Brilio.net - Setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan. Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan karena pada 10 November 1945 terjadi pertempuran hebat antara pejuang menghadapi tentara penjajah di Kota Surabaya.

Hari Pahlawan pada 10 November ini diperingati bangsa Indonesia sejak 16 Desember 1959, melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) No. 316 Tahun 1959. Dengan adanya peringatan Hari Pahlawan, diharapkan masyarakat akan menghormati, menghargai, dan mengenang jasa para pahlawan yang berhasil merebut kemerdekaan. Hari Pahlawan juga identik dengan semangat juang, di mana semangat tersebut digunakan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur.

Ada berbagai cara untuk mengenang semangat dan perjuangan para pahlawan di Indonesia. Dari mulai meneruskan perjuangan mereka untuk memajukan Indonesia, hingga mengenangnya dengan kata-kata bijak Hari Pahlawan.

Kata-kata ini akan mengingatkanmu dengan usaha mereka supaya Indonesia terbebas dari penjajah. Kamu juga bisa membagikan kata-kata tentang Hari Pahlawan sebagai status lewat media sosial.

Hal ini secara tidak langsung, membuat orang lain yang membacanya turut mengenang jasa para pahlawan. Berikut 75 kata-kata bijak Hari Pahlawan, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (9/11).

Kata-kata bijak Hari Pahlawan, penuh semangat.

Kata-kata bijak Hari Pahlawan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@jacotvs_blokm

1. "Selamat Hari Pahlawan 10 November. Semangat berinovasi wahai generasi muda Indonesia, jadilah pahlawan masa kini yang membanggakan negeri."

2. "Pahlawan adalah dia yang menoreh tinta emas perjuangan, tapi tak bimbang berada di belakang tanpa pengakuan. Selamat Hari Pahlawan 10 November."

3. "Sebagai generasi penerus, semangat Para Pahlawan akan terus menyertai di setiap langkah perjuangan. Selamat Hari Pahlawan 10 November."

4. "Selamat Hari Pahlawan 10 November. Mari mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia."

5. "Perjuangan belum berakhir, mari perkukuh persatuan untuk membangun negeri. Selamat Hari Pahlawan."

6. "Selamat Hari Pahlawan! Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2021, terima kasih kepada seluruh pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa ini."

7. "Kita adalah bangsa pejuang. Kita punya darah patriot yang mengalir di badan kita, yang tidak mudah menyerah dan yang tidak mudah mengatakan 'saya kalah'. Selamat Hari Pahlawan."

8. "Tak perlu keluar darah, cukup keringat dan pikiran untuk menjadi bermanfaat. Selamat Hari Pahlawan."

9. "Selamat Hari Pahlawan. Cobalah tengok ke arah belakang tentang sejarah, masa lalu, dan perjalanan yang dilakukan oleh para pejuang NKRI. Begitu besar bukan?"

10. "Selamat Hari Pahlawan dan selamat berkarya nyata."

11. "Pahlawan bukan hanya mereka yang memiliki gelar. Namun mereka yang rela berkorban untuk kebaikan bersama."

12. "Menjadi pahlawan adalah sebuah kebanggaan. Tetapi dalam prosesnya kau harus siap memberikan yang terbaik untuk sesama."

13. "Pahlawan tidak hanya hadir dalam peperangan. Mereka adalah sosok yang selalu hadir membawa kebaikan bagi sekitarnya."

14. "Setiap orang adalah pahlawan bagi dirinya sendiri. Maka tentukan jalan kesuksesanmu mulai dari hari ini."

15. "Pengorbanan, keikhlasan, dan rasa sabar dapat menjadikanmu sosok pahlawan bagi diri sendiri."

16. "Tak perlu dunia tahu apa yang kamu lakukan. Mereka akan memberikanmu gelar pahlawan dengan sikap kerendahan hatimu."

17. "Biarkan mereka mencaci segala proses, namun pahlawan akan tetap memantapkan langkah hingga mimpi dapat teraih."

18. "Kebaikan yang kau berikan setiap harinya menjadikanmu pahlawan untuk diri sendiri."

