Brilio.net - Penerapan new normal yang berlaku di berbagai wilayah Indonesia, membuat masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru. Bukan hanya di kehidupan rumah tangga saja, tapi juga kehidupan sosial.

Peraturan dan kebiasaan baru ini bisa kamu temukan pada semua aspek kehidupan. Seperti ketika sedang makan di restoran, sedang mengantri di kasir, atau bahkan sedang membawa kendaraan di lampu merah.

Pembatas jarak di beberapa titik lampu merah dibuat unik layaknya garis start MotoGP. Pembatasan jarak dengan menggunakan garis putih, atau bisa juga disebut starting grid ini pertama kali dilakukan oleh Dinas Perhubungan Tuban. Penampakan lampu merah ala MotoGP itu pertama kali dibagikan dalam unggahan video di Instagram.

Video tersebut kemudian viral dan rupanya menginspirasi daerah lain membentuk pembatas jarak yang serupa. Lantas seperti potret dari lampu merah ala MotoGP di berbagai wilayah Indonesia tersebut? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/7).

1. Tuban menjadi daerah yang lebih awal memasang starting grid seperti MotoGP. Video yang telah viral ini ternyata mendapat apresiasi dan respon positif yang luar biasa dari warganet.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@dishub.tuban

2. Pembatasan jarak di lampu merah juga diterapkan di alun-alun Sidoarjo. Pengendara patuh dengan berhenti di starting grid yang sudah dibuat.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@sidoarjo.id

3. Daerah Sumatera, tepatnya di Palembang juga punya garis putih dengan fungsi yang sama, yaitu menjaga jarak pengendara motor.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@palembang.dishub

4. Ditemui di daerah yang berbeda, Dishub Kota Cirebon juga membuat garis putih untuk pengendara di Cirebon agar tetap menjaga jarak selama new normal.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@dishubcirebonkota

5. Dinas Perhubungan di Mojokerto juga memasang pembatas jarak di salah satu lampu merah di Mojokerto.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@dishubkotamojokerto

6. Dishub Bojonegoro bersama dengan Satlantas Polres Bojonegoro menerapkan pembatasan jarak di beberapa lampu merah, seperti lampu merah Jalan Imam Bonjol dan Jalan Hasyim Ashari.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@dishubbjn

7. Memiliki penduduk yang cukup padat, tentu saja pemerintah di daerah Bandung menerapkan starting grid di beberapa wilayah.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@tmcpolrestabesbandung

8. Lampu merah di daerah Sampang juga terlihat terpasang starting grid, yang disusun berjarak satu dengan yang lainnya.

lampu merah ala motogp Instagram

foto: Instagram/@sampangdishub