Brilio.net - Takabur atau sombong merupakan sifat selalu berkeinginan untuk menunjukkan bahwa dirinya lebih hebat, dan memandang rendah orang lain. Orang yang memiliki sifat takabur, hatinya tidak pernah merasa tenang. Bahkan, ia bisa saja menolak kebenaran karena orang yang menyampaikan kebenaran tersebut terlihat lebih muda atau kedudukannya jauh rendah daripada dia.

Rasulullah SAW pun bersabda, "Sesunguhnya Allah Ta’ala berfirman: 'Kemuliaan adalah pakaian-Ku dan sombong adalah selendang-Ku. Barangsiapa yang mengambilnya dariku, Aku Azab dia'." Dari hadits tersebut dapat dipahami bahwa seseorang yang memiliki sifat takabur akan mendapatkan azab dari Allah SWT.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/4), ayat-ayat dari alquran yang dapat menjauhkan diri dari sifat takabur.

1. Surat Al Luqman ayat 18

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Wa laa tusa'-'ir khaddaka linnaasi wa laa tamshi fil ardi maarahan innal laaha laa yuhibbu kulla mukhtaalin fakhuur

Artinya, "Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri."

Dalam surat ini dijelaskan bahwa manusia dilarang untuk memiliki sifat sombong karena hal tersebut dibenci oleh Allah. Bahkan, umat Islam tidak boleh memalingkan wajahnya ketika bertemu dengan sesama muslim atas sifat sombongnya.

2. Surat Al-A'raf ayat 146

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Sa asrifu 'an Aayaatiyal laziina yatakabbaruuna fil ardi bighairil haqq; wa iny-yaraw kulla Aayatil laa yu'minuu bihaa wa iny-yaraw sabiilar rushdi laa yattakhizuuhu sabiilanw wa iny-yaraw sabiilal ghaiyi yatta khizuuhu sabiilaa; zaalika bi annahum kazzabu biayatinaa wakaanu anha ghofiliin

Artinya, "Akan Aku palingkan dari tanda-tanda (kekuasaan-Ku) orang-orang yang menyombongkan diri di bumi tanpa alasan yang benar. Kalaupun mereka melihat setiap tanda (kekuasaan-Ku) mereka tetap tidak akan beriman kepadanya. Dan jika mereka melihat jalan yang membawa kepada petunjuk, mereka tidak (akan) menempuhnya, tetapi jika mereka melihat jalan kesesatan, mereka menempuhnya. Yang demikian adalah karena mereka mendustakan ayat-ayat Kami dan mereka selalu lengah terhadapnya."

Dalam surat ini dijelaskan bahwa manusia yang memiliki sifat sombong akan menutupi hatinya. Kesombongan yang dimiliki pun tidak hanya dilakukan pada sesama umat manusia, tetapi juga berlaku sombong pada ciptaan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam. Orang yang sombong tidak mau mengakui setiap kekuasaan Allah yang ditunjukkan kepadanya, mereka justru akan terjerumus pada hal-hal yang sesat.

3. Surat An Nahl Ayat 22

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Illahukum Ilaahunw Waahid; fallaziina laa yu'minuuna bil Aakhirati quluubuhum munkiratunw wa hum mustakbiruun

Artinya, "Tuhan kamu adalah Tuhan yang Maha Esa. Maka orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, hati mereka mengingkari (keesaaan Allah), sedangkan mereka sendiri adalah orang-orang yang sombong.

Mirip seperti surat sebelumnya, dalam surat An-Nahl ayat 22 ini juga menjelaskan bahwa orang-orang yang sombong tidak akan mengakui kekuasaan Allah SWT.

4. Surat Al Baqarah ayat 34

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Wa iz qulnaa lilmalaaa'i katis juduu liAadama fasajaduuu illaaa Ibliisa abaa wastakbara wa kaana minal kaafiriin

Artinya, "dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada Para Malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," Maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia menolak dan menyombongkan diri dan adalah ia Termasuk golongan orang-orang yang kafir"

Dalam surat ini dijelaskan bahwa sifat sombong dimiliki setan yang pada saat itu tidak mau bersujud kepada Adam. Mereka menganggap bahwa dirinyalah yang paling baik daripada manusia. Dengan demikian dapat dipahami bahwa manusia tidak boleh memiliki sifat yang sama seperti setan dan orang-orang kafir, yakni sombong atau takabur

5. Surat An Nahl ayat 29

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Fadkhuluuu abwaaba jahannama khaalidiina fiiha falabi'sa maswal mutakab biriin

Artinya, "Maka masukilah pintu-pintu neraka Jahannam, kamu kekal di dalamnya. Maka Amat buruklah tempat orang-orang yang menyombongkan diri itu."

Dalam surat ini dijelaskan bahwa orang-orang yang memiliki sifat sombong akan disiksa dalam neraka jahanam. Oleh karena itu, hindarilah sifat sombong supaya terbebas dari api neraka jahanam.

6. Az Zumar ayat 60

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Wa Yawmal Qiyaamati taral laziina kazabuu 'alallaahi wujuuhuhum muswaddah; alaisa fii Hahannama maswal lilmutakabbiriin

Artinya, "Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat Dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orangorang yang menyombongkan diri?"

Sama seperti surat sebelumnya, dalam surat Az Zumar ayat 60 ini pun menjelaskan bahwa neraka jahanam merupakan tempat untuk orang-orang yang menyombongkan diri.

7. Surat Al Israa ayat 37

alquran menjauhkan diri dari takabur © 2021 brilio.net

Wa laa tamshi fil ardi marahan innaka lan takhriqal arda wa lan tablughal jibaala tuula

Artinya, "Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung"

Dalam surat ini dijelaskan bahwa manusia masih memiliki banyak kelemahan, sehingga tidak sepantasnya jika manusia berlaku sombong.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/guf)