Brilio.net - Saat kamu tanpa sengaja menemukan uang di sela-sela kantong celana atau saat berjalan-jalan di taman, tentu merasa bagai mendapat durian runtuh. Uang lima ribu atau sepuluh ribu rupiah saja sudah membuat kamu bahagia bukan kepalang. Lantas bagaimana ya perasaan orang-orang ini? Ada orang yang tanpa sengaja menemukan lukisan berharga mahal dan ada juga yang menemukan uang jutaan rupiah di kamar mandi.

Penasaran dengan penemuan lainnya? Nah, berikut ini brilio.net himpun dari kaskus, Jumat (10/7), ada 7 orang yang menemukan benda langka dan berharga mahal tanpa disengaja:

1. Seorang kontraktor menemukan uang Rp 2,4 miliar di kamar mandi

Pada tahun 2006, seorang kontraktor Bob Kitts dari Cleveland, Ohio menemukan uang senilai USD 182.000 atau setara Rp 2,4 miliar tersembunyi di dinding kamar mandi. Kitts mencoba merobohkan dinding kamar mandi sebuah rumah tua yang berumur 83 tahun di dekat Danau Erie. Ketika itu, ia menemukan dua brankas tergantung di dalam dinding dengan menggunakan kawat. Di dalamnya terdapat amplop putih dan uang, sontak penemuan tersebut langsung tersebar dengan cepat. Hal ini sempat menyebabkan persaingan antara pemilik rumah dan kontraktor. Akhirnya uang yang didapat diberikan kepada keturunan dari keluarga yang alamatnya ditelusuri dari alamat pengirim yang tertera di amplop uang itu.

2. Menemukan salinan deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat

Seorang pria yang tidak dikenal, membeli lukisan robek karena tertarik dengan bingkainya seharga USD 4 atau saat ini setara dengan Rp 53 ribu di sebuah pasar loak di Adamstown. Ketika sampai di rumah dia mengeluarkan lukisan tersebut dari bingkainya untuk dibuang tetapi justru menemukan salinan resmi dari Deklarasi Kemerdekaan dalam keadaan terlipat dan disembunyikan di belakang. Salinan tersebut dicetak oleh John Dunlap pada 4 Juli 1776, untuk membawa berita tentang kemerdekaan Amerika Serikat. Diketahui salinan ini adalah salah satu dari 24 salinan deklarasi, dan salah satu dari tiga yang tersisa di tangan swasta.

Salinan seharga Rp 50an ribu itu kemudian dihargai sebesar USD 2.420.000 atau setara dengan Rp 32 miliar dalam sebuah pelelangan di Sotheby's. Pembelinya adalah Donald J. Scheer dari Atlanta, presiden Visual Equities Inc.

3. Seorang kolektor menemukan koin emas di rumah kosong

Jeff Bidelman, seorang pemilik Collectibles Johnstown, sedang membantu keluarga membersihkan rumah mereka yang telah ditinggalkan lebih dari dua puluh tahun yang lalu. Ia melihat sebuah lubang di dinding lantai atas dan menemukan kantong. Ketika kantong tersebut disobek, ditemukan tumpukan koin emas di dalamnya. Dia memperkirakan nilai aktual koin emas itu dapat mencapai USD 200.000 atau saat ini setara dengan Rp 2.6 miliar.

4. Mahasiswa menemukan sebuah lukisan senilai Rp 358 jutaan

Seorang siswa Jerman membeli sebuah sofa seharga USD 215 atau saat ini setara dengan Rp 2 jutaan di pasar loak Berlin. Dia menemukan sebuah lukisan senilai 100 kali dari harga sofa tersebut di dalamnya. Menurut Rumah lelang Kettler, lukisan cat minyak itu terjual seharga USD 27.630 pada pelelangan di Hamburg yang setara dengan Rp 358 jutaan. Lukisan tersebut dilukis oleh seniman yang tidak dikenal berkisar antara tahun 1605 sampai 1620.

Beruntung banget ya! KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

5. Wanita tua menemukan kartu bisbol berusia 140 tahun di ruang bawah tanah

Bernice Gallego, 72 tahun dari California menemukan kartu bisbol langka dari tim profesional pertama di Amerika Serikat di rumahnya. Saat itu ia ingin menjual kartu tersebut di eBay seharga USD 10, namun dilarang oleh temannya. Kartu bisbol tersebut kemudian dihargai USD 75.285 atau saat ini setara dengan Rp 2.858.425.

6. Wanita menemukan lukisan Pollock bernilai jutaan

Seorang wanita bernama Teri sering mengunjungi toko murah di sekitar Amerika Utara. Ketika di California ia juga mampir ke sebuah toko tua dan melihat sebuah gambar tergeletak tak terawat di sudut ruangan. Sebenarnya ia tidak menyukainya namun kemudian membelinya untuk oleh-oleh seorang temannya dengan harga USD 5 atau setara dengan Rp 66 ribuan.

Lukisan ini kemudian teridentifikasi sebagai karya asli Jackson Pollock, seorang pelukis dari Amerika. Bagaimana lukisan tersebut sampai dan dijual di galeri lokal Toronto masih merupakan sebuah misteri. Pada akhirnya lukisan itu diketahui merupakan karya Pollock dan dihargai sebesar USD 50 juta atau saat ini setara dengan Rp 664 miliar.

7. Orang yang membeli lukisan seharga Rp 15,9 miliar

Seorang karyawan sebuah perusahaan di Indiana menghabiskan USD 30 atau setara dengan Rp 398.850 untuk beberapa furnitur dan sebuah lukisan tua. Ia kemudian menggantung gambar tersebut untuk menutupi sebuah lubang di dinding.

Beberapa tahun kemudian, ia melihat sebuah kartu dari permainan yang dinamakan Mahakarya dan menyadari bahwa gambar di kartu tersebut mirip dengan karya Martin Johnson Heade, seorang pelukis Amerika yang melukis pemandangan dan bunga. Dia kemudian bertanya ke Galeri Kennedy di Manhattan, yang menangani karya-karya Heade, untuk melihat lukisannya. Mereka memverifikasi bahwa karya seni tersebut asli. Kemudian Museum Fine Arts di Houston membeli lukisan tersebut seharga USD 1,2 juta atau setara dengan Rp 15,9 miliar.