Brilio.net- Rumah yang bersih, indah dan terawat akan membuat perasaan baik semakin meningkat. Kesan sejuk dan tenang juga bisa kamu rasakan di dalamnya. Nggak melulu berhias perabotan mewah, kamu bisa mendapatkan suasana ini dengan merawat tanaman hias. Tanaman keladi bisa kamu lirik sebagai salah satu pilihannya. Dikenal sebagai salah satu tanaman hias terbaik, keladi memberikan banyak manfaat untuk kamu ketika merawatnya, salah satunya meredakan stres pada tubuh.

Keladi dapat tumbuh di area terbuka dengan tinggi 40-90 cm dan lebar daun 15-35 cm. Ada berbagai jenis dan warna yang bisa kamu temukan pada tanaman hias ini. Tapi jangan sampai melewatkan jenis keladi dengan perpaduan warna hijau dan merah. Pasalnya kombinasi ini bisa jadi solusi yang tepat untuk kamu yang ingin memperindah rumah. Nggak hanya cantik, keladi juga memiliki kelebihan dengan perawatannya yang mudah lho.

Yuk kenalan dengan beragam jenis keladi berwarna hijau dan merah. Simak selengkapnya dalam ulasan Brilio.net dari thespruce.com dan berbagai sumber lainnya pada Kamis (25/3).

Jenis keladi hijau merah untuk mempercantik rumah.

1. Keladi green spider.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@dian_ayuwardani

Tanaman keladi jenis green spider pasti sudah nggak asing buat kamu para pencinta tanaman. Si cantik ini akan semakin memperindah rumahmu dengan kombinasi warna hijau dan merahnya. Seperti namanya, keladi green spider memiliki daun dengan corak seperti laba-laba. Corak ini berwarna hijau di bagian tulang daunnya dengan warna dasar daun merah. Selain beda dari yang lain, jenis ini juga akan memanjakan mata saat melihatnya.

2. Keladi red jaguar.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@nyaikeladi

Jenis keladi red jaguar juga nggak kalah menawan. Meski sekilas hampir mirip dengan green spider, namun keladi red jaguar memiliki daun yang dominan berwarna merah dengan pinggir daun ada sedikit warna hijau dan putih sebagai garis tepi. Tulang daun red jaguar juga memiliki warna merah namun sedikit lebih gelap dari warna daunnya.

3. Keladi carolyn.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@twistedplantroots

Berbeda lagi dengan keladi carolyn. Kali ini perpaduan warna hijau dan merahnya hampir seimbang. Menariknya, pada tanaman hias ini memiliki daun berbentuk hati. Dengan warna dasar hijau dan bercak-bercak merah muda pada daunnya smeakin mempercantik keladi carolyn. Apalagi tulang daunnya memiliki warna merah yang memberikan kesan semakin manis.

4. Keladi fiesta.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@romain.orchids

Detail unik tampak pada keladi fiesta. Keladi ini memiliki ciri warna daun dengan perpaduan merah, putih, dan hijau. Tulang daun jenis ini berwarna merah sedangkan daun muda berwarna hijau yang lama kelamaan akan memutih dengan warna hijau yang membingkai daun. Menarik banget, bukan?

5. Keladi gingerland.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@plantsbybing

Kamu nggak boleh melewatkan jenis keladi gingerland. Kali ini kamu akan dimanjakan dengan tampilan warna daun yang dominan putih, dengan daun berbentuk hati berukuran kecil hingga sedang. Warna daunnya adalah putih lembut dengan pinggiran hijau tua dan totol-totol merah atau merah muda. Cocok banget buat hiasan teras, nih.

6. Keladi ace of heart.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@nilagarden

Tampilan gemas juga diberikan jenis keladi ace of heart. Pada tanaman hias ini memiliki corak daun yang hampir mirip dengan jenis pink love. Bedanya, keladi ace of heart memiliki motif hati berwarna putih pada tengah daunnya dan warna merah di bagian tulang daunnya.

7. Keladi pink love.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@alikarnika

Dan ini dia keladi pink love yang hits di kalangan para pencinta tanaman. Dengan motif yang cantik, membuat keladi ini ramai dicari banyak orang. Kamu bisa mengenali keladi pink love dengan mudah, karena terdapat bentuk hati berwarna merah muda di bagian tengah daunnya yang hijau.

Manfaat merawat tanaman hias.

Jenis keladi hijau merah untuk hiasan rumah © Instagram

foto: Instagram/@malinbrostad

Selain meningkatkan keindahan rumah, merawat tanaman hias juga bisa memberikan manfaat baik untuk kesehatan lho. Yuk simak ulasannya dalam Brilio.net dari treehugger.com berikut ini.

1. Melancarkan pernapasan.

Seperti yang kamu tahu, tanaman adalah sahabat terbaik untuk meningkatkan kesehatan manusia. Tanaman hias akan menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida. Hal ini akan semakin menyelimuti lingkunganmu dengan oksigen yang berlimpah. Dampaknya, pernapasan kamu akan lebih lancar dan mudah. Cocok banget untuk kamu yang kerap merasa cepat lelah dan mudah stres, nih. Bikin tubuh makin rileks.

2. Mencegah serangan penyakit.

Yaps, dari kebaikan yang diberikan tanaman hias, juga bisa sekaligus mencegah datangnya penyakit. Bahkan manfaatnya nggak hanya untuk organ pernapasan, lho. Studi di Universitas Pertanian Norwegia menemukan bahwa meletakkan tanaman di dalam ruangan mampu mengurangi kulit kering, pilek, sakit tenggorokan, dan batuk kering.

3. Membersihkan udara.

Nah ini dia salah satu manfaat tanaman hias yang menarik. Bahkan hal ini diperkuat dengan pernyataan NASA yang mengungkapkan bahwa beberapa jenis tanaman hias dapat menghilangkan jejak beracun di udara dalam ruangan yang tertutup rapat. Tingkat bahan kimia seperti karbon monoksida dan formaldehida dapat dihilangkan dari lingkungan dalam ruangan hanya dengan tanaman.

4. Mempercepat penyembuhan.

Mungkin kamu pernah melihat ketika seseorang membawa bunga atau tanaman ketika menjenguk orang yang sakit. Rupanya hal ini memberikan manfaat yang baik untuk proses penyembuhan, lho. Studi yang dilakukan di Kansas State University, menemukan bahwa melihat tanaman selama pemulihan dari operasi mampu menyebabkan peningkatan respons fisiologis yang signifikan.

5. Meningkatkan produktivitas.

Nggak hanya produktivitas kerja, konsentrasi, perasaan baik dan daya ingat bisa semakin meningkat ketika berada di sekitar tanaman. Ditambah lagi dua studi yang dilakukan di Norwegia menemukan bahwa produktivitas pekerja menunjukkan hasil yang sangat meningkat dengan kehadiran tanaman di kantor.

RECOMMENDED BY EDITOR