Brilio.net - Motto hidup merupakan kalimat motivasi yang biasanya memiliki kekuatan tersendiri untuk seseorang, dalam mencapai sesuatu di hidupnya, seperti cita-cita, harapan, dan lain sebagainya. Ada beberapa tokoh yang kerap membagikan kata-kata bijak yang bisa dijadikan sebagai motto hidup. Salah satunya yakni Kahlil Gibran.

Kahlil Gibran adalah seorang seniman Lebanon-Amerika, penyair dan penulis. Lahir di kota Bsharri, Lebanon, ia bermigrasi dengan keluarganya ke Amerika Serikat di mana ia belajar seni dan memulai karier sastra. Di dunia Arab, Gibran dianggap sebagai pemberontak sastra dan politik, gaya romantisnya berada di jantung renaissance dalam sastra Arab modern, khususnya puisi prosa.

Sebagai seniman dan sastrawan, banyak kata-kata mutiara Khalil Gibran yang bisa dijadikan sebagai motto hidup. Nggak hanya bijak dan penuh makna, motto hidup dari Kahlil Gibran ini akan terdengar puitis ketika diucapkan. Berikut 75 motto hidup Kahlil Gibran, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (18/11).

Motto hidup Kahlil Gibran tentang kehidupan.

Motto hidup Kahlil Gibran © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. "Bangunlah pada fajar dengan hati yang bersayap dan berikanlah terima kasih kepada Tuhan untuk satu hari lagi untuk mencintai-Nya."

2. "Ketika Anda mencapai jantung kehidupan, Anda akan menemukan kecantikan dalam segala hal, bahkan pada mata yang buta akan keindahan."

3. "Jika kamu tidak bekerja dengan cinta, tetapi hanya dengan kebencian, lebih baik tinggalkan pekerjaanmu."

4. "Hidup tanpa cinta bagaikan sebatang pohon yang kokoh berdiri, namun kering tanpa dihiasi buah ataupun bunga."

5. "Jika orang lain menghina Anda, Anda mungkin melupakan penghinaan itu; tapi jika Anda menghina orang lain, Anda akan selalu mengingatnya."

6. "Banyak hal yang kucintai, tetapi ternyata dibenci orang-orang. Sedangkan hal-hal yang kubenci, ternyata mereka cintai. Hal-hal yang kucintai saat masih kanak-kanak tetap kucintai sampai saat ini. Dan yang kucintai saat ini akan kucintai sampai akhir kehidupan nanti. Sebab menurutku cinta adalah segala yang dapat menghilangkannya dariku."

7. "Kejujuran adalah sebuah kebaikan terdalam yang mengajarkan kita untuk bersyukur pada hidup kita sendiri dan membagi kebahagiaan tersebut dengan orang-orang."

8. "Anak-anakmu bukan anak-anakmu. Mereka adalah putra dan putri kehidupan yang merindukan dirinya sendiri."

9. "Rasa sakit dan kebodohan hanya akan menuntun kamu menuju kebahagiaan dan pengetahuan yang penuh, karena kebijaksanaan yang sebenarnya tidak akan menciptakan apapun di bawah sinar matahari."

10. "Saya membasuh tangan saya dari segala sesuatu yang bersifat sok tahu akan pengetahuan, diam kepada ketidakpedulian dan keingintahuan akan seni."

11. "Ketika kamu merasa kamu tidak beruntung dan sedih, lihatlah kembali ke dalam hatimu dan kamu akan melihat dalam kebenaran bahwa kamu sebenarnya menangis pada yang seharusnya kamu syukuri."

12. "Tidak ada satu orang pun yang dapat menunjukkan padamu apa yang sudah ada dalam pikiran bawah sadar dirimu."

13. "Persahabatan selalu merupakan sebuah tanggung jawab yang manis, bukanlah sebuah kesempatan,"

14. "Kamu telah diberitahu bahwa, bahkan seperti sebuah rantai, kamu itu sangat lemah selemah titik lemah dirimu, tetapi ini hanyalah sebagian dari kenyataan, karena kamu juga sekuat titik terkuat dirimu."

15. "Kita telah memilih yang mana kebahagiaan kita dan yang mana kesedihan kita jauh sebelum kita mengalami hal-hal tersebut."

16. "Sebuah aksi paling kecil tentang kebaikan jauh lebih berharga dari pada keinginan terhebat namun belum diwujudkan."

"Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah."

17. "Para guru yang bijaksana tidak menawari Anda untuk masuk ke dalam rumah kebijaksanaan, melainkan membawakannya ke ambang pikiran Anda."

18. "Bangunlah pada pagi hari dengan sayap hati mengepak, dan bersyukurlah atas datangnya satu lembar hari yang penuh kasih."

