Brilio.net - Kini berkebun jadi salah satu hobi yang digemari banyak orang. Apalagi berkebun dapat membuat perasaan menjadi rileks serta dapat menikmati sayuran dan juga buah-buahan yang ditanam sendiri. Menanam tanaman seperti sayuran dan buah dapat dilakukan tanpa modal yang banyak, dan lahan yang luas. Sebab menanam dengan hidroponik bisa jadi salah satu solusimu yang ingin berkebun tanpa ribet.

Namun, sebelum memulai mencoba dengan sistem hidroponik, perlu memerhatikan keuntungan dan kerugian di baliknya. Misalnya saja perlu mempertimbangkan memilih jenis tanaman hidroponik cepat panen. Ya, bagi para pemula kamu bisa memilih sayuran sederhana yang cepat tumbuh. Sehingga kamu bisa menikmati panennya secara cepat serta menghemat uang belanja.

Di antara berbagai jenis sayuran, 7 sayuran hidroponik berikut bisa dibilang cepat panen, sehingga bisa lebih cepat dinikmati hasilnya. berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/2).

1. Bayam.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@letsgrow.sby

Loading...

Bayam merupakan sayuran berdaun hijau yang digemari banyak orang. Hal ini karena beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada pada bayam. Seperti kalium, magnesium, dan vitamin K, B6, B9, dan E. Mengonsumsi bayam dapat bermanfaat bagi kesehatan mata, mengurangi stres oksidatif, membantu mencegah kanker, dan menurunkan tingkat tekanan darah. Tak salah kalau sayur bayam banyak dibudidayakan, terlebih juga masa panennya cukup cepat. Menanam sayur bayam dengan hidroponik ini bisa dilakukan 25-30 hari setelah ditanam, kemudian bertahap 5 hari sekali.

2. Kangkung.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hidroponikuntuksemua

Tanaman hidroponik cepat panen yang kedua ada kangkung. Seperti halnya bayam, kangkung juga cukup cepat dipanen. Kangkung tak hanya mudah dirawat, tapi juga cepat panen. Waktu tercepat untuk panen adalah sejak umur 21-30 hari. Selanjutnya, bertahap setiap 5 hari. Penanaman yang mudah dan nggak memerlukan perawatan khusus, menjadikan kangkung sebagai salah satu tanaman yang dipilih oleh para pemula. Apalagi kangkung juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat dalam jumlah yang cukup. Selain itu, kangkung juga kaya akan mineral, seperti kalium, kalsium, zat besi, natrium, dan fosfor.

3. Cabe.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Tak dipungkiri cabe jadi salah satu sayuran yang hampir selalu ada dalam setiap makanan. Meski harganya naik turun, namun bagi sebagian orang pecinta pedas, cabe harus ada dalam setiap makanan. Cara mengatasinya yakni dengan menamannya secara hidroponik di rumah. Tanaman hidroponik ini waktu panennya cukup singkat. Yaitu panen pertama mulai usia 9 minggu setelah tanam dan selanjutnya 5 hari sekali. Nah, dengan demikian kamu dapat menghemat pengeluaran untuk membeli cabai dan juga dapat dijadikan salah satu ladang berbisnis.

4. Tomat.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: pixabay

Tomat merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung antioksidan, yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu tomat juga mengandung folat, kalium, vitamin C, dan vitamin K. Nah ternyata tomat juga termasuk tanaman yang cepat dalam masa penennya. Setelah biji tomat disemai dan ditanam, hanya dibutuhkan waktu 2-3 bulan untuk bisa memanennya. Selanjutnya dapat dipanen setiap 5 hari.

5. Sawi.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@greenfarm_hidroponik

Tak hanya kangkung dan bayam, sawi juga merupakan sayuran yang enak dan mudah dalam pengolahannya. Dilansir dari healthline.com, sayur sawi kaya akan senyawa tanaman dan mikronutrien penting, khususnya vitamin A, C, dan K. Ketika mengonsumsi sawi ini pun tubuh akan mendapatkan manfaat. Seperti untuk kesehatan mata dan jantung, serta sifat antikanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Nah, ketika kamu mencoba menanamnya dari biji dengan cara hidroponik, sawi bisa dipanen setelah 10-60 hari. Sedangkan yang jika penanaman yang berasal dari bibit bisa dipanen 25-30 hari ditanam.

6. Kacang panjang.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ajairuindonesia

Kacang panjang berasal dari tanaman merambat. Kacang bertekstur renyah dan berserat ini memiliki ukuran dan warna yang beragam yakni putih, dan hijau. Kacang panjang segar kaya akan folat dan antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Nah tanaman kacang panjang ini dapat dipanen setelah umur tanaman 50-60 hari tergantung pada varietas, musim, dan tinggi rendahnya penanaman. Beberapa ciri tanaman kacang panjang yang layak dipanen diantaranya yaitu polongnya terisi penuh, polong mudah dipatahkan, dan warna polong hijau merata sampai hijau keputihan.

7. Seledri.

tanaman hidroponik cepat panen Instagram ; pixabay © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nakahydrofarm

Tanaman hidroponik cepat panen yang terakhir yakni, seledri. Kamu bisa mencoba menanam seledri dengan sistem hidroponik rakit apung. Seledri dapat dipanen dalam waktu 4-6 minggu. Panen juga dapat diulang setiap 5-6 hari sekali. Caranya, cabut seledri dari wadah yang digunakan, lalu pisahkan anakan seledri untuk ditanam kembali. Gimana, tertarik untuk mencoba menanam berbagai jenis sayuran di atas?

RECOMMENDED BY EDITOR