Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Logo brilio
+
(brl/tin)

08 April 2019 12:15

7 Skill memotong ini bikin mama jadi seorang master chef

Cara memotong yang tepat bisa mempercantik makanan dan mempercepat proses pematangan..

7 Skill memotong ini bikin mama jadi seorang master chef

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Salah satu teknik yang wajib dikuasai saat memasak adalah cara memotong bahan makanan. Mungkin mama yang sering berada di dapur sudah tidak asing lagi dengan teknik dasar satu ini.

Bagi sebagian mama mungkin beberapa teknik dasar memotong akan dengan mudah dilakukan tanpa harus berpikir panjang. Mencincang, mengiris, dan mencacah menjadi 'makanan' sehari-hari mama di dapur.

Meski terlihat mudah dilakukan, ternyata cara memotong bahan makanan tidak boleh dilakukan sembarangan. Bukan tanpa alasan, ternyata teknik memotong bahan makanan secara tepat dapat mengeluarkan cita rasa yang lebih kuat pada masakan. Selain itu, cara memotong yang tepat, baik itu daging ataupun sayuran, akan memudahkan dan mempercepat proses pematangan. Hasil masakan pun akan terlihat lebih menarik saat disajikan.

Nah, untuk menghasilkan masakan bercita rasa tinggi dan menarik layaknya seorang master chef, ada beberapa skill memotong yang harus dipelajari. Mau tahu apa saja? Berikut tujuh skill memotong yang bikin mama jadi seorang master chef di rumah, seperti sudah disarikan Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (8/4).

1. Potongan bentuk balok.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hasil potongan yang bentuknya menyerupai balok ini dalam dunia kuliner disebut batonnet. Teknik batonnet atau juga dikenal dengan baton adalah teknik memotong sayur dalam bentuk persegi panjang dan cukup tebal. Lebih tepatnya, besar sayur saat dipotong harus memiliki lebar dan tinggi sekitar 1/4 inci atau 0,625 cm, sedangkan panjang sayur sekitar 5 hingga 6 cm. Teknik pemotongan ini biasanya untuk wortel dan kentang dalam penyajian steak.

2. Potongan bentuk korek api.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Teknik memotong sayuran dalam bentuk persegi panjang dalam ukuran yang lebih kecil ini dinamakan teknik julienne. Istilah ini dalam resep masakan lebih sering disebut sebagai potongan korek api. Teknik julienne sering diterapkan pada sayur seperti wortel untuk salad.

Perbedaan antara teknik julienne dengan batonnet adalah dimensi sayur yang mempunyai panjang dan lebar sekitar 1/8 inci serta panjang 3 sampai 5 cm. Mama bisa lebih mudah mendapatkan teknik potongan satu ini dengan membagi potongan batonnet menjadi dua bagian.

3. Potong dadu.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Istilah memotong dengan potongan dadu mungkin sudah tidak asing lagi. Nah, dalam dunia kuliner teknik memotong ini disebut brunoise. Brunoise merupakan teknik memotong dadu namun dengan ukuran sangat kecil yaitu sekitar 1/8 inci atau 0,375 cm. Untuk menghasilkan potongan brunoise ini bisa didapat dari membagi lebih kecil potongan julienne.

4. Potongan bentuk kubus.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Jika brunoise potongan dadu dengan ukuran sangat kecil, maka teknik yang disebut macedoine ini merupakan versi besarnya. Teknik memotong dalam bentuk dadu lebih besar ini biasanya akan menghasilkan sayuran dalam bentuk kubus dengan sisi sebesar 1/4 inci.

Cara mendapatkan potongan macedoine bisa diawali dengan teknik memotong batonnet kemudian dibagi kecil-kecil menjadi dadu. Mama bisa mempraktikkannya untuk memotong sayuran atau buah-buahan guna membuat salad.

