Brilio.net - Upacara nggak melulu di lapangan, beberapa tempat berikut justru digunakan untuk melaksanakan upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71. Penasaran apa saja? Yuk, intip kumpulan upacara memperingati HUT RI dari beberapa daerah yang unik berikut ini, yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (17/8).

1. Upacara di lahan mangrove.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: dokumen KeMANGTEER Indonesia

Dalam rangka turut memperingati Hari Kemerdekaan RI yang ke-71, KeMANGTEER Indonesia, komunitas yang bergerak di bidang penyelamatan hutan mangrove, komunitas ini menggelar upacara di lumpur mangrove. Tahun ini upacara digelar serentak di sembilan kota, yakni Jakarta, Semarang, Malang, Yogyakarta, Tangerang, Serang, Medan, Karawang dan Langsa.

2. Upacara yang diikuti gajah di Bali.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: twitter.com

Di Bali Safari and Marine Park juga diselenggarakan upacara bendera guna memperingati HUT ke-71 RI. Uniknya, ada empat ekor gajah yang mengikuti upacara. Tak hanya sekadar berdiri, gajah-gajah tersebut juga ikut hormat begitu Sang Saka Merah Putih dikibarkan. Jika manusia menaikkan tangan kanan ke pinggir pelipis mata, gajah-gajah itu nampak melingkarkan belalai panjang mereka sebagai tanda penghormatan.

3. Upacara di puncak Gunung Bawakraeng.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: cozmeed.com

Kalu biasanya pengibaran Sang Saka Merah Putih pada HUT RI dilaksanakan di Semeru atau Lawu, kali ini upacara dilaksanakan di Gunung Bawakraeng. Sebanyak 5.000 pendaki melaksanakan upacara kemerdekaan RI di puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa. Rupanya ritual pengibaran bendera di puncak gunung tersebut sudah berlangsung setiap tahunnya.

4. Warga Tengger gelar upacara HUT RI di lautan pasir Bromo.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: twitter.com

Ratusan warga Suku Tengger Bromo, siang ini dijadwalkan menggelar upacara HUT Kemerdekaan di lautan pasir Gunung Bromo. Upacara di lautan pasir Bromo, ini digelar di lokasi aman, yakni 1 kilometer dari bibir kawah Bromo sesuai arahan Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Gunung (PVMBG). Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar sendiri menjadi inspektur upacara dalam upacara tersebut.

5. Upacara bawah laut di Raja Ampat.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: youtube.com

Anggota Bhayangkari melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah laut yang dipimpin Ketua Umum Bhayangkari, Tri Suswati Karnavian. Namun, acara ini berlangsung pada Minggu, 14 Agustus 2016, dan diikuti sedikitnya 50 penyelam. Pengibaran bendera mengambil lokasi di Pulau Saonek, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Lokasi penyelaman memiliki kedalaman antara 15 hingga 20 meter di bawah permukaan laut.

6. Upacara mengenakan pakaian Jawa dari Komunitas Sepeda Onthel.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: twitter.com

Puluhan orang berpakaian Jawa berkumpul di pelataran Bentara Budaya Yogyakarta, Rabu (17/8) pagi. Orang-orang yang ternyata merupakan anggota Paguyuban Onthel Jogja menggelar upacara bendera memperingati HUT Ke-71 Republik Indonesia. Uniknya, seluruh prosesi dalam upacara tersebut menggunakan Bahasa Jawa sesuai tema yang diusung yakni menggunakan pakaian adat Jawa.

7. Upacara yang dihadiri anak Punk.

Upacara 71 © 2016 brilio.net

foto: twitter.com

Anggota Slankers dan Komunitas Punk Jombang menggelar upacara peringatan HUT Ke-71 RI di halaman depan kampus Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang, Rabu (17/8). Mayoritas peserta menggunakan pakaian serba hitam. Namun demikian, ada juga yang menggunakan baju batik. Sementara untuk petugas upacara berseragam putih hitam.