Brilio.net - Menjalani kehidupan bukanlah sesuatu yang mudah. Ada beragam masalah atau persoalan hidup yang harus dihadapi setiap harinya. Oleh karena itu, seseorang akan selalu membutuhkan semangat agar tidak mudah putus asa dan selalu optimis bahwa hari esok akan menjadi hari yang lebih indah.

Layaknya roda, kehidupan terus berputar, terkadang kita sering merasa masalah yang kita hadapi berat dan membuat kita berpikir bahwa masalah tersebut tidak akan berlalu. Namun percayalah, semua hal di dunia ini tidak ada yang permanen dan suatu saat akan berlalu termasuk masalah kita.

Semangat hidup sangat dibutuhkan oleh semua orang, hal ini lantaran semangat akan membuat kita tak pernah berhenti berjuang untuk setiap kebaikan. Sebagai manusia kita juga harus selalu berpikir positif bahwa setiap masalah yang dihadapi merupakan cara agar kita bisa satu tingkat lebih baik.

Motivasi untuk kehidupan bisa kita dapatkan dari mana saja. Orang terdekat, musik, tontonan, dan juga beberapa kata-kata bijak yang bisa menginspirasi. Seperti beberapa kata-kata bijak berikut ini yang bisa membuat seseorang lebih positif dan semangat menjalani kehidupan.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/8), inilah kata-kata bijak kehidupan yang dapat memotivasi dan penuh makna.

Kata-kata bijak kehidupan.

kata bijak kehidupan memotivasi © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

1. "Jika kamu berpikir kamu terlalu kecil untuk membuat sebuah perubahan, cobalah tidur di ruangan dengan seekor nyamuk." -Dalai Lama.

2. "Kelihatannya semua itu mustahil sampai semuanya terbukti." -Nelson Mandela.

3. "Beberapa orang memimpikan kesuksesan, sementara yang lain bangun setiap pagi untuk mewujudkannya." -Wayne Huizenga.

4. "Kebahagiaan sama dengan kenyataan dikurangi ekspektasi." -Tom Magliozzi.

5. "Sebelum apapun, persiapan adalah kunci menuju kesuksesan." -Alexander Graham Bell.

6. Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan." -Buya Hamka.

7. "Cinta tidak berupa tatapan satu sama lain, tetapi memandang keluar bersama ke arah yang sama." -B.J. Habibie.

8. "Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya." -Abdullah Gymnastiar.

9. "Yang paling berharga dan hakiki dalam kehidupan adalah dapat mencintai, dapat iba hati, dapat merasai kedukaan." -Soe Hok Gie.

10. "Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi." -Andrea Hirata.

11. "Tanpa sasaran dan rencana meraihnya, Anda seperti kapal yang berlayar tanpa tujuan." -Fitzhugh Dodson.

12. "Sasaran itu impian yang memiliki tenggat waktu." –Diana Scharf.

13. "Mulailah dengan tujuan dalam pikiran." –Stephen Covey.

14. "Dengan gagal merencanakan, Anda sedang merencanakan kegagalan.” –Benjamin Franklin.

15. "Hambatan tidak bisa menghentikan Anda. Masalah tidak bisa menghentikan Anda. Orang lain tidak bisa menghentikan Anda. Hanya Anda yang bisa menghentikan Anda." –Jeffrey Gitomer.

16. "Sukses adalah kemampuan untuk melangkah dari kegagalan tanpa hilang antusiasme." –Sir Winston Churchill.

17. "Ada dua aturan untuk menjadi sukses. Pertama, cari tahu hal yang ingin Anda lakukan. Kedua, lakukan hal tersebut." –Mario Cuomo.

18. "Mengetahui saja tidak cukup; kita harus menerapkan. Keinginan saja tidak cukup; kita harus melakukan." –Johann Wolfgang von Goethe.

19. "Jika Anda ingin membuat mimpi Anda menjadi kenyataan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bangun." –J.M. Power.

20. "Perjalanan ribuan mil dimulai dengan langkah pertama.” –Lao Tzu.

