Brilio.net - Selama pandemi covid-19, banyak kegiatan dilakukan dengan menerapkan kegiatan di rumah atau Work From Home (WFH). Meski di era new normal ini ada sebagian kegiatan yang sudah berjalan normal, tapi kegiatan perkuliahan dan sekolah tetap dijalankan di rumah dengan sistem daring atau online.

Tentunya pandemi telah mengubah segalanya. Termasuk pada peran orangtua dalam pendidikan anak saat diharuskan belajar di rumah. Sekolah yang selama ini tidak begitu melibatkan orangtua dalam proses pendidikan anak, kini mulai berbenah yakni menjalin komunikasi dan kolaborasi. Namun, bagi orang tua yang tidak terbiasa mendampingi anak belajar di rumah, tentu hal ini akan menjadi tantangan baru. Tak jarang mereka juga harus membantu sang anak dalam mengerjakan sederet pelajaran dan tugas dari guru.

Namun, aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah. Belajar di rumah penuh tantangan seperti tergoda untuk rebahan, menonton televisi, dan lainnya. Lalu bagaimana cara mendampingi anak belajar di rumah? Berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, 8 tips sukses dampingi anak belajar di rumah selama pandemi, Kamis (1/10).

1. Sediakan tempat khusus untuk belajar.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Sebaiknya sediakan area khusus untuk si kecil belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Tempat yang yang tenang dan nyaman juga akan membantu anak berkonsentrasi. Misalnya selama waktu belajar, sebisa mungkin juga menghindarkan faktor-faktor lain yang mengganggu, seperti TV, telepon, smartphone, suara musik keras dan lainnya.

2. Bagi tugas mengajar sesuai kondisi ibu dan ayah.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan orang tua yakni membagi tugas. Penting bagi kedua orang tua untuk terlibat bersama dalam proses anak belajar di rumah. Ayah dan ibu bisa membagi waktu mendampingi sesuai kesibukan masing-masing. Misalkan ibu mendampingi anak belajar pada siang hari, ayah mendampingi pada malam hari.

3. Atur jadwal dengan baik.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Membuat jadwal harian untuk anak akan membantu orang tua membangun rutinitas dan menetapkan kegiatan. Hindari bersikap otoriter dan mengajak anak berunding mengenai waktu belajarnya setiap hari. Setelah itu sepakati dengan anak maupun pasangan. Jadwal tersebut dapat berisikan kegiatan anak dalam sehari, mandi, makan, belajar, tidur siang dan lainnya hingga waktu tidur lagi.

4. Ketahui gaya belajar anak.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Secara umum terdapat tiga gaya belajar anak yaitu visual, audiotorik dan kinestetik. Dimana pada gaya visual biasanya anak lebih dapat menerima informasi jika orang tua menggunakan ilustrasi seperti gambar. Berbeda dengan tipe audiotorik, anak lebih sensitif terhadap musik dan suara, sehingga belajar dengan teknik bercerita lebih cocok. Ketiga yakni lebih mudah menyerap informasi melalui aktivitas.

Nah, orang tua nggak hanya berhenti dan nyaman dengan satu metode, sebaiknya juga aktif untuk mengamati, meniru, dan memodifikasi sendiri cara belajar paling efektif di rumah.

5. Proaktif dalam menghubungi guru.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Orang tua harus sesering mungkin bertanya atau berbagi informasi tentang perkembangan anak selama belajar di rumah. Jika perlu mengadakan pertemuan lewat video call dengan teman-teman sekolah. Karena bertemu dengan teman-teman meski secara online, dapat meningkatkan semangat anak yang mungkin sempat menurun.

6. Dapat menggunakan materi di situs pendidikan.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Nah, jika orang tua kehabisan bahan ajar untuk mendampingi anak belajar di rumah, tak perlu khawatir. Kemendikbud telah bekerja sama dengan beberapa situs pendidikan resmi yang mendukung pembelajaran secara gratis.

7. Jangan terlalu stres belajar di rumah.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Proses belajar akan berjalan efektif jika anak memiliki suasana gembira. Jangan stres, pastikan orang tua paham dengan cara mengoperasikan alat teknologi.

8. Menambah ilmu dengan mengikuti webinar.

Tips sukses dampingi anak belajar freepik.com

foto: freepik.com

Tak hanya anak saja yang mempelajari sesuatu yang baru, orang tua pun juga bisa menambah ilmu dengan mengikuti webinar. Sebab beberapa webinar juga menawarkan referensi aktivitas selama mendampingi anak belajar di rumah. Bahkan, ada webinar yang menjelaskan tutorial mengajarkan anak menggambar. Tidak harus juga kok mencari webinar berbayar, sebab tak sedikit webinar yang mengadakan webinar gratis selama pandemi Covid-19.

RECOMMENDED BY EDITOR