Brilio.net - Kalimat ajakan sering digunakan dalam berkomunikasi. Walau banyak yang tak menyadari bahwa yang diucapkan kalimat ajakan. Kalimat ajakan juga serupa dengan kalimat perintah karena mengandung unsur memberikan perintah kepada seseorang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat ajakan adalah jenis kalimat yang memberikan anjuran untuk melakukan suatu hal. Kalimat ini ditandai dengan kata-kata khas ajakan. Kalimat ajakan juga dapat berupa sebuah ajang promosi atau imbauan. Kalimat ajakan juga bersifat persuasif, hal itu yang membuat kalimat ajakan sering digunakan di dalam sebuah kegiatan promosi.

Tujuannya untuk mengajak seseorang atau sekelompok orang supaya membeli sebuah produk. Tidak hanya itu, kalimat ajakan dalam konteks ini juga digunakan agar seseorang mau memakai jasa-jasa tertentu.

Berikut 63 contoh kalimat ajakan beserta ciri dan penjelasanya yang brilio.net rangkum pada Kamis (29/9).

Ciri-ciri kalimat ajakan.

Kalimat ajakan memiliki ciri-ciri khusus yang mudah dikenali. Seperti misalnya, mari, marilah, ayo, ayolah, yuk, dan lainnya.
Kata ganti bisa berubah apabila mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu secara berkelompok menjadi kami atau kita.
Kalimat ajakan yang bersifat mengajak atau membujuk.

Kalimat diakhiri dengan tanda baca seru (!) dan menggunakan intonasi tertentu, tergantung kondisi saat kalimat diucapkan. Kalimat ajakan ini bersifat persuasif kalimat yang mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat bisa digunakan pada promosi, iklan, slogan, atau imbauan.