia berjanji selalu menyertai. Tuhan tak pernah janji jalan selalu rata, tetapi Dia berjanji berikan kekuatan."

41. "Yesus menjadi seorang yang terhukum agar saya dapat merasakan hidup sebagai seorang yang terkasih."

Motto hidup rohani Kristen, menenangkan hati.

Motto hidup rohani Kristen © berbagai sumber

foto: Instagram/@_bibblequotes_

42. "Sebab aku gentar karena murka dan kepanasan amarah yang ditimpakan Tuhan kepadamu, sampai ia mau memusnahkan kamu. Tetapi sekali ini pun Tuhan mendengarkan aku." (Ulangan 9:19)

43. "Sebelum tidur, aku menghitung semua berkat yang aku terima hari ini dan bukannya masalah. Aku ingin memastikan tidur dengan nyenyak dan penuh rasa syukur." (Rufina)

44. "Tuhan itu dekat kepada orang-orang yang patah hati, Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya." (Mazmur 34:19)

45. "Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu." (Rufina)

46. "Kasih itu sabar; kasih itu murah hati. Ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong." (Korintus 13:4)

47. "Iman bukanlah kepercayaan bahwa Tuhan akan melakukan apa yang kamu inginkan. Ini adalah kepercayaan bahwa Tuhan akan memberikan apa yang benar." (Max Lucado)

48. "Ketika kamu memandang salib, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu. Ketika kamu memandang hosti suci, kamu memahami betapa Yesus mencintaimu sekarang." (Santa Teresa Kalkuta)

49. "Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan." (Roma 8:28)

50. "Allah tidak pernah mempertanyakan kemampuan dan ketidakmampuan kita, melainkan kesediaan kita." (Fletcher)

51. "Ketika kamu menyadari bahwa Allah mengasihimu dan bahwa Dia memiliki rencana untuk hidupmu, kamu dapat berjalan dengan kepala tegak—benar-benar percaya diri dengan siapa yang menciptakanmu." (Joyce Meyer)

52. "Kristiani tidak berpikir Tuhan akan mengasihi kita karena kita baik, tetapi Tuhan akan membuat kita baik karena Dia mengasihi kita." (C.S. Lewis)

53. "Kriteria yang baik untuk mengukur keberhasilan Anda dalam hidup ini adalah menghitung jumlah orang yang telah Anda buat bahagia." (Lumsden)

54. "Jika roh Allah yang Maha Kuasa bekerja, jangan pernah berkata, 'Aku tak bisa'." (Oswald Chambers)

55. "Jikalau keangkuhan tiba, tiba juga cemooh, tetapi hikmah ada pada orang yang rendah hati." (Amsal 11:12)

56. "Kasih itu berasal dari Allah dan tiap orang yang mengasihi lahir dari Allah dalam mengenal Allah." (Yohanes 4:7)

57. "Lebih baik merendahkan diri dengan orang yang rendah hati daripada membagi rampasan dengan orang yang congkak." (Amsal 16:19)

58. "Menjadi seorang Kristen berarti mengampuni yang tidak bisa dimaafkan karena Tuhan telah mengampuni yang tidak bisa dimaafkan di dalam dirimu." (C.S. Lewis)

59. "Mereka yang selalu berlutut menghadap Tuhan, akan selalu bisa berdiri menghadapi siapa pun."

60. "Tuhan telah memberi kita dua tangan, satu untuk menerima dan yang lainnya untuk memberi." (Billy Graham)

61. "Tuhan memberikan makanan kepada setiap burung, tetapi Dia tidak melemparkan makanan itu ke dalam sarangnya." (Holland)

62. "Semua akan indah pada waktunya." (Pengkhotbah 3:11)

63. "Bersyukur adalah obat untuk mengatasi ketidakpuasan dalam hidup." (Rufina)

64. "Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur." (Filipi 4:6)

65. "Jangan memperhitungkan harga yang harus kita bayar jikalau kita berdoa, karena Allah telah membayar harga yang sangat mahal supaya kita dapat berdoa." (Freeman)

66. "Seribu kebaikan tidak akan menjadikanmu layaknya malaikat. Tapi dengan satu kesalahan cukup membuat orang lain menilaimu layaknya iblis. Itulah hukum kehidupan yang berlaku di dunia ini."

67. "Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya. Maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." (Matius 6:33)

68. "Pengampunan membuka kunci pintu untuk membebaskan seseorang dan menyadari bahwa kamu adalah tahanannya."

69. "Kasih Tuhan tak memiliki batas, kesetiaan Tuhan juga berlaku tanpa kenal waktu."

70. "Mereka yang terus berlutut di hadapan Tuhan, akan bisa berdiri menghadapi pencobaan yang sulit."

71. "Pencobaan tak akan pernah berhenti melawan, namun kasih Tuhan akan selalu mengiringi."

72. "Setiap usaha dan karya ciptaanmu hari ini, bawalah beserta doa agar Tuhan menjadikannya sempurna."

73. "Jangan pernah biarkan apa yang kamu rasakan menjadikan keraguan dalam diri sehingga memutuskan jalan yang ditetapkan Tuhan."

74. "Tuhan selalu bekerja tanpa kenal waktu, untuk mendatangkan kebaikan serta sukacita bagi yang mengasihi-Nya."

75. “Hidup yang mencerminkan kasih Kristus akan membuat kita rendah hati dan mengasihi orang lain."

76. "Yesus adalah sahabat yang tahu semua kejelekan dan kesalahan Anda. Tetapi, Dia tetap mengasihi Anda."

77. “Jangan minta kepada Tuhan apa yang menurut Anda baik, tetapi mintalah kepada-Nya apa yang menurut dia baik bagi Anda."

78. "Jangan takut pada apa pun, cukup doa dan jalani semua dengan Tuhan Yesus."

79. "Pemenang bukannya tak pernah gagal, tapi tak pernah menyerah."

80. "Jangan pernah coba batasi dirimu dengan kelemahan, sebab Tuhan Yesus akan selalu memberi uluran tangan untuk membantu kita."

81. "Tuhan selalu bekerja ketika kita mencurahkan kegundahan jiwa pada-Nya, dan itu benar-benar bekerja hasilkan wujud nyata."

(brl/red)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/red)