19. "Kerja ialah cinta yang dibuat tampak."

20. "Orang-orang adil dekat di hati rakyat, tapi orang orang penyayang dekat dengan hati Tuhan."

21. "Pengetahuan tentang diri adalah ibu dari semua pengetahuan."

22. "Keyakinan merupakan suatu pengetahuan di dalam hati, jauh tak terjangkau oleh bukti."

23. "Kesakitanmu merupakan penghancuran cangkang yang menutupi pemahamanmu."

24. "Kebingungan adalah awal pengetahuan."

25. "Kehidupan sehari-hari anda adalah tempat ibadah dan agamamu. Ketika kamu memasukinya, masuklah dengan seluruh hati dan jiwamu."

Motto hidup Kahlil Gibran tentang cinta.

Motto hidup Kahlil Gibran © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

26. "Cinta adalah kebahagiaan yang terus berdegup."

27. "Cinta adalah wujud keabadian yang paling sejati.

28. "Cinta membuka mataku dengan keindahannya, dan membeli jiwaku dengan kehangatan jemarinya."

29. "Cinta turun ke dalam roh kita melalui kehendak Tuhan, dan bukan melalui kemauan manusia sendiri."

30. "Cinta, seperti kematian, mengubah segalanya."

31. "Terpujilah cinta yang mampu mengisi kesepian manusia, dan mengakrabkan hatinya dengan manusia lain."

32. "Cinta dan kehampaan diri kita adalah bagaikan pasang dan surut laut."

33. "Cinta dan keraguan tidak pernah saling berbicara."

34. "Cinta itu burung yang indah, yang mengemis untuk ditangkap tapi menolak tuk dilukai.

35. "Hidup tanpa cinta adalah seperti pohon tanpa bunga atau buah."

36. "Cinta ibarat mata air abadi, yang selalu mengalirkan kesegaran bagi jiwa-jiwa dahaga. Bagaikan anggur nikmat, yang manis di bibir menghangatkan badan, tetapi tidak jarang juga memabukkan."

37. "Cinta, cinta mengelilingi setiap ciptaan dan terus bertambah dengan perlahan untuk meliputi semua yang membutuhkannya."

38. "Cinta yang hadir di antara kenaifan dan kebangkitan anak-anak muda memuaskan cintanya dengan rasa saling memiliki, dan cintanya mekar dalam pelukan-pelukan mesra."

39. "Di dalam cinta dan kedunguan, setiap akal lelaki menjadi raja, dan hati setiap wanita menjadi dukun."

40. "Kemurahan hati berarti memberikan sesuatu lebih dari yang kamu bisa, dan kebanggaan adalah mengambil lebih sedikit dari yang kamu perlukan."

41. "Keindahan sejati terletak pada keserasian spiritual yang diberi nama cinta. Yang dapat bersarang di antara seorang lelaki dan seorang wanita."

42. "Cinta tidak akan pernah diketahui kedalamannya sampai merasakan jam-jam perpisahan."

43. "Cinta berlalu di depan kita, terbalut dalam kerendahan hati, tetapi kita lari darinya dalam ketakutan, atau bersembunyi di dalam kegelapan, atau yang lain mengejar, untuk berbuat jahat atas namanya."

44. "Cinta yang hadir di antara kenaifan dan kebangkitan anak-anak muda memuaskan cintanya dengan rasa saling memiliki, dan cintanya mekar dalam pelukan-pelukan mesra."

45. "Cinta yang tak lain adalah Tuhan akan menerima aroma napas dan air mata kita seakan-akan ia adalah kepulan asap dupa, dan memberi pahala kepada kita sebagaimana mestinya."

46. "Cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena ia begitu tinggi mengangkat jiwa, dimana hukum-hukum kemanusiaan dan kenyataan alam tidak mampu menemukan jejaknya."

47. "Bekerja dengan rasa cinta, berarti menyatukan diri dengan diri kalian sendiri, dengan diri orang lain dan kepada Tuhan. Tapi bagaimanakah bekerja dengan rasa cinta itu? Bekerja dengan cinta bagaikan menenun kain dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmu yang akan memakainya kelak."

48. "Dari penderitaan akan muncul jiwa-jiwa yang kuat."

49. "Tak ada satu kekuasaan pun di alam ini yang mampu merampas kebahagiaanku. Karena kebahagiaan ini memancar dari rengkuhan dua jiwa yang dipadukan oleh saling pengertian, dan dipayungi oleh cinta kasih."

50. "Lihatlah diriku, sebuah kata yang maknanya samar-samar dan membingungkan, kadangkala tak bermakna, kadangkala bermakna banyak hal."

