Brilio.net - Memadamkan kebakaran hutan bukan perkara mudah. Petugas membutuhkan alat pemadam yang bisa efektif menghilangkan titik api. Sayangnya, lokasinya yang di dalam hutan membuatnya susah dijangkau truk pemadam api biasa.

Banyaknya bahan-bahan mudah terbakar seperti rerumputan kering, ranting pohon, dan kayu membuat kebakaran hutan bisa semakin ganas jika tidak ditangani dengan segera. Jika sudah seperti ini, polusi udara karena asap bisa mencapai pemukiman dan menyebabkan berbagai penyakit seperti infeksi saluran pernapasan atas (ISPA).

Dengan bantuan teknologi, kini pemadam kebakaran bisa lebih efektif dan aman memadamkan kebakaran hutan. Sayangnya, teknologi terkini ini belum digunakan secara efektif di Indonesia. Walaupun seperti itu, seperti apa sih canggihnya?

Dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (22/9) yuk kita simak bareng-bareng.

1. Robot antiapi keluaran Amerika.

Loading...

Robot ini mirip seperti sebuah tank besar. Bisa membawa air sendiri, The Fire Ox bisa menjangkau daerah-daerah terpencil seperti di hutan lebat. Selain digerakkan operator, The Fire Ox juga bisa bergerak sendiri atau autonomous lho.

2. Turbin raksasa seperti mesin jet.

Teknologi ini bisa menyemprotkan air dengan efisien daripada melalui selang seperti biasanya. Pemadam kebakaran bisa berada di jarak aman saat melakukan tugasnya dengan teknologi ini. Turbin unik dari EmiControls ini memang jadi salah satu teknologi terkini di bidang pemadaman kebakaran hutan.

3. Robot pengganti pemadam kebakaran.

Teknologi dari laboratorium robot, Universitas Michigan Amerika Serikat ini dinamai Cassie. Masih masa percobaan, Cassie bisa berjalan melewati lahan terbakar dengan mudah. Rencananya, Cassie akan menggantikan peran pemadam kebakaran ketika memasuki daerah berbahaya.

4. Teknologi satelit.

8 teknologi kebakaran hutan istimewa

foto: nasa.gov

NASA, agensi luar angkasa Amerika Serikat memberikan banyak teknologi terkini untuk melawan kebakaran hutan. NASA menggunakan satelit di luar angkasa untuk melihat deretan titik api dengan jelas. Dengan data ini, pemadam kebakaran bisa membuat strategi terbaik untuk memadamkan kebakaran hutan.

5. Tenda antiapi.

8 teknologi kebakaran hutan istimewa

foto: csmonitor.com

Tenda antiapi ini terbuat dari bahan-bahan yang tahan dengan suhu tinggi karena kebakaran hutan. Pemadam kebakaran bisa menggunakannya untuk menghindari serbuan api yang tak bisa dikontrol. Ada sejak 1977, desain tenda antiapi ini terus mengalami perubahan.

6. Drone.

8 teknologi kebakaran hutan istimewa

foto: csmonitor.com

Drone berperan penting untuk mengetahui situasi terkini di lapangan. Selain itu, drone juga bisa dilengkapi dengan cairan kimia pemadam kebakaran juga lho. Keunggulan drone yang bisa menjangkau daerah terpencil di hutan membuatnya aset yang berharga bagi pemadam kebakaran.

7. Menjatuhkan cairan kimia atau air dari pesawat terbang.

8 teknologi kebakaran hutan istimewa

foto: csmonitor.com

Teknologi pesawat juga berperan penting dalam pemadaman kebakaran hutan. Tak hanya itu, ada juga cairan kimia khusus yang mampu mencegah terjadinya titik api susulan. Tak hanya pesawat, ada juga helikopter yang didesain khusus untuk tugas berbahaya ini lho.

8. Kecerdasan buatan atau AI.

8 teknologi kebakaran hutan istimewa

foto: pixabay.com

Kecerdasan buatan ternyata bisa memprediksi dampak kebakaran hutan dan potensi titik api. Peneliti dari University of California, Irvine (UCI) mengembangkan AI yang bisa memprediksi besarnya sebuah kebakaran hutan. Data ini nantinya bisa digunakan pemadam kebakaran untuk strategi memadamkan api.

RECOMMENDED BY EDITOR