5. Potongan bentuk diamond.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Teknik memotong ini memiliki nama Lozenge cut atau diamond cut dalam dunia kuliner. Cara untuk menghasilkan potongan lozenge ini adalah dengan memotong bagian ujung melengkung sayur menjadi kotak. Lalu belah memanjang dan iris tebal melintang dengan angle pisau pada posisi 45 derajat. Hasil potongan teknik satu ini biasanya lebih sering digunakan untuk hiasan pada masakan.

6. Mencincang.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Philips

Mencincang atau dalam dunia kuliner disebut chopped mempunyai bentuk yang tidak pasti. Hasil potongan ini biasanya berupa bentuk potongan tidak teratur atau berbentuk cincangan halus maupun kasar, tergantung pada bahan makanan yang diolah.

Cara memotong ini biasanya dilakukan untuk mencincang bawang bombay, bawang putih, hingga daging ayam dan udang. Teknik memotong satu ini terkadang jadi salah satu proses memasak yang melelahkan. Pasalnya mama harus memotong berulang kali dengan gerakan yang sama hingga tekstur bahan makanan menjadi halus. Belum lagi jika saat mama harus memasak dalam jumlah besar, pasti sangat capai dan memakan banyak waktu.

Nah, kini ada solusi buat mama yang mau mencincang daging dan bawang tanpa ribet. Apa lagi kalau bukan food processor HR7627 dari Philips? Food processor serba guna ini bisa mencincang dan mencacah daging ayam dalam hitungan detik. Terbuat dari stainless steel, pisaunya yang berbentuk S bisa mencincang dan mencacah dengan performa yang baik. Hasil tekstur cincangannya pun bisa mama sesuaikan dengan adanya dua pilihan kecepatan dan pulse.

Berkapasitas hingga 2,1 liter, Philips Food Processor HR7627 akan memperingan pekerjaan mama karena bahan makanan yang diproses semakin banyak. Selain itu, food processor ini juga mudah dipasang dan aman digunakan karena adanya kunci pengaman. Menariknya lagi, Philips Food Processor HR7627 mudah dibersihkan sehingga mama tak perlu capai-capai lagi. Kegiatan memasak pun jadi lebih praktis dan menyenangkan.

7. Mengiris tipis.

skill memotong ala master chef berbagai sumber

foto: screenshot via YouTube Philips

Saat memasak, mengiris tipis bawang bombay, kentang, atau wortel pasti bukan hal asing lagi buat mama. Nah, teknik memotong ini dalam dunia kuliner dikenal dengan sebutan slice. Slice merupakan teknik memotong dengan potongan melintang atau miring dengan hasil potongan yang harus rata.

Teknik satu ini kerap menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya untuk menghasilkan potongan yang rata dan konsisten tidaklah mudah. Diperlukan latihan dan skill khusus untuk mendapatkan hasil irisan tipis yang konsisten secara manual.

Namun kini mama bisa dengan mudah menghasilkan potongan irisan tipis yang konsisten secara praktis, lho. Dengan menggunakan Food Processor HR7627 dari Philips, mengiris tipis bahan makanan bisa dilakukan semudah memencet tombol. Mama hanya perlu menggunakan bilah pisau cakram pada Philips Food Processor HR7627, menyetel kecepatannya, dan memasukkan bahan makanan satu per satu. Irisan yang sempurna pun akan langsung dihasilkan dalam hitungan detik.

Oh ya, selain mampu mengiris, mencacah, dan mencincang, Philips Food Processor HR7627 ternyata juga punya fungsi lain mempermudah proses memasak sehari-hari, seperti pengembang krim dan putih telur. Ya, food processor serba guna ini dilengkapi enam tools berbeda, mulai dari pemarut, pemotong, pencacah, pengaduk sop, dan pisau plastik pengaduk adonan. Satu alat bisa untuk banyak fungsi, praktis sekali kan?

Nah, itu tadi keahlian memotong dan mencincang yang perlu dipelajari mama jika ingin seandal chef. Ingin tahu lebih lengkap untuk keunggulan lainnya? Yuk, klik di sini.


RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#SerbaBisaSerbaCepat Chef Koki Skill Memotong Skill Memasak Sponsored Content
Tulis Komentar
MORE