Brilio.net - Kini, di zaman serba digital membuat banyak orang memenuhi kebutuhan dan keinginannya hanya dengan sentuhan jari di ponsel pintar mereka. Nggak heran jika kebutuhan jasa pengiriman juga ikut naik seiring dengan kenaikan masyarakat dalam berbelanja online.

Jika kamu adalah salah satu pemilik usaha online, maka pasti memiliki beberapa jasa pengiriman yang telah bekerja sama dalam mengirim barang pesanan. Namun, jika kamu baru saja akan memulai sebuah usaha online atau ingin meningkatkan kualitas, sebaiknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya mengenai jasa pengiriman.

Nah, nggak ada salahnya untuk menjadi agen SiCepat agar dapat memenuhi kepuasan pelanggan kamu. Supaya nggak bingung dan salah, di bawah ini ada beberapa tips singkat yang bisa kamu lakukan saat akan memilih jasa pengiriman terpercaya agar dapat membantu pesananmu sampai ke pelanggan dengan tepat, cepat, dan tetap menjaga kualitas barang, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (1/9).

1. Pastikan Dapat Mengirim Barang Secara Tepat Waktu.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Mengantar barang tepat waktu adalah salah satu hal paling penting dalam memilih sebuah jasa pengiriman. Maka dari itu, kamu bisa mencari tahu bagaimana rekam jejak dari jasa pengiriman tersebut, apakah memang mampu mengantarkan barang sesuai dengan estimasi atau tidak. Kamu bisa mencari tahunya dari pebisnis lain atau rekan yang juga menggunakan jasa pengiriman tersebut.

Gunakan juga internet untuk mencari segala informasi yang ingin kamu ketahui. Setiap jasa pengiriman pasti memiliki beragam keluhan di internet, kamu bisa mencarinya dan melihat mana jasa pengiriman yang lebih minim mendapatkan keluhan. Dengan begini, kamu akan lebih mudah dalam menentukan pilihan yang tepat.

2. Pilih yang Populer dan Tersedia di Semua Daerah.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Jasa yang sudah populer dan memiliki nama sejak lama biasanya sudah memiliki rute pengiriman yang lebih luas dibandingkan jasa pengiriman baru. Rute yang luas tentunya memudahkan kamu dalam mengirim paket ke beberapa daerah yang jauh dari kota-kota besar. Hal ini tentunya tidak akan membuat kamu mengalami kendala saat melakukan pengiriman produk ke pelanggan. Kamu juga bisa menjangkau calon pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia dengan mudah.

3. Memiliki Biaya yang Masuk Akal.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Bagi seorang pebisnis harga selalu jadi patokan. Faktor ini harus diperhatikan karena akan mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli produk. Kebanyakan pelanggan akan mengurungkan niat untuk membeli sebuah produk karena terhalang biaya kirim yang mahal. Maka dari itu, kamu bisa memberikan berbagai opsi pengiriman agar lebih bervariasi sehingga pelanggan bisa memilih sesuai dengan harga yang cocok di kantong mereka.

4. Pilih yang Terpercaya.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Jasa pengiriman yang cepat tidak cukup untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Pastikan jasa pengiriman yang kamu pilih mampu memberikan keamanan bagi produk yang dikirim. Hal ini dilakukan karena pelanggan tentunya tak ingin menerima barang yang rusak. Sangat disarankan bagi kamu untuk memilih jenis pengiriman barang yang menawarkan asuransi penggantian jika barang yang dikirimkan rusak pada saat perjalanan menuju lokasi pelanggan.

Dengan asuransi, pelanggan dan penjual tidak akan merasa dirugikan. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap tanggung jawab pembeli dan jasa pengiriman jika kesalahan terjadi.

5. Dapat Dilacak Real Time.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Kebanyakan pelanggan tidak sabar untuk menerima barang yang mereka pesan di toko online. Biasanya mereka juga ingin mengetahui bagaimana proses pengirimannya dan estimasi sampai. Maka dari itu, penjual harus memilih jasa pengiriman yang dapat dilacak secara real time.

Menjadi agen SiCepat di Bukalapak dapat membantu kamu dan pelanggan memantau langsung paket dari aplikasi yang tersedia. Pelanggan akan menjadi lebih santai saat menunggu paket dan kamu juga dapat lebih tenang untuk mengatur pesanan lain tanpa harus direpotkan dengan memberi update kepada pelanggan.

6. Menyediakan Beragam Paket Pengiriman.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Perusahaan jasa pengiriman menyediakan beberapa paket pengiriman dengan estimasi sampai dan harga yang berbeda-beda. Pilihan ini akan membantu pelanggan dalam menyesuaikan kebutuhan dan budget mereka. Pelanggan bisa memilih estimasi yang lebih cepat sampai atau regular sesuai dengan yang mereka inginkan.

7. Terdaftar Resmi dan Terjamin Legalitasnya.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com

Jasa pengiriman barang harus memiliki 3 hal penting yaitu Izin Usaha Pengurusan Transportasi (SIUJPT), terdaftar merek dagang, dan badan usaha harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Jika sudah terdaftar dan memiliki legalitas yang jelas, tentunya perusahaan tersebut dapat menjamin kualitas barang dan memberikan tanggung jawab kepada pelanggan.

8. Ada Layanan Pelanggan.

Tips memilih jasa pengiriman yang tepat © 2022 brilio.net

foto:shutterstock.com.

Tips yang ini harus kamu perhatikan. Sebuah jasa pengiriman harus memiliki layanan pelanggan yang dapat dengan mudah diakses penjual dan pelanggan. Hal ini dilakukan agar saat terjadi kendala saat pengiriman, kamu atau pelanggan bisa menghubungi layanan komplain yang tertera.

Jika ada kendala seperti pengiriman lebih lambat dari estimasi kirim, barang pecah saat di jalan, atau barang rusak, kamu bisa langsung mengajukan komplain. Toko online dan jasa pengiriman barang tentunya harus memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Dengan adanya jasa pengiriman, toko online dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, sementara jasa pengiriman juga akan diuntungkan dengan adanya pemasukan.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan pembeli jika penjual memilih jasa pengiriman yang tepat :

Barang jadi lebih cepat sampai

Kualitas tetap terjaga

Belanja jadi lebih menyenangkan

Hal ini tentunya juga bisa kamu rasakan jika menjadi agen SiCepat. Apalagi ada banyak keuntungan yang dirasakan penjual mulai dari cashback hingga 35% hingga paket dapat dijemput langsung di rumah tanpa kamu harus bolak-balik. Bahkan kamu bisa langsung mengirim 50 paket sekaligus, loh. Jadi, tunggu apalagi? Yuk daftar agen SiCepat di Bukalapak!

(brl/lak)

RECOMMENDED BY EDITOR