Brilio.net - YouTube kini jadi media berbagi konten kreatif yang mempunyai pengaruh sangat besar. Terbukti, konten yang viral bisa ditonton lebih dari puluhan juta kali dalam hitungan jam.

Jika dulu karier sebagai YouTuber dianggap sampingan, lain cerita sekarang. Kamu bisa menjadikannya pekerjaan tetap berkat derasnya pundi uang dan popularitas di media sosial buatan Google tersebut. Nggak heran, sekarang bermunculan YouTuber muda dari pelosok negeri menghasilkan konten-konten kreatif yang menarik ditonton.

Melihat fenomena ini, YouTube menggelar YouTube FanFest 2019 yang mempertemukan para fans dan kreator konten serta memungkinkan mereka berkolaborasi. Mendukung spirit kolaborasi ini, IM3 Ooredoo turut serta lewat kampanye Collabonation - Freedom to Collaborate di YouTube FanFest 2019.

Digelar di lima kota yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Jakarta, IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest mengundang anak muda membuat konten digital secara kolaborasi sehingga karya mereka semakin menarik.

Di panggung IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest Bandung, kreator hits YouTube Yudist Ardhana berkolaborasi dengan musisi Kery Astina memamerkan keahlian masing-masing. Yudist menyajikan konten sulapnya yang diiringi alunan musik karya Kerry. Bikin heran penonton, karya mereka menjawab tantangan #Collabonation dari IM3 Ooredoo.

Selanjutnya ada karya unik yang datang dari kota pelajar, Yogyakarta. Kreator Salshabilla Adriani x Musisi Jogja Project (Tri Suaka) unjuk gigi dengan penampilan baru. Kolaborasi ini menjawab tantangan #Collabonation dengan memadukan musik modern dan unsur tradisional.

Sementara di Surabaya, ada YouTuber Londo Kampung yang berkolaborasi dengan Bats Channel. Konten positif mereka mendapat sambutan baik ratusan pengunjung. Mereka juga nyobain ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) di IM3 Ooredoo booth loh.

Nah, sebentar lagi, Jakarta akan jadi gong IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest 2019 pada 29 November. Penasaran siapa saja YouTuber yang bakal memeriahkan acara berkonsep liveshow ini?

Nggak tanggung-tanggung, deretan kreator YouTube dari berbagai bidang ini pernah bikin konten yang ditonton ratusan juta pasang mata. Dirangkum Brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (29/11) berikut informasinya.

1. Arif Muhammad.

Ditonton lebih dari 61 juta kali, kelakuan Arif Muhammad atau Mak Beti dalam video ‘BETI PERGI KE MALL‘ di atas begitu mengocok perut. Uniknya, semua karakter yang ada di video ini diperankan sendiri oleh cowok berusia 27 tahun tersebut.

Tingkah Mak Beti lucu abis saat hendak membeli baju di video tersebut. Materi humor lucu dan eksekusi yang apik membuat karya Arif itu viral dan ditonton puluhan juta kali.

2. Rans Entertainment.

Kisah keluarga selebriti memang tak ada matinya. Rans Entertainment membahas kisah sehari-hari keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Kali ini, si kecil Rafathar mengerjai sang ayah, Raffi. Reaksi Raffi yang di luar dugaan dan kelakuan usil si kecil sukses bikin video bertajuk PRANK PAPA RAFFI - SEKELILING PAPA ADA RAMBUTAN !!! itu viral.

3. Young Lex.

Baru berusia 24 tahun, Young Lex menjadi salah satu rapper pendatang baru yang terkenal berkat YouTube. Video kolaborasinya dengan rapper lain seperti Reza Oktovian dan Kemal Palevi di atas ternyata begitu viral. Terbukti, video musik itu hingga kini sudah ditonton lebih dari 59 juta kali.

4. Animasinopal.

Nggak cuma musik atau kisah selebriti, animasi Indonesia ternyata juga populer di YouTube. Kreator Animasinopal bisa meraih 33 juta view di video berjudul Lagu Semangat Sekolah Yang Aneh.

Kisah sehari-hari seperti berangkat sekolah bisa jadi materi kocak yang viral. Kariernya dimulai dari komik strip, karakter Si Opal kini sudah mempunyai 4,82 juta subscriber.

5. Maell Lee.

Pria kelahiran Aceh ini sukses menjadi YouTuber berkat konten lucu yang mengocok perut. Kali ini, kontennya yang 'membedah' rumah komedian Sule (Entis Sutisna) viral dan ditonton lebih dari 11 juta kali. Bergaya laiknya perampok, kelakuan Maell selama di rumah Sule bikin konten ini penuh dengan komedi kocak.

6. Step by Step ID.

Gerakan tarian hits K-Pop yang digarap Natya dan Rendy ini sukses memikat hati penonton. Kali ini, mereka meng-cover lagu viral Lagi Syantik di pusat kota Jakarta, Monas. Viral, videonya ditonton lebih dari 40 juta kali. Tak hanya di YouTube, mereka juga pernah tampil di TV luar negeri seperti Mnet, KBS, dan Arirang TV.

7. Yudist Ardana.

YouTuber satu ini terkenal dengan aksi kocaknya. Kali ini, Yudist berkeliling dengan mobil mainan bertenaga baterai sambil menjahili orang lain. Dengan mobil mainan tersebut, cowok ini berpura-pura parkir di mall dan masuk ke drive through restoran cepat saji.

Kocaknya, Yudist berusaha mengisi bahan bakar di SPBU padahal mobil tersebut bertenaga listrik. Viral, videonya ditonton lebih dari 22 juta kali, lho.

Deretan YouTuber di atas sudah membuktikan konten kreatif dan asyik bakal dinikmati semua orang. Kesuksesan mereka ini pasti dimulai dari nol. Kisah mereka menjadi inspirasi tersendiri bagi kamu yang ingin jadi kreator konten ataupun YouTuber.

Beruntungnya, buat kamu yang ingin menciptakan konten digital positif melalui kolaborasi, IM3 Ooredoo hadir dengan kampanyenya Collabonation-Freedom To Collaborate di YouTube FanFest 2019. Pengunjung YouTube FanFest 2019 tiap kota bisa bereksperimen membuat konten ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) di IM3 Ooredoo booth.

Bersama teman atau keluarga, kamu bisa memenangkan hadiah kamera vlog. Caranya gampang. Upload video ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response) kamu di Instagram dengan hashtag #IM3OoredooYTFF dan #Collabonation.

Serunya lagi, kamu bisa bebas menikmati internet tanpa perlu takut kehabisan kuota dengan paket terbaru IM3 Ooredoo, Freedom Internet. Kamu juga bisa semakin lancar berkomunikasi dengan nelpon sebebasnya menggunakan paket Freedom Internet ini. Bikin konten digital pun jadi tenang dan bebas berekspresi dong, ya.

Penasaran tentang kolaborasi IM3 Ooredoo Collabonation x YouTube FanFest? Yuk, klik di sini untuk informasi lebih lanjut atau menghubungi *123# dan melalui aplikasi myIM3 di smartphonemu.