Brilio.net - Kapur tentunya sudah cukup familiar bagi kita semua. Biasanya kapur digunakan untuk menulis di papan tulis hitam. Kapur juga kerap digunakan anak-anak untuk berkreasi di berbagai tempat, seperti aspal dan lainnya.

Ternyata kapur tidak hanya bisa digunakan untuk menulis saja, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapat dari kapur. Batuan karbonat putih yang terkandung di kapur bisa membantu mengurangi masalah dalam keseharian.

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari kapur adalah untuk peralatan rumah tangga. Mudah digunakan dan bisa menghemat uang serta waktu. pesaran? Berikut lansiran brilio.net dari brightside.me, Kamis (5/9).

1. Menghilangkan noda pada pakaian putih.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

Loading...

foto: brightside.me

Terkadang saat kita sedang makan, ada saja makanan yang jatuh ke pakaian. Makanan yang jatuh ke pakaian menyebabkan muncul noda. Biasanya dialami oleh anak-anak.

Jika sudah meninggalkan noda, biasanya butuh tenaga ekstra untuk menghilangkan. Namun kamu bisa menggunakan kapur untuk menghilangkan noda membandel di pakaian.

Cobalah menggosok bagian yang terkena noda dengan sepotong kapur dan tunggu 10 menit. Kemudian kucek dan bilas hingga bersih, hasilnya akan sangat memuaskan.

2. Membersihkan peralatan rumah tangga berbahan perak.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Sendok dan peralatan perak akan memudar seiring berjalannya waktu. Jika itu terjadi, kamu jangan buru-buru untuk membuang atau menyimpannya dan membeli yang baru, karena barang lama tersebut bisa terlihat baru kembali hanya dengan menggunakan kapur.

Tak hanya itu saja, perhiasan berharga berbahan perak juga bisa kembali terlihat baru dengan kapur. Cukup simpan sepotong kapur di dalam kotak perhiasan kamu dan biarkan saja. Sesekali kamu bisa menggantinya dengan kapur baru.

3. Menghilangkan bau apek pada lemari.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Pakaian yang telah lama di lemari biasanya berbau tidak sedap karena pengap. Hal ini memang wajar mengingat lemari ruang tertutup. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa menggunakan kapur.

Kapur mampu menyerap jamur dan bau busuk yang ada di lemari. Ambil beberapa kapur dan letakkan di lemari pakaian. Kamu juga bisa meletakkannya pada tempat-tempat yang berjamur dan lembap.

4. Menghilangkan karat.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Barang menjadi berkarat memang bukan hal aneh, terlebih barang tersebut sudah cukup lama. Karat adalah sesuatu yang akan terjadi ketika mencapai tingkat kelembapan tertentu. Kamu bisa menghilangkan karat hanya dengan kapur. Gosokkan kapur pada bagian yang berkat, hasilnya cukup menakjubkan.

5. Pembasmi serangga.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Biasanya rumah kerap didatangi semut. Meski tidak berbahaya, sering kali kita merasa risih dengan kehadiran serangga-serangga. Untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan kapur. Kamu cukup membuat garis pada bagian yang ingin dilindungi. Dijamin semut tidak akan mendekati garis tersebut.

6. Mencerahkan baju.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Menjaga pakaian putih agar tetap bersih memang cukup sulit, meski sudah menggunakan deterjen terbaik. Terkadang warna pakaian masih terlihat kusam.

Pakaian putih akan berubah warna menjadi kekuningan seiring berjalannya waktu. Namun dengan kapur, kamu bisa menghilangkan warna kusam pada pakaian putih. Kapur membantu mempertahankan warna putih dan menjaga pakaian putih tetap putih cerah.

Kamu cukup menggosokkan kapur pada pakaian putih, lalu diamkan selama 10 menit, kemudian bilas bersih.

7. Menghilangkan noda di dinding.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto: brightside.me

Dinding juga akan terlihat kusam seiring berjalannya waktu, banyak noda dan jamur yang menempel. Biasanya kerap terjadi pada dinding dapur. Untuk mengatasinya kamu cukup menggunakan kapur.

Ambil sepotong kapur yang sesuai dengan warna dinding, gosokkan pada noda yang ingin dihilangkan. Lakukan secara perlahan.

8. Membersihkan kuku.

Manfaat kapur untuk rumah tangga istimewa

foto:brightside.me

Tak hanya berfungsi untuk mengatasi permasalahan rumah tangga, kapur juga bisa menjadi bahan kecantikan lho. Kamu bisa menggunakan kuku untuk membersihkan kuku.

Caranya cukup mudah, ambil sikat kecil, lalu gosokkan pada kapur. Kemudian bersihkan kuku dengan sikat tersebut. Lalukan secara perlahan, dan lihat saja hasilnya akan membuat kuku tampak begitu bersih.

RECOMMENDED BY EDITOR