Komponen terkecil dari sebuah bahasa adalah kosakata. Dalam kehidupan sehari-hari setiap orang yang berkomunikasi pasti akan melafalkan rangkaian kosakata yang menjadi ungkapan yang bisa dimengerti. Bahasa Indonesia sendiri punya kosakata yang cukup kaya.

Namun nggak semua orang punya ingatan atau perbendaharaan kosakata yang banyak. Semakin rajin seseorang membaca, semakin banyak pula daftar kosakata yang bisa dilafalkan dalam percakapan sehari-hari. Orang pintar bicara bisa jadi punya perbendaharaan kosakata yang kaya.

Kalau kamu sendiri seberapa banyak daftar kosakata yang kamu miliki? Apakah daftar kosakata yang kamu ingat sebanyak rangkuman brilio.net berikut ini? Langsung saja, ini dia 150 contoh kosakata bahasa Indonesia, lengkap dengan pengertian dan pembahasannya, Kamis (1/2).

Pengertian kosakata

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kosakata merupakan perbendaharaan kata atau banyaknya kata-kata yang dimiliki suatu bahasa. Penyusunan kosakata dalam pembentukan kalimat dapat dirangkai secara tertulis ataupun lisan. Hal ini juga terkait dengan jenis-jenis kosakata.

Jenis-jenis kosakata

Menurut frekuensi penggunaannya, kosakata dapat dibagi menjadi dua yaitu:

1. Kosakata aktif

kosakata aktif adalah kosakata yang frekuensi penggunaannya sangat sering dipakai dalam berbicara atau menulis.

Contoh kosakata aktif :
- Bunga, Kembang-Berkata
- Matahari - Muka
- Angin - Wajah
- Seperti, sebagai - Tidur

2. Kosakata pasif

Kosakata pasif merupakan kosakata yang frekuensi penggunaannya sangat jarang terpakai, bahkan sudah tidak pernah dipakai sama sekali.

Contoh kosakata pasif :
- Puspa, Kusama - Surya, Mentari
- Bayu, Pawana - Bak, Laksamana
- Kalbu - Sukma
- Nan - Bahari