Brilio.net - Tanaman hias indoor jadi salah satu koleksi terbaik untuk melepaskan rasa penat. Merawat dan menjaganya agar tetap sehat, akan membantumu untuk lebih rileks dari tuntutan pekerjaan sehari-hari. Pasalnya, warna-warna cantik pada tanaman hias akan membuat pandangan menjadi lebih segar. Apalagi, efek sejuk yang diberikan juga membuat suasana rumah atau ruanganmu jadi lebih nyaman. Termasuk juga saat kamu memilih untuk merawat tanaman aglonema. Tanaman ini nggak hanya akan memperindah areamu, tapi juga memberikan banyak keuntungan.

Tanaman aglonema atau aglaonema, memiliki julukan tanaman sri rejeki. Tanaman ini diyakini sebagian orang dapat memberikan keberuntungan untuk pemiliknya. Selain itu, jenisnya yang beragam dengan tampilan yang cantik juga jadi faktor tanaman hias ini laku di pasaran. Ditambah lagi, aglonema juga nggak sulit untuk dirawat untuk pemula nih.

Nah nggak hanya itu saja, masih ada beberapa keistimewaan dari aglonema sebagai tanaman indoor lho. Mau tahu? Yuk simak jawabannya dalam ulasan brilio.net dari Rolling Plants dan berbagai sumber pada Kamis (4/2) berikut ini.

1. Mudah dirawat.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Loading...

Terkadang, sebagian orang masih memikirkan repotnya merawat tanaman hias. Mulai dari pemilihan pupuk, pemberian air, sampai dengan asupan sinar mataharinya. Namun hal itu nggak berlaku untuk tanaman aglonema. Pasalnya, tanaman hias ini mudah untuk kamu tanam dan rawat bahkan di dalam rumah. Nggak banyak pantangan atau aturan khusus dalam merawat aglonema. Sehingga buat kamu para pemula pun bisa memulai dengan merawat aglonema sebagai tanaman hias indoormu.

2. Mudah beradaptasi.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Selain mudah untuk ditanam, aglonema juga cukup mandiri dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Sehingga kamu bisa nggak akan kerepotan saat memperhatikan perkembangannya. Ketika sudah terbiasa merawat, kamu juga bisa mulai melirik jenis aglonema lain untuk menambah deretan koleksimu. Sehingga suasana ruangan atau sudut rumahmu akan terasa semakin asri.

3. Tidak butuh pencahayaan khusus.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Pemberian asupan sinar matahari jadi salah satu faktor penting untuk pertumbuhan tanaman. Eits tapi jangan khawatir, untuk aglonema dapat tetap bertahan meski berada di ruangan yang minim pencahayaan. Kamu nggak perlu takut daunnya akan layu saat menempatkannya di sudut ruangan. Berkaitan dengan kemampuan beradaptasi, aglonema menjadi istimewa karena dapat tumbuh subur dengan asupan cahaya matahari yang banyak maupun sedikit. Praktis banget bukan?

4. Dapat membuat udara menjadi bersih.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Yaps, ini dia salah satu keistimewaan unik dari tanaman aglonema. Tanaman hias ini mampu menjaga kualitas udara agar tetap bersih. Bahkan NASA menetapkan tanaman aglonema menjadi flora yang efektif membasmi polutan rumah tangga, termasuk formaldehida dan benzena yang ada di udara. Maka dari itu, ketika kamu menempatkan di dalam ruangan, aglonema akan membersihkan polusi yang ada di ruangan tersebut. Hal ini pun akan membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan tenang ketika berada di dekatnya.

5. Memiliki banyak varietas.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Ini dia salah satu keistimewaan dari tanaman aglonema dibandingkan dengan tanaman lainnya. Aglonema mempunyai banyak varietas yang bisa membuatmu jatuh cinta. Setidaknya ada dua puluh varietas aglonema yang memiliki keistimewaannya masing-masing. Meski beberapa terlihat serupa, tapi jika diperhatikan akan ada kelebihan tersendiri baik dari segi daun ataupun batangnya. Hal ini juga yang membuat aglonema dibanderol dengan harga yang bervariasi di pasaran.

6. Membawa keberuntungan.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Bukan rahasia lagi kalau tanaman aglonema disebut jadi salah satu yang membawa keberuntungan untuk pemiliknya. Menariknya, menurut fengshui aglonema termasuk salah satu tanaman yang diyakini bisa membawa keberuntungan ke dalam rumah. Tanaman ini terkenal panjang umur dan memiliki penampilan yang mencolok. Jadi, si penanam aglonema diharapkan bakal memiliki kualitas yang sama.

7. Memiliki pertahanan yang baik.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © freepik.com

foto: freepik.com

Sebagian besar tanaman akan tumbuh subur dan sehat jika disiram secara teratur, begitu juga dengan aglonema. Tapi, kalau kamu secara terpaksa harus meninggalkan aglonema berhari-hari tanpa disiram, ia masih dapat bertahan dengan baik. Ya, hal inilah salah satu kelebihan menarik dari aglonema sebagai tanaman hias indoor. Sehingga kamu hanya perlu menyiram tanaman saat kondisi tanahnya mulai mengering. Dengan begitu, tanaman bisa tetap sehat tanpa membuatmu kerepotan dalam merawatnya.

8. Mudah dibudidayakan.

Keistimewaan aglonema sebagai tanaman indoor © Istimewa

foto: the_greenery_depot

Setelah dapat merawat dengan baik, kamu bisa juga nih coba untuk membudidayakan tanaman aglaonema. Pasalnya bisnis aglonema juga bisa memberikan keuntungan dari segi ekonomi. Dengan peminatnya yang banyak, cara ini jadi salah satu jalan yang menjanjikan untuk banyak orang. Nah kamu bisa membudidayakan aglonema dengan beberapa cara. Mulai dari budidaya dari biji, budidaya dengan stek, budidaya dengan cangkok, sampai budidaya dengan pemisahan anakan.

RECOMMENDED BY EDITOR