Brilio.net - Istilah konotasi dan denotasi sering digunakan dalam ilmu bahasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konotasi adalah kata yang mempunyai makna lain di baliknya atau sesuatu makna yang berkaitan dengan sebuah kata. Sedangkan denotasi menurut KBBI, adalah makna kata atau kelompok kata yang didasarkan atas penunjukan yang lugas pada sesuatu di luar bahasa atau yang didasarkan atas konvensi tertentu dan bersifat objektif.

Lebih lanjut, kalimat konotasi merupakan kalimat yang mengandung makna yang bukan sebenarnya (konotatif). Sedangkan kalimat denotasi adalah kalimat yang mengandung makna sebenarnya (denotatif).

Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum, Rabu (21/9), apa itu makna konotasi, idiom (ungkapan), metafora, dan juga contoh kalimat denotasi dan konotasi.

Makna konotasi.

Makna konotasi sendiri ada makna yang tidak sebenarnya dari suatu kata atau didasarkan atas kondisi kebenaran dan merupakan makna tambahan terhadap makna dasarnya yang berupa nilai rasa dan bersifat subjektif sesuai dengan penggunanya.

Idiom (ungkapan).

Idiom atau ungkapan sering juga kita sebut dengan istilah peribahasa, idiom tanpa kita sadari sangat sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, jadi tidak hanya melulu di dalam karya sastra.

Metafora.

contoh kalimat denotasi dan konotasi © 2022 brilio.net

foto: freepik.com

Metafora merupakan sejenis analogi yang membandingkan dua hal secara langsung tetapi dalam bentuk yang singkat. Metafora adalah majas perbandingan yang tidak menggunakan kata-kata pembanding.

(brl/lin)

RECOMMENDED BY EDITOR