Brilio.net - Kamu salah satu penggemar tanaman hias? Nah, belum lengkap rasanya jika belum memiliki koleksi tanaman hias gantung variegata cantik dan terlihat unik. Pasalnya tanaman hias variegata memiliki nilai jual tinggi jika dibandingkan dengan tanaman bercorak biasa. Terdapat corak yang khas yang dimiliki oleh variegata dan menjadi daya tarik tersendiri serta cukup langka.

Tanaman hias gantung variegata merupakan salah satu tanaman yang memiliki perbedaan warna dari tanaman aslinya. Biasanya berupa bercak ataupun garis-garis berwarna sehingga mempercantik tampilan pada daun tanaman tersebut. Variegata sendiri sebenarnya bukanlah suatu nama tanaman melainkan variasi pada tanaman.

Saat ini tanaman hias variegata banyak yang mengkategorikannya sebagai salah satu spesies tumbuhan langka. Meski tanaman ini tidak memiliki bunga yang warna-warni, namun warna bercak dan dagrasi pada daunnya begitu unik. Sehingga di pasaran harga tanaman tersebut dibanderol dengan harga tinggi.

Kini hadir bermacam jenis tanaman hias yang dijadikan sebagai tanaman hias gantung variegata. Nah, apa saja pilihan jenis tanaman hias gantung variegata ini? Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, Kamis (4/3).

-1. English ivy.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@theplant.supply

Tanaman hias gantung variegata yang pertama ada english ivy yang masuk dalam keluarga Araliaceae. Daun english ivy menghasilkan warna unik, yakni perpaduan hijau dan putih kekuningan. Tanaman merambat ini cocok dijadikan sebagai vertikal garden. English ivi juga menyukai area lembab ini, memiliki bunga berdiameter 5 cm dan mekar dari musim panas hingga musim gugur.

-2. Philodendron.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dendronhouse_id

Terdapat beragam variasi philodendron dengan corak dan warna dramatis. Beberapa yang paling populer di antaranya yaitu heartleaf philodendron, lacy tree philodendron, dan red-leaf philodendron. Tanaman tropis ini juga memiliki kemampuan yang efektif untuk membantu membersihkan udara yang kita hirup. Sehingga philodendron bagus dijadikan dekorasi indoor ataupun outdoor.

-3. Sansevieria.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@theplantedthought

Sansevieria juga masuk dalam jenis variegata yang banyak dicari kolektor tanaman. Tanaman ini terdapat beragam ukuran daun yang terdiri dari bentuk daun, panjang dan lebar daun. Sansevieria dapat beradaptasi di tempat yang penuh dengan cahaya atau minim cahaya. Biasanya perbedaan dari indukan ke anakan akibat mengalami mutasi. Sehingga wajar harga tanaman ini terbilang mahal.

-4. Calathea.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@iranplantoriginal

Tanaman hias calathea berasal dari Amerika Selatan ini memiliki daun yang lebar dan cantik. Rupanya ada banyak jenisnya dan tiap jenis memiliki keunikan masing-masing yang membuatnya beda dari tanaman lain. Salah satu yang menarik yaitu calathea yang berwarna ungu kemerahan di bagian bawahnya. Perpaduan warna ungu, pink, serta hijau pada daun calathea tampak serasi. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai hiasan dalam ruangan untuk memberikan warna yang berbeda.

-5. Rubber plant.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@houseplant_af

Tanaman hias gantung variegata selanjutnya ada rubber plant yang termasuk dari genus Ficus. Rubber plant atau Karet Kebo yang memiliki banyak macam ini, memiliki sebutan nama yang berbeda-beda. Terdapat keunikan dari rubber plant dimana memiliki daun berbentuk lonjong dan meruncing pada bagian pangkal hingga ujung.

-6. Monstera.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@monster_a_monster

Monstera atau yang dikenal dengan janda bolong memiliki salah satu variegata yang paling populer. Seperti namanya, tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yang bolong-bolong. Tanaman monstera variegata umumnya berdaun perpaduan hijau putih. Semakin unik serta langka warnanya, semakin tinggi juga harga jualnya. Belakangan tanaman ini bisa dibanderol hingga ratusan juta rupiah.

-7. Aglonema.

Jenis tanaman hias gantung variegata Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ngebon.ahh

Aglonema juga akrab disebut sebagai tanaman Sri Rejeki atau Chinese Evergreen. Para pecinta tanaman hias banyak yang menggemarinya karena daunnya bercorak berani dan unik. Tak heran kalau aglonema variegata ini kerap dicari orang karena keindahannya. Salah satu karakteristiknya yaitu mampu bertahan dalam kondisi cahaya rendah dalam ruangan. Namun juga dapat tumbuh di tempat terang benderang.

RECOMMENDED BY EDITOR