21. "Dan pastinya untuk mencoba kembali akan jauh lebih baik daripada menikmati keterpurukan yang semakin buruk."

22. "Dari gagalnya hal-hal yang kau kejar, lantas kau menutup diri dari hal apapun, maka kau akan tetap menjadi si gagal dalam perjalanan."

23. "Bahkan bila kau nyaman dengan penyendirianmu, setidaknya berilah ruang baru di hidupmu karena tidak baik terlalu menutup diri seperti itu."

24. "Mungkin saja ambisimu yang terlalu tinggi diaduk dengan ketidaksabaran serta usahamu yang sebenarnya belum semaksimal mungkin."

25. "Kecewa itu sudah menjadi bagian dari hidup anak manusia, tetapi tidak baik bila kau menutup diri hanya karena pernah sesekali merasakan sakitnya."

26. "Semua orang pasti ada bagian yang tidak baik-baik saja, tetapi tidak selamanya hidup itu seperti itu."

27. "Di lain hari semoga menjadi makna yang baru dan di lain hari semoga tidak menemukan keterpurukan seperti yang sudah-sudah."

28. "Hatimu boleh patah, matamu boleh basah, tapi kamu jangan pernah menyerah. Percayalah, pelan-pelan semuanya akan kembali baik-baik saja."

29. "Bahagia bukan soal hidup yang sempurna, melainkan sata kita bisa menikmati dan mensyukuri sesuatu yang telah kita terima."

30. "Jangan pernah menilai diriku ini orang yang baik hanya karena tampilan luarnya saja, namun sejatinya diri ini penuh dengan dosa, maksiat, dan aib yang masih Allah tutup rapat-rapat."

31. "Kita tak pernah bertemu dengan orang yang salah, hanya saja ada yang menjadi teman, ada juga yang menjadi pelajaran."

32. "Aku belajar bahwa hidup ini menyenangkan kalau kita melihat dari sudut pandang yang tepat. Bahagia cuma akan menjadi rumit kalau kita terlalu tinggi berharap."
- Fiersa Besari

33. "Semua ada waktunya, jangan membandingkan hidupmu dengan hidup orang lain. Tidak ada perbandingan antara matahari dan bulan, mereka bersinar saat waktunya tiba."

34. "Hidupmu tidak akan pernah bahagia jika terus-menerus menunggu dibahagiakan."

35. "Semua impian kita dapat menjadi nyata jika kita memiliki keberanian untuk mengejar mereka."

36. "Hal yang besar tidak datang dari zona nyaman."

37. "Setiap orang berpikir untuk mengubah dunia, tapi tidak ada yang berpikir untuk mengubah dirinya sendiri."

38. "Langit adalah penawar ketika jenuh datang melanda, membuat seseorang merasa ada yang mengerti isi hatinya."

39. "Jangan biarkan hatimu berlarut-larut dalam kesedihan atas masa lalu, atau itu akan membuatmu tidak akan pernah siap untuk menghadapi apa yang akan terjadi." - Ali bin Abi Thalib

40. "Terkadang rasa takut terbesar muncul dari diri sendiri. Ketidakmampuan hadir dari ketidakmampuan kita dalam mempercayai diri sendiri."

Kata-kata bijak kehidupan sebagai renungan.

kata bijak kehidupan memotivasi © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Masalah hidup yang dihadapi memang tak bisa dianggap sepele. Buktinya tak sedikit dari mereka yang mengalami permasalahan hidup menjadi stres dan sulit mengendalikan diri. Mereka menjadi pemarah, tidak sabaran, bahkan sering menangis dan melukai diri sendiri.

Penting beberapa motivasi hidup agar tidak membuat seseorang menjadi galau berkepanjangan. Kata-kata bijak berikut ini bisa menjadi renungan bagi kamu.

41. "Kata "bahagia" akan kehilangan artinya kalau tidak diseimbangkan dengan kesedihan." -Carl Jung.

42. "Berubah memang berat pada awalnya, kacau di tengah-tengahnya, dan sangat indah pada akhirnya." -Robin Sharma.

43. "Tak peduli bagaimana kerasnya kehidupanmu di masa lalu, kamu selalu bisa memulainya lagi." -Buddha.

44. "Sepuluh persen dari hidup ini adalah tentang apa yang terjadi pada dirimu. Dan 90 persen sisanya adalah tentang bagaimana caramu bereaksi terhadapnya." -Charles R. Swindoll.

45. "Dia yang mampu menguasai orang lain memang kuat. Tapi dia yang mampu menguasai dirinya sendiri, itulah yang lebih dahsyat." -Lao Tzu.

46. "Sebelum bisa berteman dengan orang lain, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri." -Stephen Richards.

47. "Rahasia untuk menjadi terdepan adalah dengan memulainya." -Mark Twain.

48. "Jangan lelah mencoba. Tidak ada jaminan kesuksesan, tetapi memilih untuk tidak mencoba adalah jaminan kegagalan."

49. "Jangan katakan tidak mungkin tapi katakan bagaimana caranya."

50. "Menunggu tidak selalu tepat, harus berani wujudkan mimpi.

51. "Buka dirimu pada ketakutan terdalammu. Setelah itu, rasa takutmu tidak akan memiliki kekuatan." - Jim Morrison

52. "Jika kamu tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar."

53. "Jangan berduka, apapun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaluddin Rumi

54. "Setiap perjalanan akan ada ujian yang memiliki dua pilihan, terus berjalan dan berhasil atau berhenti dan gagal."

55. "Apapun kejutan yang hidup bawa, tetaplah percaya bahwa kelak seluruh duka terganti oleh suka. Seluruh air mata akan terganti dengan tawa."

56. "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya." - HR Muslim

57. "Kenyataan hidup memang harus ditelan bulat-bulat, tapi tidak boleh dikeluarkan bulat-bulat."

58. "Daripada kau menangis, lebih baik kau tebus kesalahanmu."

59. "Kesempurnaan harus diraih bukan karena tidak ada lagi yang harus ditambahkan, tapi karena tidak ada lagi yang bisa dihilangkan."

60. "Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena mengharapkan sesuatu yang belum pasti."

61. "Ketika dalam kesulitanmu orang-orang meninggalkanmu, itu bisa jadi karena Allah sendirilah yang mengurusmu." - Imam Syafi'i

62. "Kesampingkan dulu masalah lama, saat ini harus fokus ketujuan utama."

63. "Bantu orang lain, dan Allah akan membantumu. Maafkan orang lain, maka Allah akan memaafkanmu."

64. "Lebih baik jatuh ketika muda karena jika kau terjatuh ketika tua, kau akan terus terbayang oleh rasa malu."

65. "Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak."

66. "Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini karena bayanagnmu saja akan meninggalkanmu disaat gelap." - Ibnu Tamiyyah

67. "Yakinlah ada sesuatu yang menantimu setelah sekian banyak kesabaran (yang kau jalani) yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit." - Ali bin Abi Thalib

68. "Kesulitan bukanlah penderitaan, tetapi halangan yang harus kita tembus dan atasi."

69. "Menerima takdir adalah hal yang paling melegakan. Kamu akan menemukan dirimu yang baru. The new version of you, a better version of you."

70. "Penyakit manusia jaman sekarang merasa dirinya layak mendapatkan sesuatu tanpa berusaha atau merasa berhak atas sesuatu tanpa mau berkorban."

71. "Risiko hanya diambil oleh orang orang yang ingin pergi jauh, sedang yang tidak mau mengambil risiko adalah orang yang akan tetap berada di tempatnya."

72. "Ciri juara adalah orang yang selalu percaya dengan diri sendiri bahkan meski orang lain tidak percaya itu."

73. "Cobaan dan tantanganlah pertanda bahwa Tuhan Percaya, maka laluilah tantangan anda agar kepercayaan Tuhan tetap ada."

74. "Dalam hidup tentukan sikap, karena hanya sikap yang akan membuat diri bertahan di tengah kuatnya badai."

75. "Jangan kebanyakan teori karena satu ons aksi harganya sama dengan satu ton teori."

76. "Keyakinan yang kuat akan menjadi kenyataan, maka berkeyakinanlah karena hal itu dapat menentukan kenyataan hidup."

77. "Dalam hidup memang tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan, tapi pasti dalam hidup akan merasakan apa yang diinterpretasikan."

78. "Diri adalah cerminan hidup. Semakin keras bola yang dilempar ke dinding, akan semakin keras pantulannya ke wajah, begitu sebaliknya, semakin pelan dan lembut bola yang dilempar maka makin lembut pula pantulan bolanya."

79. "Tidak ada perjuangan tanpa rasa sakit, tapi percayalah sakitnya sementara dan bahagia akan terasa selamanya."

80. Ciri optimis dan pesimis kalau optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan, dan pesimis selalu melihat kesulitan dalam setiap kesempatan."

81. "Kita tinggal di dunia yang fana, mengapa kita mengharapkan ketenangan yang kekal?"

82. "Salah satu pengerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah." - Buya Hamka

83. "Di dunia penuh persaingan ini yang kita perlukan adalah cita-cita, tekad kuat, aksi nyata, dan jangan lupa bungkusan doa-doa."

84. "Bersikap dewasa artinya mau belajar, tidak meninggikan ego, mampu bertanggung jawab atas tindakannya sendiri, serta peduli terhadap orang lain dan lingkungan."

85. "Jika kamu tidak dapat melakukan hal-hal besar, lakukanlah hal-hal kecil dengan cara yang hebat."

86. "Hari-harimu yang panjang, mungkin tak selalu seperti yang kamu harapkan. Memang, akan ada waktu dimana ranting patah, untuk kemudian tumbuh kembali."

87. "Hanya satu pikiran positif di pagi hari yang dapat mengubah seluruh hidupmu. Pejamkan matamu, tersenyum dan pikirkan apa yang ingin kamu gapai. Dan katakan pada dirimu bahwa kamu bisa dan mampu menggapainya."

88. "Bicara itu seperti obat, jika kadarnya sesuai akan mendatangkan manfaat. Namun jika berlebihan malah bisa membunuh." - Amr bin Al Ash

89. "Angkat dagumu nak. Kamu lebih terhormat dari siapapun yang mengatakan kebohongan." - Alice Walker

90. "Jangan cemas tentang penilaian manusia, sungguh Allah begitu mengetahui apa yang ada di hatimu, bahkan satu langkah yang kau gunakan untuk menuju taat kepadanya."

91. "Jangan lemah, hidup sedang mengajarimu bagaimana bertahan dengan baik. Ketika kamu jatuh, bangunlah untuk memegang impianmu kembali. Ketika kamu ragu, kuatkan doamu karena saat itu hanya rasa percaya kepada Tuhan yang mampu menghilangkan ragumu terhadap apa yang kamu ragukan itu."

Kata-kata kebijakan kehidupan dan cinta.

kata bijak kehidupan memotivasi © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Cinta menjadi permasalahan hidup yang terkadang cukup menyiksa. Rasa kesal, marah terkadang membuat seseorang kehilangan akal sehatnya. Belum lagi trauma sehingga membuat seseorang susah untuk move on.

Namun seburuk apa pun masalah yang dihadapi, harusnya seseorang bisa berpikir positif. Berikut ini beberapa kata-kata bijak tentang kehidupan dan cinta.

92. "Cinta ialah sebuah pupuk yang dapat menyuburkan segala rasa tandus pada hati."

93. Ketika aku menangis, janganlah bertanya apa yang sedang kutangisi. Cukup dekap aku di pelukanmu supaya aku dapat merasakan betapa besar cintamu padaku".

94. "Cinta mungkin terkadang membuatmu rapuh, tetapi berterima kasihlah kepadanya, karena cinta darinya bisa membuatmu lebih kuat dari sebelumnya."

95. "Janganlah pernah membuat seseorang menjadi jatuh cinta padamu, namun dirimu sendiri masih belum bisa memberikan hatimu padanya seutuhnya. Karena cinta sepihak itu sangat pedih."

96. "Suatu hal yang sia-sia jika menyesali masa lalu, sebaiknya sesalilah apa yang tak akan mampu kamu lakukan di masa depan."

97. "Ketika kamu berada pada titik yang sangat rapuh, maka mintalah kekuatan hanya pada-Nya."

98. "Jangan pernah merasa sepi tau bahkan sendiri, karena sejatinya kita tidak benar-benar sendiri. Masih ada Tuhan yang menemani kita."

99. "Suatu hal yang patut menjadi kebanggaan adalah ketika seseorang memutuskan untuk menjadi dirinya sendiri."

100. "Agar masa depanmu lebih baik maka berusahalah mulai dari sekarang."

101. "Jangan pernah berusaha untuk memperbaiki apa yang membuatmu menyesal di masa lalu untuk diulang kembali, jangan menghadap ke belakang agar hidupmu tak patah."

Kata-kata bijak lucu.

kata bijak kehidupan memotivasi © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Hidup memang sudah sangat sulit, kalau terus dibawa serius bisa-bisa kita nggak bisa menikmati hidup dengan santai. Memang masalah nggak ada hilang dengan sendirinya tanpa adanya tindakan untuk menyelesaikannya. Meski begitu kamu juga butuh sesuatu yang menghibur diri.

Berikut ini kata-kata bijak lucu yang cukup menghibur dan bisa membuat kamu lupa sejenak dengan masalah hidup.

102. "Hargai kedua orang tuamu, mereka berhasil lulus dari sekolah tanpa bantuan Google."

103. "Manusia boleh berencana, tapi saldo juga yang menentukan."

104. "Manusia itu emang susah nyalahin diri sendiri. Leher pegel dibilang salah bantal."

105. "Motivator dan pembicara tak dapat membuatku rajin bekerja. Hanya cicilan dan tagihan yang mampu."

106. "Aku bukan pemalas. Aku sedang menjalankan mode hemat energi."

107. "Lebih baik pacaran terus kita disakitin, setidaknya kita pernah dibahagiain dari pada di PHP-in belum pacaran aja kita sudah disakitin."

108. "Wanita sangat rentan mengidap diabetes, sebab dia sering kali menelan janji manis."

109. "Raga kita memang jarang bertemu. Tapi ketahuilah, mimpi ini selalu tentangmu."

110. "Cintaku tidak seperti kopi sachet, instan dan praktis. Tapi, seperti kopi bubuk, penuh perhitungan dan kehati-hatian."

111. "Saat hidup menutup pintu untukmu, buka lagi saja. Itu hanya pintu, itulah cara kerjanya."

112. "Jika ada seseorang yang meledekmu jelek, santai saja. Bilang padanya kalau kamu bukan cermin."

113. "Hidup itu seperti sebuah acara televisi yang sangat panjang tanpa remote control."

114. "Dalam hidup, perbanyaklah mikir dan zikir, agar hidup tenang dan tentram, selamat makan siang, jangan lupa bayar!"

115. "Saat hidup tidak memberimu senyuman, beri dia sedikit gelitikan."

116. "Jangan biarkan temanmu sendirian. Terus ganggu dia."

117. "Di depan orang tua, kita harus sopan. Di depan pacar, kita harus romantis. Di depan sahabat, kita harus kaya orang gila."

118. "Persahabatan itu bagai ‘kepompong’ kadang kepo! Kadang rempong!"

119. "Aku mudah marah seperti Squidward, kadang aku juga egois seperti Tuan Krab, kadang aku tolol seperti Patrick. Tapi aku akan selalu ada untukmu seperti SpongeBob."

120. "Bila Anda jelek, jangan takut mencintai. Karena yang seharusnya takut adalah yang Anda cintai." -Cak Lontong.

121. "Selalu ikuti kata hatimu. Tapi jangan lupa bawa juga otakmu."