19. "Tak perlu banyak pangkat untuk menjadi pahlawan. Kehadiranmu untuk keluarga sudah menjadi harta berharga bagi mereka."

20. "Tidak ada kata akhir untuk setiap perjuangan. Teruslah berjalan hingga titik darah penghabisan."

21. "Terima kasih pahlawan, kami siap melanjutkan perjuanganmu. Semangatmu selalu menggelora di dada. Selamat Hari Pahlawan."

22. "Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Pengorbanan para pahlawan terdahulu menjadi inspirasi pahlawan masa kini untuk terus mewujudkan cita-cita Indonesia maju."

23. "Hari ini tepat tanggal 10 November, rasanya kurang lengkap jika aku belum memberikan ucapan Selamat Hari Pahlawan. Begitu besar perjuanganmu, para pahlawan!"

24. "Kami tidak akan pernah menyia-nyiakan apa yang telah kau berikan. Terima kasih untuk segalanya, kami sebagai generasi muda sudah bersiap diri untuk meneruskan semua perjuangan darimu. Selamat Hari Pahlawan."

25. "Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021. Satukan langkah untuk Negeri Indonesia tercinta."

Kata-kata bijak Hari Pahlawan, mengenang perjuangan.

Kata-kata bijak Hari Pahlawan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rumahzakat

26. "Perjuangan itu bukan proses penderitaan menuju tujuan, tapi proses memantaskan diri untuk meraih tujuan."

27. "Hidup adalah perjuangan dan harus diperjuangkan. Sempurnakan usaha dengan doa, kemudian bersabar menunggu hasil yang sempurna."

28. "Hidup ini penuh perjuangan dalam perjalanan berjuang impian adalah bensin yang membakar semangat kita menuju impian dan cita-cita."

29. "Jika tidak ada perjuangan maka tidak ada perjuangan maka tidak ada kemajuan."

30. "Aku selalu percaya bahwa setiap perjuangan itu tidak akan pernah memperkenalkan kepada kita sebuah kata akhir. Atau akhiran dan segala macam yang telah diperjuangkan. Selamat Hari Pahlawan."

31. "Kami akan senantiasa melanjutkan perjuanganmu, membawa Indonesia maju sebagai negara yang ditakutkan di kancah dunia. Selamat Hari Pahlawan."

32. "Perjuangan para pahlawan belum usai hingga saat ini. Masih banyak hal yang perlu kita lakukan. Jadikan peringatan 10 November ini sebagai momentum di mana kita siap mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terdepan, maju, dan sejahtera."

35. "Jasa dari perjuangan para pahlawan begitu luar biasa bahkan juga tidak bisa digantikan dengan nominal harta berapa pun. Selamat Hari Pahlawan."

36. "Aku selalu percaya bahwasanya setiap perjuangan itu tidak akan pernah memperkenalkan kepada kita sebuah kata akhir. Atau akhiran dan segala macam yang telah diperjuangkan. Selamat Hari Pahlawan."

37. "Perjuanganku melawan penjajah lebih mudah, tidak seperti kalian nanti. Perjuangan kalian akan lebih berat karena melawan bangsa sendiri." - Bung Hatta

38. "Setelah merdeka saja para generasi muda juga wajib berjuang untuk meneruskan jasa dari para pahlawan yang lebih dulu ada. Selamat Hari Pahlawan."

39. "Hidup ini adalah perjalanan yang panjang di dalam waktu yang sempit, isilah dengan perjuangan yang membanggakan, dan hargai dengan ketulusan."

40. "Hidup adalah perjalanan yang harus dilalui, tidak peduli seberapa buruk jalan yang harus dilewati."

41. "Mengucapkan selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Semoga para pahlawan terdahulu bisa menjadi pijakan untuk kita semua untuk mencontoh supaya indonesia lebih maju lagi."

42. "Momen ini bukan hanya sebagai bentuk peringatan, tapi juga sebagai motivasi agar kita selalu mengimplementasikan sikap para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Hari Pahlawan, jasamu akan selalu abadi."

