Brilio.net - Pernah dengar slime? Beberapa saat lalu mainan slime begitu populer dan banyak diburu orang-orang. Slime berasal dalam bahasa Inggris yang berarti lendir. Tetapi tak seperti yang kamu bayangkan, slime merupakan mainan yang memiliki tekstur lentur, kenyal, dan kental hampir mirip dengan agar-agar ataupun jelly. Warnanya sendiri juga beragam dan cerah.

Slime ini begitu mudah dibentuk-bentuk sesuka hati. Tak heran jika anak-anak begitu menggandrunginya. Apalagi slime memiliki warna yang lucu dan bau yang menyenangkan. Biasanya mereka akan memainkannya bersama anak-anak seusianya. Bahkan mainan ini juga simpel dapat dibawa ketika bepergian sekaligus.

Beberapa penelitian bahkan mengatakan bermain dengan slime dapat meredakan tingkat stres seseorang. Sebab, slime memiliki sifat lembut sehingga ketika dipegang rasa stres dapat tersalurkan. Seperti ketika kamu gemas, kamu dapat meremas-remas slime untuk meredakan emosi dan juga dapat menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan.

Slime sendiri bisa loh dibuat di rumah. Sebab keseruan lebih terasa ketika membuat slime sendiri karena proses keseruan permainan ini terletak pada proses pembuatannya.

Bingung dengan bahan yang sudah dicari? Tenang, bahan-bahannya sederhana serta cara membuatnya sendiri tidak rumit. Nah, berikut tujuh cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/12).

Loading...

1. Cara membuat slime dengan susu cair.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: pixabay

Susu cair dari segala merk dapat digunakan untuk membuat slime loh. Pertama, kamu harus menyiapkan susu cair atau susu kental manis, tepung maizena, 1/2 sendok makan air, bubuk vanila dan pewarna makanan. Campur susu cair, tepung maizena dan 1/2 sendok air lalu panaskan dan kemudian dinginkan. Masukkan vanila ke dalam adonan sembil diaduk-aduk, dan tambahkan tepung maizena sedikit semi sedikit hingga adonan membentuk tekstur yang diinginkan. Kemudian panaskan dan dinginkan. Setelah dingin tambahkan pewarna makanan. Terakhir masukkan dalam kulkas, setelah beberapa jam slime pun dapat dimainkan.

2. Cara membuat slime dengan shampo dan garam.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: pixabay

Cara membuat slime selanjutnya yakni dengan menggunakan susu cair dari berbagai merk. Sebaiknya pilihlah jenis shampo yang kental, sebab akan menjadikan adonan lebih baik. Bahan lainnya yaitu garam halus dan obat sariawan GOM sebagai slime activator. Caranya yaitu dengan mencampurkan 4 sdm shampo dan 2 sdm garam, aduk rata hingga mengental dan tambahkan slime activator secukupnya. Lalu masukkan bahan yang telah tercampur tadi ke dalam kulkas selama kurang lebih 20 menit sampai tidak lengket.

3. Cara membuat slime dengan bedak bayi.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: Instagram/@pinkhoneyslime

Bahan selanjutnya yakni dengan bedak bayi yang berbentuk serbuk. Caranya pun cukup mudah. Pertama siapkan satu botol bedak bayi, baby oil dan juga pewarna. Kemudian tuangkan satu botol bedak bayi dalam wadah, tambahkan 1/4 baby oil dengan air sedikit-sedikit. Aduk hingga adonan mencapai tekstur yang diinginkan. Terakhir tambahkan pewarna. Slime buatanmu siap dimainkan.

4. Cara membuat slime dengan lem povinal.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: freepik.com

Lem povinal bisa begitu mudah kamu dapatkan. Lem yang biasa digunakan untuk menempel kertas bisa digunakan menjadi salah satu bahan dasar. Siapkan bahan-bahan seperti 5 lem povinal, 1/4 baking powder dan pewarna. Cara pertama masukkan lem povinal dan baking soda dalam wadah berukuran sedang, aduk rata. Kemudian tuang air sedikit semi sedikit ke adonan hingga mencapai tekstur yang diinginkan. Tambah pewarna makanan dan ratakan. Jika tekstur kurang cair tambahkan air. Diamkan adonan slime dalam wadah tertutup selama 30 menit. Slime siap dimainkan.

5. Cara membuat slime dengan pasta gigi.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: freepik.com

Setelah shampo, kini pasta gigi gugat dapat kamu manfaatkan untuk bahan dasar pembuatan slime. Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa menyediakan garam, pasta gigi dan sabun cuci piring merk apapun. Kedua masukkan sabun ke dalam wadah dengan takaran sesuka kamu. Namun dengan perbandingan jika sabun cair 3 sendok makan garam yang diperlukan tiga kali taburan garam saja. Lalu aduk campuran garam dan tambahkan pasta gigi dengan takaran yang sedang, beri sedikit taburan garam lagi. Kemudian aduk terus hingga rata. Terakhir simpan dalam kulkas hingga beberapa saat sampai adonan tidak lengket.

6. Cara membuat slime dengan tepung kanji.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: freepik.com

Umumnya tepung kanji digunakan untuk bahan makanan seperti cilok ataupun cireng. Tapi kali ini tepung kanji dapat diolah menjadi salah satu bahan dari mainan slime. Caranya pun nggak kalah mudah dari cara-cara sebelumnya. Langkah pertama siapkan tepung kanji, minyak goreng, air, dan pewarna. Siapkan wadah tuang tepung kanji, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. Lalu tambahkan minyak goreng, campur kembali hingga rata. Jangan lupa tambahkan pewarna dan dinginkan dalam kulkas agar slime tidak lengket.

7. Cara membuat slime clear.

 7 Cara membuat slime, mudah, aman, & bisa dibikin di rumah Instagram/@slime

foto: Instagram/@instaslim3s

Slime memang begitu beragam warnanya, namun slime dengan warna bening nggak kalah menarik juga lho untuk kamu buat. Pertama siapkan bahan seperti lem bening 1 tube (jangan UHU), garam secukupnya, air hangat satu gelas, GOM satu sendok makan. Langkah pertama masukkan lem ke wadah, tambahkan garam, air hangat kemudian diaduk hingga garam larut. Tambahkan GOM 2-3 tetes, aduk hingga rata dan sedikit mengumpal. Jika belum menggumpal tambahkan GOM.

RECOMMENDED BY EDITOR