Brilio.net - Banyak orang yang ingin hidup di tengah hiruk pikuk keramaian kota. Tapi ada juga yang pengen banget menyepi sendiri yang jauh dari keramaian. Bagaimana dengan kamu? Nah, jika kamu ingin bertempat tinggal atau bikin rumah yang benar-benar terisolasi nggak ketulungan, rumah-rumah ini patut kamu ketahui.

Dikutip brilio.net dari Domain, Rabu (6/4), berikut rumah-rumah yang jauh banget dari keramaian, bahkan nggak punya tetangga sama sekali. Cekidot!

1. House on the river

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: alamy.com

Rumah yang ada di sungai Drina, Serbia, ini sudah bertahan selama empat dekade dari terpaan berbagai macam cuaca. Mulai dari banjir sampai angin kencang, rumah ini tetap berdiri kokoh. Rumah ini dibangun oleh sekelompok perenang muda yang menjadikannya sebagai tempat nyaman beristirahat di atas batu.

2. Luka Vuerich hut

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: designboom.com

Bangunan ini merupakan sebuah pondok yang terletak di puncak Foronon Buinz di Pegunungan Alpen Julian, Eropa. Rumah ini dirancang oleh arsitek Giovanni Pesamosca dan diberi nama guna menghormati mendiang pendaki Luka Vuerich. Di dalamnya ada sembilan tempat tidur. Posisinya sendiri berada di ketinggian 2.531 meter di atas permukaan laut. Rumah ini bisa dijadikan tempat menginap pendaki, kalau memang mampu sampai ke puncak.

 

3. Garden cabin studio

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: Arsi Ikäheimonen/ dwell.com

Proyek pembuatan rumah ini adalah kolaborasi antara arsitek Ville Hara dari Avanto Architects dan desainer Linda Bergroth. Keduanya meluncurkan desain rumah taman ini pada tahun 2010. Konsepnya adalah menggabungkan sebuah rumah hijau dengan ruang penyimpanan. Semua elemen bangunan ini hanya dirakit menggunakan obeng, lho. Bergroth menggunakan produknya untuk ditempatkan di pulau kecil di Finlandia timur.

 

4. Thousand Islands single home

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: visit1000islands.com

Rumah ini terletak di tengah sungai Canada’s Saint Lawrence. Jadi, terdapat pulau kecil di sana yang bisa ditempati satu rumah. Kalau air sungai pasang, pemilik rumah bisa memasukkan semua furnitur di luar ke dalam rumah, sedangkan kalau air surut bisa jadi dibuat bersantai layaknya di halaman rumah biasa. Lucu, ya? Tapi agak ngeri kalau tiba-tiba banjir bikin kelelep.

 

5. Earthen cabin in the woods

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: theworkofcastor.com

Pada tahun 1800-an seorang pria bernama Little Jon membangun dan hidup di sebuah kabin atau bangunan yang menyatu dengan tanah, yang disebut backstuga di Smaland Selatan, Swedia. Namun sekarang, rumah semi bawah tanah ini diwariskan kepada seorang wanita dan suaminya untuk menyelamatkan rumah ini dari kepunahan. Rumah ini sendiri dibangun setengah terkubur tanah dengan ada tiga dinding batu dan salah satunya terbuat dari kayu.

 

6. The mysterious lonely house

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: amusingplanet.com

Di pulau Ellioaey, Islandia, terdapat satu pondok tunggal dan misterius di tengah batuan gigantis, di tengah laut pula. Tak banyak yang tahu siapa pembangun dan pemiliknya. Yang jelas, pulau terasing ini bukan tempatnya satwa liar, kecuali Puffins, burung lucu dengan paruh pendek berwarna oranye dan hitam.

 

7. Tintaldra cabin, Australia

rumah isolasi © 2016 brilio.net
foto: modscape.com.au

Bangunan satu ini terletak di Sungai Murray di Victoria. Dirancang oleh Modscape, sebuah studio yang mengkhususkan diri dalam arsitektur modular dan prefabrikasi. Modscape membangun rumah ini khusus untuk tempat tinggal para penyendiri atau hanya ingin berinteraksi dengan orang-orang tertentu saja.