Brilio.net - Memasuki musim kemarau, beberapa wilayah di Indonesia dilanda cuaca yang lebih dingin dari biasanya. Cuaca seperti ini juga dirasakan di Bandung, Jogja, Cilacap dan lain-lain. Suhu dingin yang terasa merupakan fenomena wajar. Hal ini menandakan datangnya periode musim kemarau.

Bahkan di kawasan Dieng, Jawa Tengah, pada Senin pagi, (24/6), suhu anjlok sampai minus sembilan derajat celcius. Embun membeku menjadi es muncul cukup tebal dan luas. Suhu minus sembilan derajat celcius di antaranya tercatat di kompleks Candi Arjuna Dieng.

Di kompleks ini embun es menyelimuti kawasan yang luas. Tentunya momen ini membuat masyarakat dan wisatawan mengabadikan momen langka tersebut.

Suhu udara Dieng sepekan terakhir ini memang turun kurang dari nol derajat. Namun suhu pada Senin pagi kemarin adalah yang terendah. Penasaran kan, bagaimana penampakan Dieng saat -9 derajat celcius?

Berikut ini deretan potret Dieng membeku yang berhasil diabadikan warganet, seperti dirangkum brilio.net dari beberapa akun media sosial pada Selasa (26/6).

Loading...

1. Bukan di Eropa, ini masih di Indonesia. Tepatnya di Dieng, Jawa Tengah.

dieng -9 derajat bak eropa © berbagai sumber

foto: Twitter/@Mizaaan3

2. Sepekan terakhir, suhu udara di Dieng turun sampai kurang dari nol derajat.

3. Embun membeku layaknya salju di rerumputan dan juga dedaunan.

dieng -9 derajat bak eropa © berbagai sumber

foto: Instagram/@trisaktidieng_crew16

4. Momen langka ini sontak langsung diabadikan oleh masyarakat dan wisatawan sekitar.

dieng -9 derajat bak eropa © berbagai sumber

foto: Twitter/@apriliaadesil

5. Mengalami suhu ekstrem sejak sepekan lalu, Senin kemarin adalah yang paling rendah.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kondisi dieng saat ini beku kembali.. Suhu capai -3 derajat celcius. . . Loct.area komplek candi Arjuna Dieng. . Jumat, 21/6/2019 . from @trisaktidieng_crew16 . ••• #wonosobozone #banjarnegarazone

A post shared by wonosobozone (@wonosobozone) on

6. Cuaca seperti ini dianggap wajar terjadi saat peralihan dari musim hujan ke kemarau.

dieng -9 derajat bak eropa © berbagai sumber

foto: Twitter/@jengnanini

7. Bagi yang mau merasakan salju nggak usah jauh-jauh ke Eropa. Ke Dieng saja sudah cukup. Berani?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Senin, 24 Juni 2019, kawasan candi Arjuna Dieng Wonosobo suhu -8°C. .. Ayo wingi sing nge tag pasangane.. ngajak2 koncone.. wis sido mampir rene rung.. ojo mung wacana tok.. @ahmadhudori.sy . . . . komplek candi Arjuna,Dieng #candiarjunadieng #candiarjuna #dieng #wisatausa #wisataungaran #eventungaran #exploreungaran #visitungaran #kulinerungaran #wisatabandungan #wisataambarawa #exploreambarawa #visitambarawa #kulinerambarawa #wisatasalatiga #eventsalatiga #exploresalatiga #visitsalatiga #kulinersalatiga #wisatasemarang #ungaranhits #ungaranhitz #ambarawahitz #ambarawahits #salatigahitz #salatigahits #eventsemarang #exploresemarang

A post shared by WISATA UNGARAN SALATIGA AMB (@wisatausa) on

RECOMMENDED BY EDITOR