Brilio.net - Ruang kelas sekolah di Indonesia biasanya punya bangunan yang sama. Penataan meja di kelas juga tak jauh beda dengan sekolah lainnya.

Padahal di luar negeri, sekolah dan kampus ternyata tak hanya bersaing soal kurikulum dan prestasi. Mereka juga bersaing untuk menampilkan bangunan sekolah yang menarik.

Bahkan di American Institute of Architects (AIA) sampai membentuk departemen khusus untuk meneliti berbagai arsitektur sekolah terbaik di dunia. Berdasarkan penelitian, ternyata ruang kelas punya pengaruh yang besar terhadap pembelajaran siswa.

Nah, berikut sekolah-sekolah yang punya arsitektur menarik yang dilansir brilio.net dari CNN, Jumat (16/9).

1. Nanyang Primary School, Singapura.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Banyak yang mengatakan jika sekolah tak perlu menerapkan konsep fullcolor karena akan mengalihkan konsentrasi siswa. Padahal di luar negeri banyak sekolah yang makah melakukan sebaliknya. Dengan banyak warna ternyata akan lebih merangsang saraf siswa. Lingkungan belajar menjadi lebih menarik.

2. High School #9, Los Angeles, USA.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Sekolah ini mempunyai 7 gedung unik yang mencakup ruang kelas, perpustakaan, kafetaria, dan auditorium pementasan.

3. Hazelwood School in Glasgow, Skotlandia.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Sekolah ini merupakan sekolah khusus penyandang tuna wicara dan tuna rungu. Arsitektur gedung sekaligus ruang kelas tetah didesain mempunyai dinding yang dapat membantu mereka menavigasi jalan melalui bangunan.

4. Fuji Kindergarten di Tokyo, Jepang.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Sekolah ini mempunyai ruang outdoor yang sangat cukup untuk mengeksplorasi kemampuan siswa. Pembelajaran lebih ditekankan di luar kelas. Maka tak heran jika mereka bisa bermain asyik di ruang terbuka.

5. Elementary and primary public school di Estudio Huma, Roldan, Spanyol.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Seluruh bangunan sekolah ini seakan dibungkus dengan karpet yang sebenarnya adalah rumput sintetis. Gedung ini juga mempunyai batas dinding 2 meter untuk melindungi dari hujan deras di kawasan itu.

6. Hakusui Nuersery School, Chiba, Jepang.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Tempat yang luas disetting untuk menampung 60 siswa. Dengan konsep itu, anak-anak bisa sepuasnya bermain di kelas.

7. Nueva School di Bay Meadows, California.

sekolah unik di dunia © 2016 brilio.net



Sekolah ini juga memberikan akses pembelajaran di luar kelas luas kepada muridnya. Selain perpustakaan dan ruang terbuka yang disediakan sekolah, mereka juga bisa melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar. Fasilitas yang ada di sekolah ini juga bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat.