Brilio.net - Pernah kah kamu tiba-tiba nemu uang di saku belakang celana jinsmu ketika keuanganmu lagi seret? Itu pasti menjadi hal yang berkesan. Yang nominalnya kecil saja bisa bikin girang, apalagi jika dapat sesuatu yang nilainya besar. Ini bukan hanya tentang mendapatkan uang, tapi sensasi mendapatkan sesuatu saat kita tidak mengharapkannya. Apalagi jika yang ditemukan itu adalah harta karun yang bernilai mahal.

Harta tak terduga di bawah tanah, atau biasa kita kenal dengan harta karun, ternyata bukan cuma dongeng. Beberapa orang pernah benar-benar mendapatkannya. Nilainya tak terbayangkan. Berikut adalah beberapa temuan harta karun yang pernah terungkap, seperti dikutip dari Scoopwhoop, Senin (17/7). 'Rejeki anak soleh' banget nih!

1. The Cuerdale Hoard di Sungai Ribble, Cuerdale, Inggris.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Pada tahun 1840, sekitar 8.600 item perak ditemukan di Cuerdale. Kini harta itu dipajang di British Museum.

2. Tilliya Tepe di Jowzjan, Afghanistan.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Tumpukan ini termasuk kalung, medali, mahkota dan berbagai koin yang terbuat dari emas, perak dan gading. Itu ditemukan dari galian enam gundukan pemakaman pada tahun 1978. Sekarang temuan ini dipajang di Museum Nasional Tokyo.

3. Harta Karun Sroda di Sroda Slaska, Polandia.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Vas berisi 3.000 koin perak, mahkota dan perhiasan lainnya ditemukan selama pekerjaan pembongkaran di lokasi tersebut pada tahun 1985.

4. Harta karun Thracian di Panagyurishte, Bulgaria.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Pada tahun 1949, tiga bersaudara, Pavel, Petko, dan Michail Deikov, sedang menggali tanah liat di sebuah pabrik genteng dan menemukan berbagai benda dari emas.

5. Staffordshire Hoard di Hammerwich, Staffordshire, Inggris.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Harta ini ditemukan pada tahun 2009 oleh Terry Herbert menggunakan detektor logam. Pencarian tersebut menghasilkan 3.900 item, setara dengan 5,1 kg emas, 1,4 kg perak dan 3.500 buah perhiasan akik.

6. Hoxne Hoard di Hoxne, Sussex, Inggris.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Eric Lawes menemukan tumpukan ini pada tahun 1992 yang berisi 15.000 koin Romawi dan 200 artefak emas dan perak.

7. Harta Romawi di Kaisarea, Israel.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Harta ini ditemukan pada tahun 2016, berisi antara lain lampu perunggu, patung Dewi Bulan Luna dan koin yang menggambarkan Konstantin, kaisar Kristen pertama.

8. Boot of Cortez di Caborca, Meksiko.

Temuan Harta Karun  © 2017 Scoopwhoop

Ditemukan pada tahun 1989, ini adalah bongkahan emas terbesar yang pernah ditemukan dari belahan barat.