43. "Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang. Selamat Hari Pahlwan 10 November 2021."

44. "Perbuatan baik akan tetap terjaga baik, sekali pun difitnah dan dicela. Keburukan akan tetap dirasa jelek sekali pun dicitrakan dan dipersepsikan baik. Mari selalu berbuat kebaikan dan berjuang untuk masyarakat, bangsa, dan negara. Selamat Hari Pahlawan."

45. "Sudah saatnya bagi kita untuk meneruskan jasa dari para pahlawan kita terdahulu. Selamat Hari Pahlawan."

46. "Ribuan orang tua mungkin bisa saja bermimpi. Namun satu pemuda saja bisa mewujudkan mimpi tersebut dan mengubah dunia menjadi lebih nyata."

47. "Selamat Hari Pahlawan 10 November 2020. Pengorbanan para pahlawan terdahulu menjadi inspirasi pahlawan masa kini untuk terus mewujudkan cita-cita Indonesia maju."

48. "Jangan pernah berharap jalan hidupmu akan seperti orang yang lain. Perjalanan hidupmu adalah sesuatu yang unik seperti dirimu."

49. "Ketika dalam sebuah perjuangan terdapat tantangan yang besar, berarti keberhasilan yang menanti juga lebih besar."

50. "Selamat Hari Pahlawan! Selamat hari pahlawan, 10 November 2020, terima kasih kepada seluruh pahlawan yang telah berkorban untuk bangsa ini."

Kata-kata bijak dari para Pahlawan Indonesia.

Kata-kata bijak Hari Pahlawan © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@cozy_padasuka

51. "Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya." - Sutan Syahrir

52. "Agar persatuan dan kepedulian tak makin pudar, teruslah menjunjung tinggi sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia." – Bung Hatta

53. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." – R. A Kartini

54. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” - Soekarno

55. "Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu kita." – Bung Hatta

56. “Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.” - Cut Nyak Dhien

57. “Berapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga.” - Tan Malaka

58. “Ingatlah! Bahwa dari dalam kubur, suara saya akan lebih keras daripada dari atas bumi.” - Tan Malaka

59. “Tidak ada kemarahan yang begitu berpengaruh seperti pengaruh dari teladan yang baik.” - Cut Nyak Dhien

60. "Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka. Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka." - Bung Tomo

61. “Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.” - Mohammad Yamin

62. "Seorang perempuan yang mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta yang ada dalam hatinya, dengan segala bakti, yang dapat diamalkannya, itulah perempuan yang patut disebut sebagai "ibu" dalam arti sebenarnya." – R. A Kartini

63. “Hidup bukanlah tentang ‘Aku Bisa Saja’, namun tentang ‘Aku Mencoba’. Jangan pikirkan tentang Kegagalan, itu Adalah Pelajaran.” - Soekarno

64. "Kematian adalah yang terakhir dalam waktu tetapi sekaligus yang awal dari kekalahan." – Bung Hatta

65. "Percaya dan yakinlah bahwa kemerdekaan satu negara yang didirikan di atas timbunan runtuhan ribuan jiwa, harta benda dari rakyat dan bangsanya tidak akan dapat dilenyapkan oleh manusia, siapa pun juga." - Jenderal Soedirman

66. "Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu." - R. A. Kartini

67. "Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator." - H.O.S Tjokroaminoto

68. "Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya." - R. A Kartini

69. "Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat. - Bung Hatta

70. "Berapapun cepatnya kebohongan itu, namun kebenaran akan mengejarnya juga." - Tan Malaka

71. "Kejahatan akan menang bila orang yang benar tidak melakukan apa-apa." - Jenderal Sudirman

72. "Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan." - Gus Dur (KH Abdurrahman Wahid)

73. "Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya" - Sutan Syahrir

74. "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita. Selamat Hari Pahlawan" - Mohammad Hatta.

75. "Selama Banteng banteng indonesia masih mempunyai darah merah, yang bisa membikin secarik kain putih menjadi merah putih, Maka selama itu Kita tidak akan menyerah kepada siapapun juga. Selamat Hari Pahlawan" - Bung Tomo.