Brilio.net - Zaman sekolah adalah zaman yang bikin banyak orang kangen, termasuk kamu kan? Baik itu suasana main sama temen, interaksi sama guru, seru-seruan di kantin, sampai kenangan peralatan sekolah nggak ketinggalan bikin senyum-senyum sendiri kala kangen.

Kalau sebelumnya kamu diajakin bernostalgia sama buku-buku paket yang wajib kamu punya, sekarang coba yuk inget-inget lagi penerbit buku yang sering kamu pelajari bukunya di bangku sekolah.

Dari tujuh penerbit yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (1/10) berikut ini, mana yang bukunya pernah kamu buat belajar dulu, ya?

1. Penerbit Erlangga.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

Loading...

foto: fajaragung.com

Penerbit Erlangga  berada di bawah naungan Erlangga Group yang berdiri sejak 30 April 1952. Semula penerbit ini hanya menerbitkan buku-buku pelajaran dari SD sampai perguruan tinggi aja, Sobat Brilio.

Namun kini mereka sudah memasuki ranah buku anak, fiksi, non fiksi, bahkan majalah. Semboyan dari penerbit yang berkantor pusat di Ciracas, Jakarta Timur ini adalah 'Belajar Lebih, Lebih Belajar'.

2. Penerbit Yudhistira.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: kaskus.co.id

Selain Erlangga, penerbit buku yang pernah kamu miliki di bangku sekolah pasti ada Penerbit Yudhistira, kan? Penerbit bernama lengkap Yudhistira Ghalia Indonesia ini berdiri sejak tahun 1971 dengan mengusung idealisme mencerdaskan pendidikan anak bangsa. Penerbit Yudhistira ini menerbitkan dan mencetak buku sekolah dari tingkat SD hingga SMA/SMK.

3.  Penerbit Tiga Serangkai.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: kaskus.co.id

Penerbit buku sekolah legendaris lainnya adalah Penerbit Tiga Serangkai. Penerbit ini didirikan pada 28 September 1958 oleh guru SD di Wuryantoro Wonogiri, Jawa Tengah, yakni Abdullah Marzuki (Alm) dan istri Siti Aminah Abdullah.

Penerbit yang berbasis di Surakarta, Jawa Tengah ini bukan hanya menerbitkan dan mencetak buku pelajaran, melainkan juga buku-buku umum berbagai tema, ada buku anak, buku motivasi, resep makanan, biografi tokoh terkenal, dan sebagainya.

4. Penerbit Intan Pariwara.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: intan-pariwara-klaten.blogspot.co.id

Penerbit yang berbasis di Klaten, Jawa Tengah ini juga menghiasi hari-hari sekolahmu, kan? Berdiri sejak 8 November 1982, penerbit ini turut membawa semangat mencerdaskan bangsa.

Buku-buku terbitan Intan Pariwara seperti buku anak yang berisi ilmu pengetahuan maupun tentang lagu anak-anak sampai buku kumpulan soal latihan Ujian Nasional (Unas atau UN), lho.

BACA JUGA: 12 Foto kocak ini ingatkan kamu pas situasi jam kosong di sekolah, ah bikin kangen!

5. Penerbit Balai Pustaka.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: pydnew.wordpress.com

Penerbit Balai Pustaka mengisi jajaran penerbit buku pelajaran paling dikenal. Setuju, kan? Penerbit yang berbasis di Matraman, Jakarta Timur ini menjadi penerbit yang menyediakan buku-buku pelajaran, buku sastra, buku anak, kamus, cerita rakyat, sampai buku tentang teknologi.

6. Penerbit Kanisius.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: siper.mmtc.ac.id

Penerbit Kanisius lahir di Yogyakarta pada 26 Januari 1922. Namanya terinspirasi dari pendirinya yakni Canisius Drukkerij. Konon, Penerbit Kanisius adalah percetakan dan penerbitan pertama di Indonesia. Bahkan setelah kemerdekaan, Canisius Drukkerij dipercaya mencetak Oeang Republik Indonesia (ORI) atau mata uang Indonesia kala itu.

Nggak heran semenjak itu, Canisius Drukkerij jadi acuan pembelajaran dan pelatihan bagi percetakan dan penerbitan lain. Produk dari Penerbit ini sudah sangat beragam, dari buku pelajaran sampai umum seperti bisnis, biografi, keluarga, humor, politik, bahkan ada novel fiksi.

7 Ganeca Exact.

Penerbit legendaris © 2016 brilio.net

foto: ganecaexact.blogspot.co.id

Buku dari Penerbit Ganeca Exact juga nggak ketinggalan menghiasi koleksi buku pelajaranmu. Penerbit ini menerbitkan dan mencetak buku-buku pelajaran, mulai dari buku Matematika sampai pendidikan agama, dari SD sampai SMA.

Jadi, penerbit mana yang paling sering nemenin kamu belajar, Sobat Brilio?

RECOMMENDED BY EDITOR