Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Wow
Logo brilio
+
(brl/tin)

04 Desember 2018 08:34

7 Kebiasaan unik orang Indonesia saat makan, negara lain tak ada

Apa pun lauknya, jika tak ada nasi pasti tak akan kenyang. .

7 Kebiasaan unik orang Indonesia saat makan, negara lain tak ada

View Image

foto: shutterstock.com

Brilio.net - Indonesia punya beragam jenis masakan yang tak terhitung dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya makanannya, cara makan orang Indonesia juga berbeda-beda di setiap daerah. Oleh karena itu, orang Indonesia punya kebiasaan khas saat makan yang tak ada di negara lain.

Contohnya, orang Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan nasi. Apa pun lauknya, jika tak ada nasi pasti tak akan kenyang. Selain itu, kamu juga pasti tak asing dengan mi instan dicampur nasi. Walaupun sama-sama penuh karbohidrat, kombinasi mi instan dengan nasi memang selalu menggoda.

Ada pula kebiasaan unik orang Indonesia saat makan yang bikin orang luar negeri menganga. Apa itu? Tak lain adalah tisu toilet (tisu gulung) dipakai sebagai tisu makan, dan diletakkan di atas meja makan warung-warung. Indonesia banget, kan?

Begitu banyak kebiasaan unik orang Indonesia saat makan, sampai-sampai bisa jadi bahan guyonan lewat meme. Nah, memangnya apa saja sih kebiasaan unik orang Indonesia saat makan?

Brilio.net sudah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (4/12), tujuh kebiasaan unik yang sangat melekat pada orang Indonesia saat makan. Yuk kita simak berikut ini, Sobat Brilio!

1. Harus pakai nasi.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nasi adalah makanan pokok yang paling populer di Indonesia. Nasi hangat yang mengepul dipadu lauk lezat jadi cara makan paling nikmat bagi orang Indonesia. Makan pagi sampai malam tidak akan nikmat jika tak ada nasi. Orang Indonesia memang tak bisa jauh-jauh dari kelezatan nasi.

2. Kenikmatan makan di warteg dengan kaki diangkat ke kursi.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Warteg jadi salah satu pilihan orang Indonesia mengisi amunisi tenaga untuk beraktivitas. Umumnya, porsi makanan di warteg begitu banyak dan berharga murah, sehingga banyak orang yang suka makan di sini.

Sambil menikmati menu warteg yang lezat dan mengenyangkan, kamu juga bisa ngobrol dengan sesama pengunjung dan bersantai melepas penat. Biar lebih nikmat dan seru, kamu bisa mencoba mengangkat kaki ke kursi. Kenikmatan cara makan di warteg ini tak ada duanya, deh.

3. Makan nasi padang dengan tangan langsung.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nasi padang sering jadi andalan saat sedang darurat lapar. Murah dan cepat, kamu bisa menikmati berbagai masakan Padang yang lezat. Salah satu cara menikmati masakan Padang paling nikmat ialah menggunakan tangan secara langsung. Kamu pasti akan makan sangat lahap dengan cara ini. Kebiasan unik ini memang hanya dimiliki orang Indonesia.

4. Nongkrong sambil wedangan di pinggir jalan.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Budaya menikmati minuman hangat di pinggir jalan tak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Saat sore sampai tengah malam, kamu akan menemukan berbagai angkringan di pinggir jalan. Sambil menikmati wedang atau minuman, kamu akan bisa bersantai hingga berjam-jam. Nongkrong di angkringan sambil bercengkrama dengan teman jadi salah satu kegiatan asyik.

Budaya angkringan ini sudah sangat populer lho. Bahkan di Solo ada festival Wedangan gratis dan ketoprak massal. Acara yang diselenggarakan pada 24 November 2018 lalu ini menarik ribuan orang untuk mendatanginya. Sebanyak 1.000 tiket yang disediakan panitia langsung ludes.

Acara yang disponsori Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar) ini menyediakan suguhan wedangan dan jajanan khas Solo yang lezat. Ketopraknya mengusung lakon "Cempoko Mulyo" hasil kolaborasi dari Ketoprak Kampung Balekambang Surakarta dan Radio Republik Indonesia (RRI).

Meriahnya acara ini membuktikan bahwa nongkrong di angkringan sambil menikmati wedangan adalah kebiasaan unik yang hanya ada di Indonesia.

5. Gorengan seperti tempe dan tahu bikin makan jadi lebih nikmat.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Nasi panas yang mengepul dengan sambal pedas ditemani gorengan pasti bikin lidah bergoyang. Apa pun lauknya, pasti akan lebih lezat jika ditemani gorengan. Jenisnya juga bermacam-macam lho. Tempe, tahu, bakwan, dan lain-lain membuat makan jadi lebih nikmat. Orang Indonesia memang tak bisa dilepaskan dari godaan gorengan yang lezat. Kamu juga kan, Sobat Brilio?

6. Teh jadi minuman wajib saat menikmati pagi.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Sarapan pagi tak bisa dipisahkan dengan secangkir teh. Kebiasaan ini bisa bikin kamu makin semangat di pagi hari. Sarapan adalah makanan yang paling penting sepanjang hari. Dengan sarapan yang nikmat, kamu bisa menghadapi segala tantangan.

Seduhan teh yang nikmat bisa kamu ubah sesuai kesukaanmu lho. Banyak orang yang menambahkan gula, madu, susu, dan lain-lain ke secangkir teh. Apa pun tambahannya, kamu pasti paham jika momen nge-teh pada pagi hari pasti bikin semangat makin menyala.

Nge-teh ternyata nggak sesimpel menyeduh daun teh di air panas saja. Ada aturannya agar teh jadi lebih nikmat. Oleh karena itu, ada event seperti Festival Seduh Teh di JiExpo Kemayoran yang bikin kamu melek tentang cara menikmati teh yang benar. Acara yang diadakan pada 23-25 November lalu ini memberikan pengetahuan baru yang unik dan menarik tentang teh. Pengunjung disuguhi berbagai jenis teh dan bagaimana caranya menyeduh. Acara yang disponsori Kemenpar ini jadi tujuan wajib bagi kamu penikmat teh.

7. Lauk yang paling enak disisakan untuk dimakan terakhir.

kebiasaan unik orang Indonesia saat makan berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Hayo ngaku saja, kamu pasti pernah menyisakan lauk yang paling enak untuk dimakan terakhir. Potongan ayam goreng, daging rendang, dan lain-lainnya akan terasa lebih nikmat saat dinikmati terakhir. Kepuasan menikmati lauk yang paling enak di akhir ini jadi kebiasaan khas orang Indonesia ketika makan.

 

RECOMMENDED BY EDITOR

 

 

Pilih Reaksi Kamu

Tags

#Pesonaindonesia Unik Kebiasaan Tingkah Lucu Aksi Lucu Sponsored Content Karakter Orang budaya
Tulis Komentar
MORE