Brilio.net - Mayat yang tubuhnya diawetkan selama bertahun-tahun menyimpan informasi yang menarik untuk diketahui. Entah diawetkan dengan alami atau buatan, mumi-mumi tersebut selalu menarik dari sisi kisah kematiannya atau proses pengawetan unik.

Nah, berikut 7 mumi paling menarik orang di berbagai dunia, seperti dilansir brilio.net dari Scaredyet dan Kaskus, Kamis (4/8):

1. Putri Ukok.

mumi menarik di dunia © 2016 brilio.net

50.000 tahun yang lalu di Pegunungan Altai, seorang wanita yang sangat kuat dan dihormati meninggal di pertengahan usia dua puluhan. Karena tato yang menghiasi tubuhnya, kemewahan makamnya, dan tiga kuda yang dikuburkan bersamanya membuat banyak orang menduga wanita ini berasal dari status sosial yang tinggi, pendeta atau mungkin pendongeng.

Loading...

Sejak makamnya digali dan mayatnya dibawa ke Rusia, pemerintah setempat mengklaim sering terjadi gempa bumi di wilayah tersebut, seolah mengisyaratkan ketidaksenangannya. Oleh karena itu pejabat Altai terus melobi untuk membawa kembali Putri Ukok.

2. Rosalia Lombardo.

mumi menarik di dunia © 2016 brilio.net

Rosalia adalah salah satu mumi yang paling terkenal karena pengawetannya yang sedemikian rupa sehingga tampak seolah-olah sedang tidur. Tubuhnya sangat terawat dan sulit untuk percaya kalau dia meninggal hampir 90 tahun yang lalu. Tak heran kalau ia mendapat julukan 'sleeping beauty' dan dianggap sebagai salah satu tubuh mumi terbaik di dunia.

Rosalia Lombardo adalah seorang anak yang lahir pada 1918 di Palermo, Sisilia. Dia meninggal pada 6 Desember 1920 akibat pneumonia. Ayah Rosalia begitu amat berduka atas kematian anaknya, kemudian mencari Dr. Alfredo Salafia, ahli mengisi kulit binatang, untuk tujuan mengawetkan putrinya.

3. Mumi Wanita Andean.

mumi menarik di dunia © 2016 brilio.net

Sekitar 500 tahun yang lalu, tiga anak dibawa ke puncak gunung berapi Llullaillaco di Argentina. Dua dari mereka masih sangat muda, usianya antara empat dan lima tahun, sementara anak ketiga sekitar 13 tahun. Mereka diracuni dan udara dingin dari pegunungan Andes mengawetkan tubuhnya dengan sangat baik.

Diduga gadis paling tua dipilih sebagai korban dan dibuat menjadi semacam tokoh pendeta. Sementara dua anak lainnya bertindak sebagai pengikutnya. Dalam foto ini terlihat bagaimana rambut si gadis masih dikepang dengan tangan dan wajah yang masih tampak lembut.

4. Tollund Man.

mumi menarik di dunia © 2016 brilio.net

Tollund Man adalah mumi alami mayat laki-laki yang ditemukan pada tahun 1950 di Semenanjung Jutlandia, Denmark. Otopsi menunjukkan penyebab kematiannya adalah karena tergantung tali dan meninggalkan bekas kerut di kulit di bawah dagu dan di sisi lehernya. Meskipun begitu kepala dan wajahnya sangat terawat dengan baik.

Tubuhnya sangat terawat! KLIK NEXT untuk melihat yang kondisinya paling baik.