Motto hidup Kahlil Gibran penuh makna.

Motto hidup Kahlil Gibran © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

51. "Temanmu adalah kebutuhan menjawabmu."

52. "Orang yang kamu pikir bodoh dan tidak penting adalah seseorang yang datang dari Tuhan, yang mungkin mempelajari kebahagiaan dari kesedihan dan pengetahuan dari kegelapan."

53. "Untuk memahami hati dan pikiran seseorang, jangan lihat apa yang sudah dia capai, tapi lihat pada apa yang dia cita-citakan."

54. "Iman adalah sebuah mata air di dalam hati yang tidak akan pernah dicapai oleh kumpulan pemikiran apapun."

55. "Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah."

56. "Orang yang kuat bukan mereka yang selalu menang. Melainkan mereka yang tetap tegar ketika mereka jatuh."

57. "Hidup tanpa kebebasan seperti tubuh tanpa roh."

58. "Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang dia peroleh, melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih."

59. "Persahabatan bukanlah sebuah kesempatan, tapi merupakan tanggung jawab yang manis."

60. "Kecantikan bukan berada pada raut wajah, dia terpancar bagai serunai sinar dari dalam hati."

61. "Semua perkataan kita, hanyalah remah-remah yang jatuh dari pesta pikiran."

62. "Kecantikan adalah menatap keabadian diri sendiri dalam cermin."

63. "Bunga-bunga padang adalah anak-anak kasih semesta alam, dan anak-anak manusia adalah bunga-bunga cinta dan kasih sayang."

64. "Ketika kita pergi ke orang lain untuk berkonsultasi, kita mengurangi jumlah musuh kita."

65. "Jika manusia kehilangan sahabatnya, dia akan melihat sekitarnya dan akan melihat sahabat-sahabatnya datang dan menghiburnya. Akan tetapi, apabila hati manusia kehilangan kedamaiannya, dimana kah dia akan menemukannya, bagaimana kah dia akan bisa memperolehinya kembali?"

66. "Jika engkau dalam kecemasan, hanya kedirian cinta dan kesenangannya yang engkau cari, maka lebih baiklah bagimu menutupi tubuh. Lalu menyingkir dari papan penempaan, memasuki dunia tanpa musim, di mana engkau dapat tertawa, namun tidak sepenuhnya. Tempat engkau pun dapat menangis, namun tidak sehabis air mata."

67. "Manusia mencengkeram harta kekayaan yang membeku bagai salju, namun obor cinta kasih senantiasa ku cari, agar nyala apinya menyucikan hatiku dan menghanguskan benih penyakit kedurhakaan. Karena himpitan kebendaan membunuh manusia, pelan tanpa derita, cinta kasih membuatnya terjaga, dan perih menghidupkan kepekaan jiwa."

68. "Cinta adalah karunia Tuhan kepada jiwa-jiwa yang peka dan agung. Haruskah kita campakkan kekayaan ini dan kita biarkan babi-babi itu memporak-porandakan dan menginjak-injaknya. Dunia begitu penuh keajaiban dan keindahan. Lalu mengapa kita hidup dalam terowongan sempit yang digali oleh pendeta itu untuk kita. Hidup penuh dengan kebahagiaan dan kebebasan, mengapa kita tetap membiarkan belenggu di pundak dan kita patahkan rantai yang menjerat kaki kita, lalu berjalan bebas menuju kedamaian."

69. "Cinta tiada lain kecuali maknanya. Namun jika engkau mencintai dengan banyak keinginan, wujudkan menjadi keinginanmu; Luluhkan hati, mengalir bagai kali, nyanyikan lagu persembahan malam, kenali kepedihan kemistraan yang terlalu dalam, merasakan luka akibat pengertianmu sendiri tentang cinta, serta meneteskan darah duka dan cita, terjaga di fajar dengan hati seringan awan. Menyusuri hati penuh sinar cinta."

70. "Kelembutan dan kebaikan bukanlah tanda-tanda kelemahan dan putus asa, tetapi adalah penjelmaan sebuah kekuatan."

71. "Sedikit pengetahuan yang dirubah dalam tindakan jauh lebih bernilai daripada banyak pengetahuan tapi hanya diam."

72. "Ketika kita pergi ke orang lain untuk berkonsultasi, kita mengurangi jumlah musuh kita."

73. "Arus air berlari dan bergelombang di antara batu karang, dan menyanyikan lagu cinta."

74. "Jika hatimu adalah sebuah gunung berapi, bagaimana bisa kamu mengharapkan bunga untuk mekar?"

75. "Keraguan adalah rasa sakit yang terlalu sepi untuk mengetahui bahwa keyakinan adalah saudara kembarnya."

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR