Brilio.net - Jika ada waktu luang, apa yang akan kamu lakukan? Ada banyak pilihan seperti mengisi waktu dengan hobi atau melakukan kegiatan baru yang belum pernah dicoba. Tapi banyak juga orang yang justru binggung ingin melakukan kegiatan. Daripada waktumu terbuang sia-sia, mendingan isi waktumu dengan kegiatan yang bermanfaat.

Brilio.net punya rekomendasi kegiatan untuk mengisi waktu luangmu. Beberapa perusahaan menyediakan layanan riset berbayar. Kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan membantu penelitian seperti mengisi kuesioner. Kamu berperan sebagai responden untuk mengisi instrumen penelitian.

Dari pengisian instrumen penelitian, kamu bisa mendapatkan poin. Jumlah poin yang kamu dapatkan bisa ditukar dalam bentuk uang. Wah menggiurkan banget nih! Perusahaan apa saja yang menyediakan jasa tersebut? Simak rangkumannya yang brilio.net himpun pada Rabu (13/2).

1. JAKPAT

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: play.google.com


JAKPAT adalah aplikasi jenis open survei platform dengan jumlah responden terdaftar sekitar 18 ribu orang. Selain itu, JAKPAT juga mengusung survei bersifat real-time di mana pengguna bisa langsung mendapat data survei yang dapat dipantau secara langsung.

JAKPAT sendiri mengklaim bila aplikasi mereka bisa mendapatkan target survei responden hingga 500-1000 orang dalam waktu super cepat, yakni 3-4 jam saja. Responden JAKPAT adalah pemilik aplikasi mobile JAKPAT di Android dan iOS yang siap mengerjakan survei dari pengguna.

JakPat merupakan singkatan dari Jajak Pendapat. Sebuah aplikasi mobile yang memungkinkan perusahaan atau individu melakukan survei pada pengguna yang tersegmentasi dan melihat respons mereka secara real time.

2.IPanel

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: istimewa


IPanel online merupakan perusahaan riset internasional yang memiliki 1,8 juta anggota dari berbagai negara. Anggota dari IPanel Online tersebar di negara Brasil, India, Meksiko, Rusia, Argentina, Afrika Selatan, China, Indonesia, Turki, Taiwan, Chili, Selandia Baru, Nigeria, Kolombia  Australia, Thailand, dan Singapura.

IPanel Online memiliki misi untuk berbagi pendapat tentang barang kebutuhan sehari-hari, perawatan kesehatan, teknologi, perjalanan dan keuangan membantu merek merek global menghasilkan produk yang lebih berkualitas dan membuat pengalaman menjadi lebih baik.


3.ViewFruit

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: facebook/@viewfruit


Survei online Indonesia ini sudah ada cukup lama loh. Nama ViewFruit belakang ramai diperbincangkan lantaran warganet mengeluh soal beratnya aplikasi ViewFruit. Kamu bakal cukup rutin mendapat undangan survei, mulai dari satu sampai tiga undangan per hari.

Kamu bisa mengisi kuesioner yang ada di ViewFruit. Nilai poin yang ditawarkan berkisar 200-500 poin per survei. Jumlah minimum poin, yakni 1500 poin. Jumlah tersebut bisa ditukar dengan uang setara dengan USD 3 via paypal.

Tim ViewFruit akan melakukan peninjauan terlebih dahulu apakah pengumpulan poin kamu bebas dari kecurangan dalam waktu satu minggu. Setelah itu, baru deh uang akan masuk ke akun PayPal. Kalau kamu penasaran dan mau coba, langsung aja daftar.

4.YouGov

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: surveicool.com


YouGov Indonesia merupakan salah satu paid survei bertaraf internasional lho. Survei online Indoensia ini menawarkan layanan riset hingga laporan intelijen pasar. Jika kamu memenuhi persyaratan sebagai responden pada penelitian, kamu bakal menerima undangan survei via email.

Mau registrasi? Mudah kok, bisa lewat email atau Facebook. Poin yang diberikan mulai dari 25-500 poin. Penukaran poin bisa dilakukan setelah memiliki 5 ribu poin. Jumlah tersebut bisa ditukar untuk SGD 25 via PayPal.

5. Clixsense

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: surveissay.com


Situs survei online Indonesia yang satu ini memberikan member-nya bayaran yang cukup besar. Nilainya berkisar antara USD 0,25-2 dilihat dari berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan survei. Nilai survei akan semakin besar jika waktu yang dibutuhkan semakin lama. Mau tahu lebih jelas? Langsung cek aja dan ikutan daftar deh!

6. SurveiOn

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: surveion.com


Situs survei online Indonesia yang satu ini siap memberi ganjaran untuk 20 ribu poin yang dapat ditukarkan dengan USD 2 via PayPal. Member surveiOn juga bisa menukarkan poin dengan pulsa untuk minimal 11 ribu poin yang setara dengan pulsa senilai Rp 10 ribu.

Kamu juga bisa menambah perolehan poin dengan berkontribusi membuat pertanyaan dan memberi opini. survei yang ada di surveiOn adalah kerja sama partner atau pihak ketiga. Para member-nya akan mendapat notifikasi via email jika ada survei baru.

7. Global Test Market

perusahaan kuesioner © 2019 brilio.net

foto: globaltestmarket.com


Global Test Market sudah ada sejak tahun 1999 dan masih konsisten membayar para member yang ikut andil dalam menyelesaikan survei. Tujuan survei di situs ini diharapkan bisa menghasilkan solusi global bagi perusahaan yang ingin melakukan riset konsumen.

Ada 10 poin yang akan diberikan kepada member untuk setiap survei. Bayaran baru akan diterima via akun PayPal saat poin yang dikumpulkan berjumlah 10 ribu poin atau setara USD 40.

Nah aplikasi-aplikasi tersebut, bisa banget nih membantu kamu yang kesulitan mengerjakan tugas akhir dalam hal ini terkait data! bisa juga menambah uang jajan kamu bila kamu rajin membantu penelitian orang lain. Bisa banget nih buat nambah uang jajan.


(mgg/ Chatarina Lia)