Brilio.net - Banyak orang mengenal Sukarno sebagai proklamator RI sekaligus Presiden pertama. Padahal, Sukarno juga seorang arsitek ternama. Ia lulusan Technische Hoogeschool (sekarang jadi ITB) dan sangat menyukai mata kuliah menggambar yang diajarkan oleh C.P. Wolff Schoemaker (arsitek Villa Isola, Observatorium Bosscha, dll).

Usai lulus kuliah, Bung Karno membantu proyek BOW (Departement van Burgerlijke Openbare Werken atau Departemen Pekerjaan Umum). Ia kemudian magang di kantor gurunya dan menjadi juru gambar proyek paviliun di Hotel Preanger, Bandung.

Lantaran cintanya pada dunia arsitektur, ia mendirikan biro arsitektur bersama kawannya yang bernama Anwari. Di kemudian hari Sukarno menggandeng adik angkatannya yang tidak aktif di politik untuk mendirikan biro arsitektur yang baru, dialah Roosseno Soerjohadikoesoemo (kelak jadi Profesor di ITB dan menjadi Bapak Beton Indonesia).

Kepandaiannya di bidang arsitektur itulah yang kemudian mempengaruhi gaya arsitektur beberapa bangunan di Indonesia. Apa saja sih gaya arsitektur yang awalnya merupakan ide dari Bung Karno. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber 8 karya arsitektur di Tanah Air yang idenya dari Bapak Proklamator RI ini.

 

1. Masjid Istiqlal

c © 2017 brilio.net
foto: simas.kemenag.go.id


Masjid Istiqlal adalah masjid di pusat kota Jakarta. Masjid ini adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Sukarno pada tanggal 24 Agustus 1951. Arsitek masjid ini adalah Frederich Silaban.

 

2. Monumen Nasional

v © 2017 brilio.net
foto: tempatwisataunik.com


Monumen Nasional atau biasa dikenal dengan Monas berada di kota Jakarta yaitu di Lapangan Monas Jakarta Pusat. Tugu ini dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat melawan penjajah Belanda.

Monas dibangun pada tahun 1959 dan selesai pada tahun 1960. Tugu ini diarsiteki oleh R.M. Soedarsono dan Friedrich Silaban (arsitek Mesjid Istiqlal), dengan konsultan Ir. Rooseno. Resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

 

3. Wisma Nusantara

v © 2017 brilio.net
foto: wismanusantara.com


Wisma Nusantara adalah gedung perkantoran setinggi 117 meter dan 30 lantai yang terletak di Bundaran HI, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1964 dan selesai dibangun pada tahun 1967 dan merupakan gedung pencakar langit pertama di Indonesia.

 

4. Patung Dirgantara

v © 2017 brilio.net
foto: ariesaksono.files.wordpress.com


Patung ini dirancang oleh Edhi Sunarso sekitar tahun 1964 – 1965 dengan bantuan dari Keluarga Arca Yogyakarta. Sedangkan proses pengecorannya dilaksanakan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta pimpinan I Gardono. Berat patung yang terbuat dari perunggu ini mencapai 11 Ton. Sementara tinggi patung itu sendiri adalah 11 Meter, dan kaki patung mencapai 27 Meter. Proses pembangunannya dilakukan oleh PN Hutama Karya dengan Ir. Sutami sebagai arsitek pelaksana.

 

5. Hotel Indonesia

v © 2017 brilio.net
foto: wikimapia


Hotel Indonesia diresmikan pada tanggal 5 Agustus 1962 oleh Bung Karno untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962. Bangunan hotel dirancang oleh arsitek Abel Sorensen dan istrinya, Wendy, asal Amerika Serikat. Menempati lahan seluas 25.082 meter persegi, hotel ini mempunyai slogan A Dramatic Symbol of Free Nations Working Together.

 

6. Gedung DPR/MPR

v © 2017 brilio.net
foto: iqmaltahir.wordpress.com


Gedung ini dulunya bernama gedung Conference of The New Emerging Forces (CONEFO). Gedung ini dibangun atas gagasan Presiden Sukarno untuk membentuk suatu kekuatan blok baru yang beranggotakan negara-negara berkembang untuk menyaingi 2 kekuatan blok sebelumnya (Blok Uni Soviet dan Blok Amerikat Serikat).

 

7. Gedung Sarinah

v © 2017 brilio.net
foto: panduwisata.id


Sarinah adalah pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dan 15 lantai di Menteng, Jakarta. Gedung ini mulai dibangun tahun 1963 dan diresmikan pada tahun 1967 oleh Sukarno. Nama Sarinah berasal dari nama pengasuh Sukarno pada masa kecilnya

 

8. Stadion Gelora Bung Karno

v © 2017 brilio.net


Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola. Stadion ini untuk menghormati Sukarno, Presiden Republik Indonesia pertama, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini.