Brilio.net - Saat ini, Instagram menjadi media sosial favorit. Tidak hanya remaja, Instagram juga digemari oleh para orang tua. Situs yang juga disebut dengan IG ini memungkinkan pengguna mengambil foto, video, menerapkan filter digital, serta membagikannya ke berbagai jejaring sosial.

Selain memungkinkan pengguna mengambil foto dan video secara gratis, IG juga bisa dijadikan sebagai tempat mengekspresikan diri. Kita bebas mengunggah foto ataupun video apapun di akun Instagram. Bahkan, akhir-akhir ini Instagram dijadikan sebagai tempat berbisnis. Tak sedikit juga yang bergelut di dunia Instagram sampai menjadi selebgram atau pesohor di Instagram.

Tentunya jika kita membicarakan Instagram, tak bisa lepas dari yang namanya follower atau pengikut. Dengan adanya follower atau pengikut, membuat akun Instagram kita semakin ramai. Layaknya teman, pengikut di Instagram akan berkomentar dan memberikan like atau tanda hati pada foto atau video yang kita unggah. Dengan begini, video atau foto yang kita unggah pun semakin dikenal luas.

Semakin banyak follower, maka semakin ramai pula Instagram. Jumlah follower yang banyak ini bisa jadi peluang untuk usaha jika cerdas menangkap momen. Akun Instagram bisa dijadikan media promosi atau memasarkan produk. Tak sedikit juga yang rela mengeluarkan bujet lebih untuk membeli pengikut agar Instagram lebih ramai dan keren seperti selebgram.

Bagi kamu yang tak memiliki bujet khusus atau uang lebih untuk beli follower, nggak usah khawatir. Pasalnya, ada cara mudah untuk menambah follower Instagram. Selain mudah, nggak butuh biaya alias gratis. Menarik, bukan?

Loading...

Berikut beberapa cara menambah pengikut Instagram dengan mudah dan gratis dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (13/11).

- Keuntungan banyak follower di Instagram:

Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika memiliki banyak pengikut di Instagram. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Tempat berbisnis online.

Saat ini, berbisnis online adalah pekerjaan yang banyak dilakukan orang-orang. Selain memang banyak yang gemar membeli barang secara online, bisnis online juga dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Tidak membutuhkan modal yang banyak untuk menyewa tempat, kita hanya perlu mempunyai akun Instagram dan waktu luang.

Jika sudah memiliki banyak follower, tentu saja bisa dimanfaatkan untuk jualan. Kamu bisa menjual menjual barang-barang yang tidak terpakai atau  preloved secara mudah. Selain itu, buat yang suka bikin kerajinan tangan bisa memanfaatkan Instagram untuk menambah penghasilan. Dengan banyaknya pengikut, produk pun akan semakin dikenal luas.

2. Menambah relasi dan koneksi.

Jika akun Instagram memiliki banyak pengikut, maka teman yang terhubung dengan akun semakin banyak. Dengan bertambahnya pengikut, siapa saja bisa menjalin relasi. Dari pertemanan dunia maya bisa berujung pada partner bisnis.

Bahkan, kamu juga bisa bertemu dengan teman lama atau teman dari banyak daerah yang bisa membantu mencari informasi atau mendapat informasi baru.

3. Tambahan uang dan popularitas.

Tentunya jika sudah memiliki pengikut yang sangat banyak, namamu bisa dikenal secara luas. Hal ini bisa jadi peluang untuk mendapatkan popularitas seperti Awkarin, Rachel Vennya dan selebgram lainnya. Dengan Instagram, kamu bisa membagikan kegiatan seru dan menarik seperti para selebgram.

Selebgram sendiri bisa dibilang konten kreator. Mereka merapikan feeds Instagram, serta memberi efek serta filter untuk penampilan yang keren.

Menjadi selebgram memang menjadi impian sebagian orang, selain karena menjadi populer, tawaran pekerjaan dan tambahan uang pun mudah didapat. Tidak perlu ke kantor, kamu bisa mendapat uang dari Instagram.

Cara menambah follower Instagram mudah dan gratis:

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang didapat ketika memiliki banyak pengikut di Instagram, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah pengikut dengan mudah dan gratis:

1. Tidak mem-private akun.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Jika kamu mem-private atau mengunci akun, maka orang tidak akan leluasa melihat postingan. Selain itu, mereka harus menunggu untuk bisa mengikuti akun Instagram.

Dengan membiarkan akun Instagram terbuka akan membuat unggahan mendapat banyak like dan komentar dari pengguna lain. Mereka bisa memberikan like pada fotomu walaupun nggak mengikuti akun. Dengan begini, memungkinkan unggahan masuk ke fitur explore, sehingga orang lain akan melihat dan tertarik untuk mengikuti akun milikmu.

2. Follow dan komen di akun selebriti.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Meski tergolong cara jadul, follow dan komen di akun Instagram selebriti terbukti efektif menambah pengikut. Caranya cukup mudah, follow akun-akun selebriti atau publik figur besar kemudian berikan komentar di postingan mereka.

Biasanya, pengikut akun artis tersebut merupakan fans dan menganggap bahwa kamu memiliki ketertarikan serta fans dari seleb tersebut. Dengan begini, mereka akan mulai mem-follow akun Instagram milikmu.

3. Follow akun baru dari Instagram selebriti.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Ikutilah akun Instagram artis atau selebgram yang memiliki banyak followers dan cepat bertambah. Jika telah menemukannya, buka opsi follower atau pengikut mereka. Akun yang baru saja mengikuti artis tersebut biasanya berada pada posisi atas.

Follow atau ikuti setidaknya 10-15 akun dengan jeda sekitar 10 menit untuk melanjutkan mengikuti akun lainnya. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari banned akibat penambahan follower yang tidak wajar. Jika sudah diikuti balik oleh akun yang kalian follow, kalian pun bisa memilih untuk terus mengikuti atau unfollow akun tersebut.

4. Follow dan unfollow.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Follow dan unfollow merupakan lanjutan dari cara ketiga. Setelah menemukan dan mengikuti akun yang banyak pengikutnya, langkah selanjutnya adalah meng-unfollow lalu follow kembali hingga beberapa kali. Lakukan cara ini dengan jeda 1-2 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari akun  terkena suspend. Dalam waktu yang singkat, maka follower akan meningkat banyak.

5. Posting konten di waktu yang tepat.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Dengan mengunggah konten di waktu yang tepat, maka unggahan baru akan dilihat oleh banyak orang. Selain itu memungkinkan foto atau video yang diunggah mendapat banyak like dan komentar sehingga orang pun akan tertarik untuk mengikuti akun Instagram.

6. Gunakan hashtag.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Cobalah gunakan tagar atau hashtag ketika mengunggah suatu konten. Dengan menggunakan hashtag, orang lain akan lebih mudah menemukan foto atau video unggahanmu, hal ini dikarenakan fotomu telah dikelompokkan berdasarkan hashtag yang sama.

Misalnya ketika seusai berkunjung ke sebuah tempat wisata, kamu bisa mengunggah foto di Instagram. Jangan lupa tambahkan tagar atau hastag tambahan pada bagian caption. Lalu cobalah untuk tag atau mention akun-akun travel besar yang sesuai dengan konten unggahan terbarumu. Dengan ini, orang lain akan melihat foto dan memberikan like apalagi jika hasil jepretanmu terlihat bagus. Bahkan tak jarang, akun yang kena tag akan mengunggah ulang foto ke feed mereka.

Seketika, orang-orang akan membuka hingga mengikuti akun Instagrammu. Tetapi, jangan sembarangan dalam menggunakan hashtag. Sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu hashtag apa yang sesuai dengan foto atau video yang kita unggah. Perlu diketahui, penggunaan 11 sampai 30 hashtag dalam satu foto akan lebih memancing pengguna lain di Instagram.

7. Beri caption yang keren.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Caption atau keterangan foto adalah salah satu hal yang cukup dilihat oleh orang lain. Caption yang baik dan keren akan lebih mudah menarik simpati orang. Gunakan quotes kece dari penulis atau tokoh terkenal sehingga bisa menambahkan tokoh tersebut dalam hashtag.

Cek kembali keterangan foto dan jangan sampai typo atau salah ketik. Kamu juga bisa memberikan pertanyaan di akhir caption untuk mengundang respons dari orang lain.

8. Gunakan filter dan foto yang berkualitas.

Cara menambah followers Instagram mudah © 2019 brilio.net

foto: pixabay

Menggunakan filter atau efek foto yang berkualitas akan memperindah foto. Dengan penggunaan filter, feeds Instagram terlihat lebih rapi dan keren seperti akun para selebgram.

Akun dengan feeds keren dan rapi, tentu akan menarik banyak orang. Dengan begini, orang-orang akan tertarik untuk mengikuti Instagram.

mgg/Hameda Rachma

RECOMMENDED BY EDITOR