Brilio.net - Chef handal tak hanya dibutuhkan di restoran kelas atas atau hotel. Keluarga di rumah juga membutuhkan seorang chef yang bisa menyajikan berbagai kreasi makanan enak nan lezat. Keberadaan chef handal di rumah juga bisa menjaga keluarga dari berbagai penyakit dengan menyajikan hidangan bernutrisi tinggi. Siapa lagi chef handal kebanggaan di rumah kalau bukan ibu?

Menjadi seorang chef itu penuh tantangan. Sebagai ibu yang pintar, kamu harus memiliki skill dasar sebelum membuat berbagai hidangan lezat. Jika sembarangan, bisa-bisa masakanmu tak lezat di lidah. Buruknya lagi, kamu harus mengulang dari awal agar masakan bisa dimakan.

Jangan takut, jadikan dapur sebagai istanamu. Agar nyaman di dapur, deretan skill ini harus kamu miliki. Dari memotong sampai memasak, tujuh skill dasar ini akan sangat membantumu. Pelan tapi pasti, kamu akan bisa menghasilkan berbagai hidangan mewah yang membuat si kecil selalu minta lagi dan lagi.

Nah, skill dasar seperti apa saja yang wajib dimiliki jika ingin menjadi chef handal bagi keluarga? Dihimpun Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (15/3), yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Tahu cara memotong masakan.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Memotong bahan makanan membutuhkan teknik tertentu. Teknik memotong sayuran tentu berbeda dengan daging. Teknik memotong ini memudahkan bahan makanan agar lebih gampang dimasak. Oleh karena itu, mengetahui teknik memotong jadi salah satu skill dasar yang wajib kamu miliki.

2. Tahu cara menggunakan pisau layaknya master.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Teknik menggunakan pisau jadi modal dasar memasak. Berbagai teknik menggunakan pisau seperti mencincang, memotong, mengupas, mengiris, dan lain-lain harus dipahami sebelum membuat masakan yang lebih rumit. Sekalinya bisa memahami teknik ini, kamu akan siap ke tahap selanjutnya.

3. Tahu cara memisahkan putih dan kuning telur.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Putih dan kuning telur memiliki kegunaan masing-masing untuk memasak. Kuning telur biasanya digunakan sebagai perekat dalam adonan kue. Sedangkan putih telur jadi mayones dan es krim.

Cara paling gampang memisahkan putih dan kuning telur adalah membiarkan isi telur mengalir dari sela-sela jari. Dengan ini, kamu bisa mendapatkan kuning telur di telapak tangan dengan mudah. Walaupun sedikit repot, kamu bisa membuat aneka olahan dengan dua bahan makanan ini.

4. Cara menguleni adonan.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Adonan roti, kue, snack, lumpia, dan lain-lain ternyata membutuhkan teknik menguleni khusus. Kamu tak bisa sembarangan menguleni adonan dan langsung menggunakannya dalam olahan masakan. Pelajari setiap teknik sehingga kamu bisa menghidangkan olahan roti yang selalu dinanti si kecil.

5. Tahu cara memasak daging biar nggak alot.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Daging akan alot jika dipotong sembarangan. Daging harus dipotong melawan serat agar lebih empuk. Tak hanya itu, kamu harus memperhatikan faktor lain seperti jenis daging, oksidasi, dan lain-lain agar bisa menghadirkan olahan daging yang lezat dan empuk ketika digigit.

Sekarang memasak daging bisa lebih mudah dan cepat lunak menggunakan pressure cooker dengan produk terbaru Philips, yakni Electric Pressure Cooker HD2136. Panci presto atau pressure cooker elektronik ini akan membantumu cepat dalam memasak, tak seperti pressure cooker manual. Dengan Electric Pressure Cooker HD2136, kamu bisa memasak daging cuma 25 menit. Hasilnya pun empuk dan nikmat disantap.

6. Memiliki panduan waktu memasak.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Waktu memasak antara bahan makanan satu dengan yang lain tentu berbeda. Sayuran biasanya membutuhkan waktu yang lebih singkat daripada daging. Mempelajari variasi waktu memasak inilah yang penting dalam membuat olahan lezat. Kamu bisa mengatur waktu agar semua hidangan bisa dinikmati bersama dalam waktu yang tepat.

Jika kesusahan mengatur waktu, kamu bisa mengandalkan Philips Electric Pressure Cooker HD2136. Panci presto elektronik ini mempunyai berbagai mode memasak seperti aneka sup daging atau ayam, bubur, nasi, merebus, memanggang kue, dan lain-lainnya. Cukup satu tombol, Philips Electric Pressure Cooker HD2136 akan mengatur waktu memasak secara otomatis. Sekalinya masakan matang, panci presto elektronik ini akan langsung mati.

7. Tahu cara stay safe di dapur.

skill dasar memasak ala chef shutterstock.com

foto: shutterstock.com

Sering tak disadari, dapur ternyata mempunyai berbagai bahaya tersembunyi. Kesalahan sepele misalnya saat menggunakan pisau bisa berakibat fatal, seperti jari teriris. Oleh karena itu, kamu harus mengetahui cara untuk stay safe di dapur. Peralatan memasak lainnya seperti pressure cooker, kompor, dan lain-lainnya harus digunakan dengan cara yang aman agar tak terjadi kecelakaan di dapur.

Untuk masalah keamanan, Philips Electric Pressure Cooker HD2136 bisa lebih menenangkan hati dibandingkan panci presto biasa. Philips Electric Pressure Cooker HD2136 dilengkapi katup yang menutup otomatis saat adanya tekanan tinggi dan untuk melepaskan hanya cukup memutar katup. Suaranya juga tidak bising dan tidak terlalu banyak uap keluar seperti panci biasa. Tekanan uap maksimal dan proses masak lebih cepat menjaga nutrisi makanan.

Wah, jadi nggak ragu menjadikan Philips Electric Pressure Cooker HD2136 sebagai andalan dalam memasak beragam menu ala chef, kan? Nah, untuk info selengkapnya tentang Philips Electric Pressure Cooker HD2136 bisa kamu temukan di sini